dekorasi hari raya

Ide Simpel Dekorasi Rumah Hari Raya

Merayakan hari raya Lebaran adalah kesempatan terbaik untuk berkumpul dengan keluarga inti maupun keluarga besar. Tempat kita berkumpul biasanya dilakukan di rumah, entah rumah kakek nenek, orangtua, atau rumah kita sendiri. Oleh karena itu, mempercantik rumah dengan dekorasi hari raya adalah hal yang wajib dilakukan untuk menunjang kenyamanan keluarga kita. 

 

Tak perlu dekorasi raya yang mewah, cukup dengan ide simpel dan mengedepankan kebersihan adalah yang paling utama. Mulailah dengan mencari ide unik untuk dekorasi raya yang cocok dan sesuai dengan tema rumahmu. Ada berbagai tema rumah seperti minimalis, scandinavian, ataupun industrial. Semua dekor hari raya tergantung seleramu. 

 

Sebelum melakukan dekorasi hari raya, pastikan dulu kamu sudah membersihkan rumah secara detail agar debu-debu yang bersarang menjadi hilang. Setelah itu, barulah kamu mengumpulkan beberapa perlengkapan dekorasi Idul Fitri. Kamu bisa membelinya secara online maupun secara langsung di toko perlengkapan rumah. Sesuaikan juga anggaran dengan dekorasi raya yang kamu pilih. 

 

Nah, berikut ini ide dekor sederhana hari raya untuk menambah keindahan rumahmu! 

1. Sarung Bantal Sofa 

 

Hal pertama saat memulai dekorasi hari raya adalah dengan mengganti sarung bantal sofa. Baik sofa ruang tamu ataupun sofa ruang keluarga perlu diganti agar terciptanya suasana baru dalam dekorasi Ramadan. Ada banyak pilihan warna dan motif untuk sarung bantal ini. 

 

Terdapat pilihan warna-warna terang, gelap, dan juga pastel. Selain itu, ada juga beragam motif seperti gambar bunga, pohon, garis-garis, ornamen, ataupun batik. Semua ini bisa disesuaikan dengan selera atau tema dekor hari raya rumahmu. Harga sarung bantal sofa ini berkisar Rp30.000–Rp50.000 tergantung dari ukuran serta bahan yang digunakan. 

2. Taplak Meja 

 

Selain membeli sarung bantal untuk dekorasi raya, taplak meja juga perlu diganti sesuai dengan warna atau motif dari sarung bantalnya. Hal ini agar interior rumah terlihat serasi antara bantal dengan taplak mejanya. Biasanya toko pun menjual satu set taplak meja dengan bantal sofanya dengan harga mulai dari Rp50.000. Dekorasi hari raya pun akan tampak cantik dengan taplak meja yang baru! 

3. Gorden Rumah 

 

Ide dekor sederhana hari raya berikutnya adalah dengan mengganti gorden yang ada di rumah. Tak perlu semua gorden diganti, cukup gorden yang berada di ruang tamu saja. Karena, gorden di ruang tamu juga akan terlihat dari luar rumah dan bisa mempercantik suasana dalam rumah itu sendiri. 

 

Pilihlah motif gorden rumah sesuai dengan tema rumahmu. Jika ingin dekorasi hari raya terlihat maksimal, ada pilihan motif gorden rumah dengan gambar bulan dan bintang. Motif ini pun akan menambah kental suasana dekorasi Ramadan. Harga gorden rumah memang terbilang cukup mahal, yaitu mulai dari Rp200.000–Rp500.000 tergantung ukuran yang kamu pesan. 

4. Hiasan Bunga atau Pohon 

 

Saat ini hiasan bunga atau pohon kecil dalam rumah semakin berkembang dan banyak yang menyukainya. Bunga atau pohon memang memberikan kesan sejuk dan membuat nyaman dalam rumah. Selain itu, menambahkan dekorasi hari raya bunga atau pohon juga dapat mempercantik setiap sudut dalam rumah lho

 

Apalagi saat ini banyak rak dan pot bunga cantik yang memang dikhususkan untuk dekor raya interior rumah. Rumah pun akan semakin terlihat segar dengan dekorasi raya suasana alam. Kamu bisa membeli bunga atau pohon ini di toko bunga ataupun secara online juga ada banyak. Untuk harga bunga atau pohon biasanya dimulai dari Rp50.000, sedangkan untuk rak bunganya berkisar dari Rp80.000–Rp200.000. 

5. Dekorasi Raya Bulan dan Bintang 

 

Untuk semakin menambah suasana dekorasi Idul Fitri yang kental, tambahkan juga pernak-pernik bulan dan bintang. Dua hal tersebut memang sangat identik dengan dekorasi hari raya untuk umat muslim. Gantungan atau pajangan dengan bentuk bulan dan bintang ini bisa kamu hias di ruang tamu atau ruang keluarga. Dengan warna-warna terang seperti hijau, emas, atau perak dapat menambah suasana ceria dekor hari raya di rumahmu! 

6. Lampu LED 

 

Menambahkan lampu untuk dekorasi raya juga dapat mempercantik rumah kamu lho! Sekarang ini ada banyak lampu LED yang berbeda-beda bentuknya namun tetap unik dijadikan dekorasi raya. Mulai dari lampu LED, lampu tumblr, atau lampu hias lainnya bisa kamu pilih sesuai selera dan tema dekorasi hari raya rumah kamu. 

 

Untuk harga lampu hias ini cukup beragam, sepasang lampu tumblr biasanya dimulai dari Rp15.000. Sementara lampu LED yang bagus harganya mulai dari Rp100.000. Kamu bisa membelinya secara langsung di toko furnitur rumah ataupun secara online.  Pasang lampu tersebut untuk melengkapi dekorasi Idul Fitri. Selain terang, lampu LED ini juga akan menambah nilai estetik lho

 

Itulah tadi beberapa ide untuk dekor sederhana hari raya yang dapat kamu terapkan untuk memperindah tampilan rumah. Menjelang hari raya Idul Fitri memang menjadi momen yang paling tepat untuk membersihkan setiap sudut rumah. Kamu pun juga bisa membuang barang-barang yang sudah tidak terpakai agar dekor raya rumah tetap rapi. 

 

Beberapa barang seperti sarung bantal sofa, taplak meja, gorden rumah, hiasan bunga, dekorasi raya bulan bintang, dan lampu hias sudah pasti akan mempercantik dekorasi Ramadan rumah kamu! Selain mendapatkan kenyamanan, rumah yang rapi dan bersih juga bagus untuk dijadikan tempat berfoto bersama keluarga besar. Jadi, sudah siap untuk menyulap rumah kamu? Selamat mencoba dekor raya!

 

Ingin memesan tiket bus online selama liburan Hari Raya? Periksa di sini!

Leave a Reply

Your email address will not be published.