Bus Indonesia Perjalanan Bus

Hindari Antrean di Terminal, Begini Cara Membeli Tiket Bus Solo Bandung Online

Ketika dunia dinyatakan darurat Covid-19, banyak masyarakat lebih memilih berada di rumah dan menghindari kerumunan sebagai bentuk perlindungan diri agar tidak tertular penyakit tersebut. Fenomena ini kemudian membuat transaksi online semakin diminati. Tak terkecuali membeli tiket bus online. 

Bus solo Bandung

Bila dulu tiket bus hanya dapat dibeli di terminal atau pool bus, kini transaksi penjualan tiket jadi lebih praktis berkat kehadiran redBus sebagai platform pemesanan tiket bus secara online. Salah satu rute yang ditawarkan adalah bus Solo Bandung. Begini panduan pemesanannya. 

Cara Memesan Tiket via Redbus

  • Masukkan kota Solo ke kolom “Dari” dan Bandung di kolom “Ke”
  • Pilih tanggal pergi dan tanggal pulang untuk perjalanan pulang-pergi
  • Klik tombol Cari Bus
  • Selanjutnya halaman akan menampilkan bus yang tersedia untuk rute Solo-Bandung. Gunakan tombol filter seperti jam berangkat, jenis bus, waktu sampai, dan nama travel untuk menghemat waktu pencarian.
  • Klik Lihat Tempat Duduk
  • Pilih kursi yang Anda inginkan, lalu klik Lanjutkan untuk Melakukan Pemesanan
  • Lengkapi kolom Detail Penumpang, setelah itu tekan Lanjutkan
  • Lakukan pembayaran untuk mendapatkan e-ticket

Pilihan Operator Bus Rute Solo-Bandung

Dilansir dari laman redBus, tersedia 3 operator bus yang melayani rute Solo-Bandung. Berikut informasi lengkapnya. 

  • Pahala Kencana

Pahala Kencana menyediakan kurang lebih 24 armada untuk perjalanan Solo ke Bandung. Jadwal keberangkatan paling awal dibuka mulai 13.00 WIB sampai 16.32 WIB dengan tiket dibanderol seharga Rp220.000-Rp320.000 per orang.

Perjalanan Solo ke Bandung akan ditempuh selama 7 jam-16 jam 45 menit. Penumpang yang menggunakan bus ini bisa datang ke lokasi keberangkatan di Terminal Tirtonadi atau Pabelan. 

  • Harapan Jaya

Pilihan selanjutnya adalah Harapan Jaya dengan jumlah armada sebanyak 10 bus. Seluruh tiket Harapan Jaya dibanderol sama yaitu Rp235.000 per penumpang. Adapun jadwal pertama dimulai pukul 18.00 WIB dan berakhir pukul 18.05 WIB.

Berangkat dari kawasan Manahan dan Terminal Tirtonadi, bus Harapan Jaya membutuhkan waktu kurang lebih 8 jam. 

  • PO Harum Prima

Selain kedua operator tadi, Anda bisa memilih PO Harum Prima. Inilah operator bus paling murah untuk jurusan Solo-Bandung. Tiketnya dibanderol seharga Rp184.000 dengan durasi perjalanan selama 13 jam 30 menit. Penumpang bisa menaiki bus ini dari Terminal Tirtonadi dan akan tiba di Jl. Soekarno Hatta, Bandung. 

Jaminan Keamanan Bagi Penumpang redBus

Melalui program Safety+, seluruh operator bus harus menerapkan sejumlah protokol kesehatan guna menekan penyebaran virus Covid-19. Setiap penumpang dan staff bus akan menjalani pemeriksaan suhu tubuh sebelum berangkat. Bagian dalam bus juga harus dibersihkan dengan disinfektan sebelum dan sesudah perjalanan. 

Untuk menjaga penumpang tetap steril, pihak bus juga menyediakan hand sanitizer dan tidak menyediakan selimut. Tempat duduk antar penumpang juga diberi jarak agar satu sama lain tidak saling berdesakan. Yang paling penting adalah baik penumpang dan staff wajib mengenakan masker selama perjalanan.

Hal Menarik yang Bisa Dilakukan Selama di Bandung

Sebagai salah satu pusat wisata di kawasan Jawa Barat, Bandung punya sejumlah objek wisata menarik dan juga kuliner enak yang bisa membuat perut kenyang. Mau wisata sejarah pun bisa. Tinggal pilih deh jenis liburan mana yang paling Anda suka. Kalau butuh referensi tempat, Anda bisa membaca ulasan berikut. 

  • Berburu Kuliner Legendaris, Batagor Riri

Jalan-jalan ke Bandung rasanya kurang afdal kalau belum menyantap penganan khasnya, seperti batagor. Kalau mencari batagor dengan cita rasa lezat, Anda bisa berkunjung ke Batagor Riri yang ada di Jl, Burangrang No.41, Kota Bandung. Selain makan di tempat, Batagor Riri juga bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh. 

  • Wisata Keluarga di Lembang

Kawasan Lembang memang terkenal dengan sejumlah objek wisata keluarga seperti Floating Market, De’ Ranch, Dusun Bambu, Farm House, Taman Begonia, Grafika Cikole Lembang, dan The Lodge Maribaya. Pastikan Anda mengunjungi salah satu tempat tersebut untuk mendapatkan pengalaman liburan tak terlupakan. 

  • Berkunjung ke Museum Konferensi Asia Afrika

Untuk destinasi wisata di pusat kota, terdapat Museum Konferensi Asia Afrika yang menjadi satu kesatuan dengan Gedung Merdeka. Museum ini dibangun dalam rangka mengenang konferensi Asia Afrika pada tahun 1955 silam. Di dalamnya pengunjung bisa melihat sejumlah koleksi menarik seperti mesin ketik, galeri, dan ruang dokumenter. 

Demikian rangkuman informasi mengenai tiket bus Solo Bandung yang bisa dibeli melalui laman redBus.  Semoga bermanfaat.

Leave a Reply