Bus Indonesia Perjalanan Bus

Mau Liburan Hemat dari Jakarta ke Malang? Transportasi Jadi Kunci Utamanya

Seiring pesatnya pembangunan infrastruktur jalan berupa tol, kini perjalanan dari Jakarta menuju Malang dapat ditempuh minimal 10 jam 7 menit melalui jalur darat. Sebagai salah satu destinasi wisata unggulan Jawa Timur, nama Malang sudah begitu tersohor di kalangan wisatawan. 

Sejumlah objek wisata berupa pantai, taman rekreasi, gunung, alun-alun, air terjun, dan kampung unik kerap menjadi buruan pengunjung ketika musim liburan tiba. Pada momen tersebut, jangan heran kalau akses menuju kota Malang cukup padat. 

Bus Jakarta Malang

Selain tempat wisata, Malang juga kaya akan kuliner enak, lho. Sebut saja ketan, sate kelinci, orem-orem, dan cwie mie. Satu lagi yang membuat kota ini unik adalah keberadaan bahasa walikan yang kerap digunakan dalam percakapan sehari-hari arek Malang. 

Bagi wisatawan yang berencana melakukan perjalanan dari Jakarta menuju Malang dalam waktu dekat, bujet menjadi hal utama yang perlu diperhatikan. Kalau mau liburan hemat, pastikan Anda memilih moda transportasi yang tepat, menggunakan bus Jakarta Malang misalnya. 

Keunggulan Menggunakan Bus

Dalam urusan transportasi, pesawat kerap menjadi andalan bagi wisatawan yang hendak pergi ke luar kota karena bisa memangkas waktu perjalanan. Konsekuensinya, penumpang harus membayar lebih mahal daripada menggunakan jenis transportasi lain seperti bus atau kereta api. 

Bagaimana dengan kereta api atau bus? Kedua transportasi ini memang punya tarif yang tak jauh berbeda. Keunggulan menggunakan bus Jakarta Malang adalah jarak tempuhnya relatif lebih cepat dari kereta api. 

Selain itu, menggunakan bus memungkinkan Anda berhenti di mana pun selagi berada di rute yang dilewati. Dengan begitu, penumpang bisa meminimalisasi peluang berpindah ke transportasi lain untuk mencapai tujuan.

Di mana Penumpang Bisa Membeli Tiket Bus Jakarta Malang?

Di tengah pandemi Covid-19, calon penumpang tidak disarankan membeli tiket langsung di terminal. Sebagai gantinya, Anda bisa membeli tiket bus online melalui redBus. Caranya mudah kok. Silakan akses redBus melalui website atau download aplikasinya di Google Play atau App Store. 

Pada bagian muka, calon penumpang bisa masukkan kota tujuan ke kolom “Ke” dan lokasi keberangkatan di kolom “Dari”. Pilih Tanggal Pergi untuk sekali jalan atau isi sekalian Tanggal  Pulangnya, lalu tekan Cari Bus. 

Di halaman selanjutnya penumpang akan mendapat pilihan bus yang tersedia, seperti Putera Mulya, Haryanto, dan Lorena beserta detail informasi terkait harga, durasi, serta jam keberangkatan dan kedatangan. Anda dapat menggunakan fitur filter bila ingin menghemat waktu pencarian. 

Setelah menentukan bus yang cocok, tekan Lihat Tempat Duduk untuk memilih lokasi kursi. Sebelum pembayaran, penumpang perlu melengkapi data diri dan pihak redBus akan mengirimkan e-ticket setelah pembayaran dikonfirmasi. 

Jadwal dan Harga Tiket Bus Jakarta Malang

Jadi, kira-kira berapa sih harga tiket bus Jakarta Malang untuk sekali jalan? Sebenarnya masing-masing operator bus yang telah disebutkan di atas punya tarif berbeda. Tiket paling murah dibanderol sebesar Rp300.000 yang ditawarkan Putera Mulya. Sementara itu, harga paling mahal adalah bus Lorena dengan tarif Rp440.000 per orangnya. 

Sama halnya dengan tiket, jadwal keberangkatan dan durasi pun bervariasi. Jika ingin berangkat lebih awal, Anda bisa datang sebelum pukul 12.00 WIB atau berangkat di jam-jam terakhir sebelum 17.45 WIB. Nantinya, durasi perjalanan Jakarta-Malang akan ditempuh selama 10 jam sampai 18 jam 30 menit. 

Mengenai lokasi keberangkatan, selain Terminal Pulo Gebang ada juga bus yang berangkat dari Lebak Bulus, Kebayoran Lama, Pondok Pinang, dan Pasar Rebo.  Selama perjalanan penumpang bisa menikmati beberapa fasilitas yang disediakan oleh operator bus, seperti camilan, USB Port dan Charging Point untuk mengisi daya HP, TV, toilet, ruang merokok, dan botol air minum.

Safety+

Guna meminimalisasi penyebaran virus Covid-19 selama perjalanan, sesuai program Safety+ dari redBus, operator bus harus menerapkan sejumlah protokol seperti:

  • Pemeriksaan suhu tubuh untuk staff bus dan penumpang
  • Wajib memakai masker sepanjang perjalanan
  • Tidak menyediakan selimut 
  • Bus dibersihkan menggunakan disinfektan sebelum dan setelah melakukan perjalanan. 
  • Menyediakan hand sanitizer
  • Menerapkan aturan jaga jarak antar kursi penumpang

Itulah penjelasan singkat mengenai bus Jakarta Malang sebagai alternatif untuk menghemat bujet perjalanan. Bila ingin membeli tiket bus rute lainnya seperti Surabaya-Jakarta, Bali-Surabaya, atau Jakarta-Bandung, Anda juga bisa menggunakan redBus dan dapatkan sejumlah promo menarik yang tersedia. Semoga informasi di atas bermanfaat.  

Leave a Reply