Tiket bus murah

Ingin Pesan Tiket Bus Murah, Pilih Bus Patas atau Ekonomi?

Perjalanan darat menggunakan layanan transportasi bus jadi pertimbangan tepat kalau Anda ingin liburan dengan bujet terbatas. Dengan bermodalkan tiket bus murah, Anda bisa liburan ke berbagai kota di Indonesia. Terlebih lagi, bus merupakan transportasi umum yang memiliki jangkauan luas—tidak hanya kota besar tetapi juga kota kecil di Indonesia. 

Berkaitan dengan pemilihan layanan bus, Anda punya pertimbangan untuk membeli tiket bus dalam berbagai opsi kelas. Khusus bagi penumpang yang ingin berburu tiket bus murah, ada dua pilihan kelas armada yang bisa jadi pertimbangan utama, yaitu bus patas (cepat terbatas)dan ekonomi. 

  • Perbedaan Tiket Bus Murah Patas dan Ekonomi

Banyak penumpang yang kurang mengetahui perbedaan antara dua layanan tiket bus murah, patas dan ekonomi. Bahkan, tak sedikit orang menganggap bus patas adalah layanan bus kelas bisnis. Biar tidak salah pilih, yuk ketahui perbedaan yang mencolok kedua layanan transportasi murah tersebut. 

  • Bus Ekonomi

Anda bisa dengan mudah mengenali bus yang termasuk dalam kelas ekonomi. Bus ini memiliki tarif yang paling murah dibandingkan dengan kelas armada lain. Karena harga tiketnya sangat terjangkau, tidak heran kalau fasilitas pendukung yang ada di dalam bus sangat terbatas. 

Di jalanan, Anda akan dapat dengan mudah menjumpai keberadaan armada bus kelas ekonomi. Karena harganya yang sangat murah, bus ekonomi memang jadi pilihan utama masyarakat ketika melakukan perjalanan jarak pendek. Untuk perjalanan jarak jauh, penumpang biasanya memilih bus dengan tingkat kenyamanan lebih baik. 

Fasilitas yang biasanya tersedia dalam bus ekonomi hanya berupa hiburan musik. Terkadang, ada pula armada bus yang menyediakan fasilitas penunjang berupa TV. Sebagai alternatif, ada pula tiket bus murah ekonomi AC yang mempunyai sarana pendukung ekstra berupa AC. 

Tempat duduk di dalam bus ekonomi biasanya menggunakan konfigurasi 2-3. Oleh karena itu, ruangan kabin akan terlihat penuh dan sesak. Biasanya, kru bus akan tetap memasukkan penumpang meski tempat duduk telah penuh. Sebagai gantinya, mereka akan berdiri di barisan tengah. 

Saat melakukan perjalanan dengan tiket bus murah ekonomi, Anda harus berdesakan dengan penumpang lain. Jarak antara masing-masing kursi juga sangat sempit. Hasilnya, para penumpang tidak bisa bergerak secara bebas di dalam kendaraan. Ditambah lagi, kursinya sangat minimalis, tidak bisa diatur tinggi rendah dan tak mempunyai sandaran tangan. 

  • Bus Patas

Kalau bus ekonomi adalah pilihan armada paling murah, maka patas adalah layanan transportasi yang berada satu tingkat di atasnya. Bus patas mempunyai kenyamanan yang relatif lebih baik dibandingkan tiket bus murah ekonomi. Biasanya, bus patas sudah dilengkapi dengan fasilitas AC. Hanya saja, tak menutup kemungkinan ada pula bus patas yang belum memiliki AC.

Tempat duduk bus patas menawarkan rasa nyaman yang lebih baik. Anda tidak hanya bisa memperoleh kursi yang empuk. Namun, konfigurasi kursi 2-2 yang ada pada bus patas, membuat para penumpang bisa bergerak secara lebih leluasa. Hanya saja, seperti halnya bus ekonomi, Anda tidak akan menjumpai keberadaan toilet di dalam bus. 

Selain itu, ciri khas bus patas selanjutnya bisa Anda temukan pada suasana di dalamnya. Penumpang bus patas dibatasi sesuai dengan jumlah kursi. Oleh karena itu, kru bus tidak akan memasukkan penumpang ketika semua kursi sudah penuh. Jadi, tidak akan ada penumpang yang berdiri di barisan tengah. 

Hanya saja, harga tiket bus kelas patas relatif lebih mahal dibandingkan bus ekonomi. Bahkan, tak jarang Anda bisa menjumpai kalau harganya dua kali lipat lebih mahal daripada bus ekonomi. Penetapan harga yang lebih mahal tersebut sesuai dengan tingkat keamanan serta kenyamanan yang didapatkan penumpang selama perjalanan. 

Nah, itulah perbedaan terkait layanan bus ekonomi dan patas yang perlu Anda ketahui. Sampai di sini, Anda tidak lagi menganggap bus patas setara dengan bus bisnis, kan? Apa pun pilihan bus yang Anda tumpangi, pastikan untuk memesannya via redBus. Banyak diskon dan tersedia opsi rute dari berbagai operator bus, lho!

Leave a Reply

Your email address will not be published.