Bus Indonesia Bus Journeys

Pilih Travel atau Bus Bandung Jakarta? Ini Plus dan Minusnya

Jalur transportasi antara Jakarta dan Bandung merupakan rute yang sangat sibuk, apalagi keduanya sama-sama berstatus kota besar di Indonesia. Oleh karena itu, tidak heran kalau bisnis transportasi yang menghubungkan kedua kota tersebut berkembang pesat. Penumpang dapat menjumpai banyak pilihan transportasi, termasuk di antaranya adalah bus, kereta, pesawat, dan layanan travel Bandung Jakarta.

Dari empat opsi alat transportasi tersebut, mayoritas penumpang mempertimbangkan pemakaian bus dan layanan travel. Terlebih lagi, penumpang kedua layanan transportasi tersebut bisa memilih lokasi keberangkatan dan penurunan secara lebih fleksibel dibandingkan pesawat dan kereta. Namun, kalau harus memilih antara layanan travel dan bus Bandung Jakarta, mana yang lebih Anda pertimbangkan? Jawaban tersebut bisa diperoleh dengan mencermati plus minus dari masing-masing transportasi. 

Perbandingan Bus vs Travel Bandung Jakarta

Untuk mengetahui plus minus dari kedua layanan transportasi Bandung Jakarta ini, cara terbaik yang bisa dilakukan adalah membandingkannya. Terdapat lima parameter yang dapat Anda gunakan, yakni:

  • Tingkat Kenyamanan

Faktor yang pertama adalah tingkat kenyamanan. Saat memilih jadwal Bandung Jakarta dengan layanan travel, Anda dapat menjumpai berbagai opsi kendaraan. Anda bisa memilih jasa travel yang menyediakan kendaraan seperti Toyota HiAce, Avanza, Xenia, dan bahkan Alphard. Dengan ukurannya yang relatif kecil, kendaraan tersebut memberi kenyamanan lebih saat digunakan untuk menempuh perjalanan jarak dekat seperti Jakarta Bandung. 

Travel Bandung Jakarta
plus minusnya memilih Bus Bandung Jakarta

Sementara itu, perjalanan menggunakan transportasi bus memberi kenyamanan lebih baik ketika digunakan untuk menempuh jarak jauh. Terlebih lagi, saat ini banyak operator bus yang memberi perhatian serius pada tingkat kenyamanan para penumpang. Sebagai buktinya, Anda dapat menemukan transportasi bus kelas ekonomi, bisnis, eksekutif, dan yang paling mewah adalah suites. Pilihan kelas bus tersebut memberi opsi penumpang untuk memperoleh layanan setara pesawat saat melakukan perjalanan darat. 

  • Kapasitas penumpang

Pertimbangan selanjutnya adalah dengan mencermati kapasitas masing-masing sarana transportasi. Saat memanfaatkan layanan travel, kendaraan yang digunakan memiliki kapasitas lebih sedikit. Penyedia jasa travel Bandung Jakarta memang memberi opsi kendaraan berukuran agak besar seperti HiAce, Elf, dan mikrobus lain semacamnya. Hanya saja, kapasitasnya tetap lebih kecil kalau dibandingkan dengan bus. 

Minimnya kapasitas ini memang membuat para penumpang dapat duduk dengan lebih nyaman. Hanya saja, situasi tersebut bakal kurang sesuai ketika Anda melakukan perjalanan dengan rombongan. Tidak hanya itu, kapasitas bagasi dari kendaraan bertipe mikrobus juga relatif terbatas. Dalam situasi seperti itu, tak menutup kemungkinan kalau penumpang diharuskan untuk membawa barang bawaannya ke tempat duduk. 

  • Cara pemesanan

 

Anda juga perlu mencermati kemudahan dalam pemesanan tiket. Kabar baiknya, saat ini terdapat sarana pemesanan tiket bus online yang memberi kemudahan memperoleh layanan transportasi ke mana saja, termasuk jadwal Bandung Jakarta. Anda bisa memesan tiket bus ataupun travel cukup dengan menggunakan aplikasi redBus yang tersedia di platform Android dan iOS. Sebagai tambahan, redBus juga menyediakan cara pemesanan online melalui website resminya. 

  • Biaya

 

Dalam memilih alat transportasi apa pun, baik ketika memesan tiket bus online ataupun jasa travel, Anda perlu mempertimbangkan faktor biaya. Harga tiket bus umumnya lebih terjangkau dibandingkan travel. Namun, selisihnya tidak terlalu jauh sehingga banyak penumpang yang kerap menghiraukannya. 

  • Faktor keselamatan

 

Parameter yang terakhir dan tidak kalah pentingnya adalah keselamatan. Untuk parameter yang satu ini, Anda dapat mempertimbangkan untuk memilih penyedia layanan yang memiliki armada keluaran terbaru. Alasannya, produk otomotif teranyar menawarkan fitur keselamatan yang lebih lengkap dibandingkan keluaran lama. 

Di era pandemi seperti sekarang, faktor keselamatan penumpang tidak hanya berkaitan dengan fitur kendaraan. Anda juga perlu mempertimbangkan cara penyedia layanan dalam menjaga kesehatan para penumpang, terutama dari ancaman penyebaran COVID-19. 

Oleh karena itu, Anda perlu memastikan kalau layanan transportasi yang dipakai menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Anda dapat menemukan operator transportasi Bandung Jakarta dengan berbagai jadwal yang menjalankan protokol tersebut di redBus. 

Dalam setiap perjalanan, redBus mewajibkan para penumpang dan staf untuk menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan. Selain itu, redBus juga memastikan kalau kendaraan yang dipakai sudah disemprot desinfektan. Sebagai tambahan, para penumpang diimbau untuk membawa selimut sendiri dari rumah. 

Nah, itulah perbandingan layanan transportasi Bandung Jakarta yang dapat Anda ketahui. Sampai di sini, Anda sudah bisa memilih opsi transportasi yang digunakan. Anda pilih bus atau jasa travel Bandung Jakarta

Leave a Reply