Bagaimana Cara Terbaik Menikmati Weekend di Bandung?

Setelah sekian lama tidak bisa liburan karena situasi pandemi yang terjadi, pastinya kita sudah jenuh berada di rumah. Situasi penuh keterbatasan ini bahkan sampai menghidupkan tren staycation, yaitu liburan singkat di satu tempat.

 

Banyak orang yang staycation di hotel Jakarta, Bogor, ataupun Bandung. Tujuan utamanya adalah menghilangkan penat di tempat yang tidak terlalu jauh. 

 

Memang berlibur tidak harus selalu ke tempat jauh dan memakan waktu lama di perjalanan. Jika kamu kebetulan tinggal di Jakarta dan sudah bosan dengan hiruk pikuk ibu kota, weekend di Bandung yang jaraknya tak terlalu jauh dan memiliki beragam wisata selalu jadi pilihan terbaik. Semua kebutuhan weekend di Bandung, seperti akses transportasi, kuliner, taman kota, dan tempat wisata telah tersedia dengan baik. 

 

Bandung memang sudah cukup lama terkenal sebagai tempat liburan yang seru untuk keluarga. Untuk itu, pemerintah pun selalu melakukan perbaikan, baik terhadap akses darat menuju ke sana maupun peremajaan tempat-tempat wisata. 

 

Tak hanya itu, penginapan di Bandung seperti hotel butik, vila, apartemen yang disewakan per hari, bahkan capsule hotel juga semakin berkembang. Saat ini pemerintah juga sedang membangun kereta cepat untuk perjalanan travel Jakarta Bandung, sehingga akan semakin memudahkan para wisatawan.

 

Menghabiskan weekend di Bandung adalah pilihan mudah bagi warga Jakarta, kamu bisa berangkat pada Jumat malam dan pulang pada Minggu sore. Jadi, akan ada banyak waktu untuk jalan-jalan dan berwisata kuliner.

 

Lalu, hal apa saja yang harus kamu persiapkan untuk menikmati weekend di Bandung? Yuk, simak ulasan berikut ini! 

 

Persiapan Kondisi Fisik

 

Mengingat kondisi yang belum aman dari virus COVID-19, pastikan kamu sudah divaksin dosis pertama dan kedua. Saat ini juga sudah tersedia vaksin booster yang bisa menambah kekebalan tubuh dari paparan virus. Dengan divaksinasi, kita akan lebih tenang saat berpergian ke mana pun. 

 

Tentukan jadwal liburan dan jaga kesehatan secara ketat. Konsumsi makanan sehat, berolahraga, dan berjemur untuk meningkatkan imunitas. 

 

Sebab, berlibur dengan keadaan tubuh yang sehat akan menyenangkan dan aman dari sebaran virus. Kamu tidak mau, kan, rencana weekend di Bandung jadi gagal karena sakit? 

 

Tentukan Moda Transportasi 

 

Travel Jakarta Bandung atau travel Bekasi Bandung akan menghabiskan waktu selama 3-4 jam perjalanan. Ada banyak akses transportasi yang tersedia, mulai dari bus, travel, kereta api, hingga kendaraan pribadi. Semua tergantung pilihan yang paling nyaman untukmu. 

 

Bus yang tersedia untuk perjalanan weekend di Bandung adalah Primajasa, Sari Harum, atau MGI, dengan harga tiket bus sekitar Rp90.000–100.000. Sementara untuk pilihan travel Bekasi Bandung, tersedia Cititrans, Bhinneka Shuttle, dan Aya Travel yang harga tiketnya mulai dari Rp100.000 hingga Rp200.000. Pemerintah juga menyediakan moda transportasi kereta api dengan harga tiket mulai dari Rp75.000. 

 

Terakhir, jika kamu memilih menggunakan mobil pribadi, siapkan biaya bensin dan tol sebesar Rp200.000–Rp300.000. Sepanjang ruas jalan tol travel Bekasi Bandung ada beberapa rest area yang menyediakan pom bensin, toilet, musala, dan tempat makan. Jadi, beristirahatlah jika kamu merasa lelah selama perjalanan. 

 

Mencari Penginapan secara Online 

 

Tempat bermalam pun tak kalah pentingnya selama menikmati weekend di Bandung. Kenyamanan tempat istirahat tentu akan menambah pengalaman seru saat liburan. 

 

Apalagi saat ini banyak hotel dan vila yang didesain menarik dan tentunya instagramable. Ada banyak situs travel online yang memudahkan kita saat mencari penginapan dengan foto, review, dan deskripsi yang sangat detail. 

 

Dengan demikian, pilihan tempat menginap kamu jadi lebih bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Jika menginap bersama keluarga besar, tentu akan lebih baik menyewa vila agar cukup menampung seluruh anggota keluarga. Biasanya, hotel atau vila juga menyediakan kolam renang, sehingga bisa menambah keseruan saat weekend di Bandung.

 

Untuk lokasi, jika kamu memilih menginap di tengah Kota Bandung, kelebihannya adalah banyaknya tempat makan yang bisa dikunjungi. Lain halnya jika kamu menginap di wilayah Lembang yang dekat dengan destinasi wisata alam. Sesuaikanlah dengan rencanamu untuk travel Bandung Jakarta ini.

 

Destinasi Wisata di Bandung

 

Setelah menentukan transportasi dan penginapan, saatnya membuat daftar destinasi mana saja yang menarik untuk dikunjungi. Seperti yang sudah disebut di awal, Bandung ini memang punya paket lengkap untuk berlibur. Ada wisata alam, tempat hiburan keluarga, taman kota, dan juga tempat makan yang menjual makanan berat, camilan, hingga kopi. 

 

Pertama, ada Farm House Lembang yang cocok untuk didatangi bersama keluarga. Didirikan dengan arsitektur khas Eropa, tempat wisata ini memiliki banyak hewan lucu yang bisa diajak berfoto.

 

Selanjutnya masih di wilayah Lembang, kunjungi juga Floating Market atau pasar terapung. Keunikannya adalah kegiatan berbelanja atau membeli makanan dilakukan di atas perahu. 

 

Lalu, tentu tak lengkap rasanya weekend di Bandung tanpa mengunjungi taman kota yang satu ini, yaitu Alun-alun Kota Bandung. Tempat ini merupakan salah tempat ikonis Bandung karena tempatnya yang luas, dekat dengan Masjid Raya Agung, dan ada banyak kuliner yang dijajakan. 

 

Setelah puas berjalan-jalan, saatnya mencicipi kuliner yang ada di kota ini. Udara yang sejuk memang paling pas diisi dengan makanan hangat dan berkuah, misalnya Batagor & Cuanki Laswi! Perpaduan rasa gurih dan pedasnya bisa menghangatkan badan dan menambah tenaga untuk liburanmu. 

 

Jangan lupa juga ngopi di Aspasia Coffee yang berada di tengah hutan pinus. Suasana menyeruput kopi pun akan terasa tambah nikmat! 

 

Itulah tadi cara terbaik untuk menikmati weekend di Bandung. Pastikan rencana liburanmu tersusun rapi sesuai dengan tips-tips di atas dan tetap melakukan protokol kesehatan di mana pun berada. Selamat berakhir pekan!

Leave a Reply

Your email address will not be published.