Bus Indonesia Perjalanan Bus

Solo: Menggali Pesona Kota yang Pernah Dipimpin oleh Presiden Joko Widodo Ini

Mendengar lirik lagu keroncong tahun 1940-an Bengawan Solo, siapa yang tidak kenal akan keindahan Sungai Bengawan Solo yang membelah kota Surakarta atau Solo tersebut? “Bengawan Solo, riwayatmu ini, sedari dulu jadi perhatian insani…” adalah kata-kata dari lagi yang turut mempopulerkan kota Solo, yang dikenal atas suasananya yang sepi dan asri. Tapi karena itulah, kota yang pernah dipimpin oleh Joko Widodo ini jadi layak dikunjungi! Yuk, temukan pesona kota Solo bersama redBus!

redBus
Kota Asal Presiden Joko Widodo

Solo terletak di sebelah tenggara Jawa Tengah. Bersama Jogja atau Yogyakarta, kota ini dikenal sebagai pusat kebudayaan Jawa karena adanya Keraton Surakarta. Wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta biasanya juga akan mengunjungi Solo dalam travel Jogja Solo, atau sebaliknya dalam travel Solo Jogja. Demikian pula jika berkunjung ke Semarang yang merupakan kota bersejarah sekaligus ibu kota Jawa Tengah. Tak jarang, wisatawan juga melakukan travel Semarang Solo via bus Semarang Solo atau travel Solo Semarang via bus Solo Semarang. Perlu diingat, ketiga kota ini—Jogja, Solo, dan Semarang yang kerap disingkat ‘Joglosemar’—hanya berjarak sekitar 2 hingga 3 jam perjalanan. Dibukanya tol Trans Jawa menyebabkan perjalanan menuju Solo makin singkat, khususnya menggunakan bus. Tiket bus juga dapat dipesan di mana saja. Apalagi, telah hadir redBus yang menawarkan tiket bus online secara mudah dan murah. Hmmm, jadi cepat-cepat ingin ke Solo ‘kan? 

 

Nah, biar kamu tidak terlalu penasaran, berikut ini 5 (lima) hal menarik dan memesona dari kota Solo.

 

 

  • Kota Asal Presiden Joko Widodo

 

Presiden ke-7 Indonesia, Joko Widodo atau Jokowi, adalah putra asli Solo. Sebelum menjadi presiden, Jokowi memang menjabat sebagai wali kota Solo atau Surakarta pada 2005—2012. Selama masa kepemimpinannya, Jokowi melakukan banyak hal yang menaikkan citra Solo sebagai kota wisata dan budaya. Jokowi menjadikan Solo sebagai tuan rumah beberapa festival internasional seperti Festival Musik Dunia, Festival Kota-kota Warisan Dunia, dan Festival Seni Pertunjukan Dunia. Jokowi juga meluncurkan angkutan umum terpadu bernama Batik Solo Trans dan menggagas hari bebas kendaraan bermotor (car free day) di jalan-jalan utama kota Solo. Bahkan, Jokowi menjadikan mobil buatan siswa sekolah menengah kejuruan (SMK)—yang diberi nama Esemka—sebagai kendaraan dinasnya semasa menjabat wali kota Solo. Pencapaian itu menyebabkan karier Jokowi naik hingga sempat menjadi Gubernur DKI Jakarta, sebelum akhirnya menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia. 

 

 

  • Kota Berfasilitas Lengkap dan Berbiaya Hidup Murah

 

Meskipun bukan kota metropolitan, Solo mempunyai fasilitas transportasi umum yang lengkap. Dari transportasi tradisional seperti becak dan delman hingga kereta api,  taksi, ojek, dan bus, semua dapat kamu temukan di Solo. Di samping itu, biaya hidup di Solo juga murah. Harga makanan, ongkos transportasi, bahkan biaya penginapan atau hotel terhitung murah. Hal itulah yang menyebabkan Solo juga menjadi tempat pilihan bagi pelajar dari seluruh Indonesia untuk melanjutkan studi. Universitas Sebelas Maret (UNS) dan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) adalah beberapa contoh perguruan tinggi favorit di kota Solo.

