hamper hari raya

Ide Hadiah Hemat untuk Hari Raya

Saat ini seluruh umat muslim di dunia sedang menjalankan ibadah puasa. Dalam bulan yang penuh berkah ini sering dijadikan momentum untuk mendapatkan banyak pahala dengan menjalankan kewajiban berpuasa, salat tarawih, hingga membaca Alquran. Masjid-masjid pun menjadi ramai dikunjungi umat muslim untuk salat berjamaah dan berbuka puasa bersama. 

 

Nah, memasuki bulan suci puasa ini adalah momen yang paling tepat untuk berkumpul bersama keluarga. Mulai dari sahur bersama, buka puasa bersama, hingga nanti merayakan hari raya Idulfitri. Agar dapat menambah kehangatan saat berkumpul, tak ada salahnya mempersiapkan hadiah hari raya untuk keluarga atau teman-teman. 

 

Kira-kira apa hadiah paling cocok untuk momen hari raya? Jawabannya adalah hamper hari raya! Ya, hamper raya ini mulai booming saat bulan puasa di masa pandemi. Artinya banyak keluarga atau teman-teman yang tidak bisa berkumpul untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. Oleh karena itu, setiap orang saling mengirimkan hamper hari raya yang berupa makanan, minuman, ataupun baju Lebaran.  

 

Lalu apa saja hamper raya yang paling hemat dan berkesan untuk keluarga atau teman? Berikut ini ide hadiah ramadan yang bisa kamu pertimbangkan! 

1. Makanan 

 

Nah, semua orang pasti suka dengan makanan! Di hari raya yang penuh dengan kebahagiaan, pastinya nafsu makan pun bertambah. Apalagi setelah sebulan penuh berpuasa. Makanan yang bisa kamu pilih untuk hamper raya seperti parsel, kue Lebaran, ataupun makanan khas Lebaran. 

 

Hadiah raya parsel makanan ada bermacam-macam isinya. Mulai dari makanan ringan, coklat, permen, hingga minuman kemasan. Jadi dalam satu hadiah ramadan sudah lengkap untuk keluarga. Kisaran harga parsel makanan cukup hemat, yaitu Rp50.000–Rp250.000 tergantung dari isi hamper ramadan tersebut. 

 

Hamper raya berikutnya adalah satu paket makanan ringan, seperti biskuit, nastar, putri salju, ataupun brownies. Ide hadiah ramadan yang satu ini paling pas dinikmati setelah menunaikan ibadah salat Ied bersama keluarga. Harga hamper hari raya ini cukup beragam, mulai dari Rp100.000 hingga Rp300.000. 

 

Pilihan hadiah hari raya yang terakhir adalah makanan khas Lebaran! Lezatnya ketupat, opor ayam, dan sambal goreng ati sangat tepat disajikan saat Idulfitri. Saat ini ada banyak frozen food sajian Lebaran. Jadi, kamu pun bisa mengirimkannya ke keluarga karena sangat praktis untuk dimasak! Hadiah raya ini berkisar Rp50.000–Rp100.000. 

2. Baju atau Pakaian Lebaran

 

Mengirimkan hamper hari raya berupa baju Lebaran juga pasti akan menyenangkan hati keluarga kamu! Apalagi jika memang keluargamu belum mempersiapkan baju Lebaran. Kamu pun bisa membelikan untuk mereka dengan tema dress code yang sama. 

 

Untuk anggota keluarga berjenis kelamin pria, ada pilihan baju koko dan peci. Sementara untuk perempuan, terdapat gamis, kaftan, dan jilbab. Kisaran harganya bisa dihemat asalkan kamu pandai memilih toko yang bagus. Kini berbelanja hamper raya secara online tak hanya praktis, namun juga hemat di kantong. Siapkan dana untuk hadiah hari raya ini sebesar Rp100.000-Rp250.000 untuk satu pasang baju Lebaran. 

3. Alat Ibadah 

 

Ide hadiah ramadan berikutnya adalah alat ibadah yang terdiri atas mukena, sarung, sajadah, atau tasbih. Saat ini sudah banyak hamper hari raya yang dikemas secara estetik dan menarik. Pastinya akan membuat senang anggota keluarga yang menerimanya. 

 

Harga untuk hadiah hari raya ini mulai dari Rp100.000 saja lho. Alat ibadah yang baru ini juga akan menambah semangat saat menunaikan ibadah salat tarawih dan salat Ied. Pahala pun juga bertambah! 

4. Perlengkapan Kesehatan 

 

Karena saat ini pandemi Covid-19 masih berlangsung, tak ada salahnya mengirimkan hamper raya sebuah perlengkapan kesehatan untuk keluarga tersayang. Misalnya masker, hand sanitizer, sabun cuci tangan, ataupun vitamin penunjang kesehatan pasti sangat dibutuhkan. 

 

Hamper hari raya yang satu ini juga bisa dikemas secara menarik. Harganya pun cukup terjangkau, mulai dari Rp50.000 kamu sudah bisa mendapatkan satu paket perlengkapan kesehatan. Merayakan hari raya Idulfitri jadi tenang dengan tubuh yang sehat! 

5. Uang THR 

 

Untuk kamu yang punya banyak sanak saudara yang masih kecil, pasti sangat senang jika diberikan uang THR. Hamper hari raya ini bisa disimpan di amplop unik spesial Lebaran. Nominal THR yang hemat mulai dari Rp5.000, Rp10.000, Rp20.000, hingga Rp50.000 asalkan disesuaikan dengan kemampuanmu ya! 

6. Peralatan Makan 

 

Hamper raya berupa peralatan makan juga bisa jadi opsi lho! Sekarang ini banyak peralatan makan yang bagus, awet, dan harganya pun terjangkau. Kamu bisa memilihnya di berbagai marketplace yang tersedia dengan harga di bawah Rp50.000. 

 

Barang-barang hadiah ramadan seperti piring, mangkok, sendok, dan garpu pasti sangat dibutuhkan saat perayaan Idulfitri. Jadi kamu bisa memberikan keluargamu peralatan makan tersebut sebagai hamper ramadan untuk menciptakan suasana baru saat Lebaran! 

7. Buku Islami 

 

Bulan puasa adalah momen paling pas untuk memperluas pengetahuan soal agama sehingga bisa menambah keimanan. Nah, dengan memberikan buku-buku Islami sebagai hamper hari raya sudah pasti akan membuat senang keluarga. Apalagi jika anggota keluargamu hobi membaca buku. 

 

Selain bisa menambah pengetahuan, koleksi buku pun akan bertambah. Kisaran harga buku-buku Islami dimulai dari Rp50.000 hingga Rp100.000. Harga hadiah ramadan yang cukup terjangkau, kan? 

 

Itulah tadi 7 ide hemat hadiah raya yang menarik untuk keluarga dan teman. Dengan saling memberi akan mempererat tali silaturahmi antarkeluarga. Hamper ramadan pun tak harus mahal dan mewah, karena yang paling penting adalah niat tulus untuk menyenangkan hati keluarga. Jadi, kira-kira kamu bakal pilih hamper raya yang mana?

Leave a Reply

Your email address will not be published.