 

 

  • Kota Batik

 

Solo dijuluki Kota Batik. Sejak dulu, Solo telah menjadi salah satu pusat batik di Jawa. Batik Solo mempunyai ciri khas berwarna kecoklatan dengan beragam motif yang dipakai banyak kalangan dari keluarga keraton hingga umum. Jika penasaran dan mau tahu banyak tentang batik, kamu dapat mengunjungi Museum Batik Danar Hadi. Jika ingin berburu oleh-oleh batik, kamu dapat membeli batik di Pasar Klewer atau mendatangi sentra pembuatan batik di Kampung Batik Laweyan. 

 

 

  • Surganya Pencinta Makanan

 

Hobi wisata kuliner dengan harga murah? Solo tempatnya. Ada nasi liwet atau nasi putih dengan siraman sayur labu siam dan suwiran ayam yang dibungkus daun pisang di Nasi Liwet Bu Wongso. Ada pula serabi Solo bertekstur lembut dan manis yang populer sejak 1920-an di Serabi Notosuman. Lalu, jangan lupa mencoba selat Solo atau semacam sup dengan potongan daging serta mayones di Warung Selat Mbak Lies. Nikmati pula timlo Solo di Warung Timlo Sastro, satai kambing khas Solo atau sate buntel di Warung Sate Buntel Mbok Galak, dan tengkleng atau sejenis gulai kambing di Tengkleng Bu Edi. Selain itu, kamu juga dapat mengunjungi warung lesehan yang banyak tersebar di pinggir jalan kota Solo yang disebut Wedangan

 

 

  • Penuh Destinasi Wisata Budaya

 

Dengan slogan Spirit of Java, Solo merupakan kota seni dan budaya Jawa. Ada dua istana besar di kota ini, yaitu Keraton Surakarta Hadiningrat dan Pura Mangkunegaran, yang banyak didatangi wisatawan. Selain itu, Solo juga memiliki beragam acara festival yang tidak boleh dilewatkan pencinta wisata budaya. Beberapa festival yang diselenggarakan Keraton Surakarta dan Pura Mangkunegaran ini misalnya Kirab Pusaka Malam Satu Sura, Sekaten, Grebeg Sudira, dan Syawalan. Ada pula Solo Batik Carnival dan Solo Batik Fashion sebagai festival tahunan yang diselenggarakan Pemerintah Kota Solo.

Jadi kalau kamu sedang berwisata ke Jogja—yang juga kota budaya, memang sebaiknya kamu melakukan travel Jogja Solo atau travel Solo Jogja biar wisata budaya kamu makin lengkap! 

 

Berkunjung ke Solo? Ini Caranya!

Sebagai destinasi wisata, Solo mudah diakses menggunakan transportasi umum seperti bus. Adanya jalan tol Trans Jawa makin mempermudah perjalanan dari kota-kota di sekitar Solo seperti Jogja dan Semarang lewat bus Solo Semarang atau bus Semarang Solo, atau kota yang jauh seperti Jakarta. Selain itu, harga tiket bus ke Solo juga bervariasi. Bahkan, banyak tiket bus online menuju Solo yang bisa kamu dapatkan dengan promo hemat seperti yang ditawarkan redBus.

 

Banyak operator bus membuka trayek menuju Solo dengan sistem tiket bus online sehingga menjamin kepastian jadwal keberangkatan. Untuk trayek jarak jauh seperti Jakarta—Solo, kamu dapat menggunakan bus Sinar Jaya atau Agra Mas dengan tiket seharga 180—300 ribu rupiah yang berdurasi 8 hingga 12 jam perjalanan. Untuk rute jarak dekat seperti Jogja—Solo, kamu dapat memilih shuttle bus Joglosemar dengan harga tiket 35 ribu rupiah yang berdurasi 2 jam perjalanan. Jika kebetulan ingin melakukan travel Semarang Solo atau travel Solo Semarang yang berdurasi 1,5 hingga 3 jam perjalanan, kamu dapat memilih bus Aragon atau Cititrans dengan harga tiket Rp75.000—Rp85.000 saja. 

 

Kini, kamu tidak perlu khawatir mengantre atau kehabisan tiket bus berkat redBus. Melalui situs web atau aplikasi redBus, kamu dapat memilih tempat duduk maupun jadwal keberangkatan bus sesuai keinginan. Dapatkan banyak promo menarik pembelian tiket bus online di redBus sehingga kunjunganmu ke Solo dijamin aman dan makin nyaman!

Leave a Reply