liburan hari raya

Cara Membuat Liburan Hari Raya Berkesan untuk Anak-Anak

Meskipun saat ini kita masih berada di situasi pandemi, tetapi karena sudah maraknya vaksinasi maka keadaan sudah cukup aman dan terkendali. Artinya sudah cukup banyak orang yang mendapat kekebalan tubuh dari virus berkat adanya vaksinasi. Oleh karena itu, berpergian atau berkumpul dengan orang lain pun sudah diperbolehkan saat libur Lebaran ini. 

 

Tentunya hal ini menjadi angin segar untuk umat muslim yang akan merayakan hari raya Idul Fitri bersama keluarga dan teman-teman. Apalagi momen libur Lebaran ini hanya terjadi satu tahun sekali. Maka dari itu, kita harus memaksimalkan liburan hari raya ini agar berkesan untuk anak-anak. 

 

Jalan-jalan hari raya pasti akan menyenangkan untuk para anak kecil. Hal ini pun bisa dijadikan pengalaman yang menyenangkan agar selalu menyambut Ramadan dan libur Lebaran dengan penuh kegembiraan dan suka cita. Ibadah puasa dan salat Ied pun tidak akan terasa berat dan justru menjadi momen yang ditunggu-tunggu. 

 

Nah, ada banyak kegiatan dalam liburan hari raya yang bisa dilakukan oleh orangtua untuk anak-anak mereka. Pastinya kegiatan-kegiatan tersebut memiliki makna dan tujuan sebagai pembelajaran yang baik untuk anak-anak, sekaligus mempelajari agama. Mulai dari takbiran di masjid, salat Ied berjamaah, mengunjungi sanak saudara, hingga perjalanan hari raya yang pastinya menyenangkan. Mari disimak kegiatan dalam libur Lebaran yang bisa dilakukan dengan anak-anak berikut ini. 

1. Takbiran di Masjid 

 

Takbiran di masjid pada malam terakhir berpuasa adalah waktu yang paling membahagiakan untuk muslim, karena esok hari kita akan menyambut hari raya Idul Fitri dengan penuh suka cita. Maka dari itu, ajaklah anak-anak untuk mencoba pengalaman seru takbiran di masjid ataupun sambil berkeliling saat perjalanan hari raya.

 

Akan ada banyak anak-anak lainnya yang ikut takbiran pada malam hari libur Lebaran, sehingga keseruan dan keramaian mengumandangkan takbir akan tak terlupakan! Di momen ini pula anak-anak akan belajar kalimat-kalimat takbir yang akan menambah pahala juga. 

 

Dijamin deh, takbiran di masjid akan sangat berkesan untuk anak-anak dan tahun berikutnya pasti ingin melakukannya lagi saat libur Lebaran. Setelah selesai takbiran, ajaklah anak-anak untuk bermain kembang api di halaman rumah. Pastinya ini jadi liburan raya yang paling seru. Abadikan momen takbiran dan bermain kembang api dengan anak-anak agar mereka selalu mengenangnya. Tapi jangan lupa untuk selalu memakai masker, ya! 

2. Salat Ied Berjamaah 

 

Pada pagi hari pertama liburan hari raya, salat Ied pasti akan dilakukan semua umat muslim secara berjamaah. Karena saat ini peraturan Covid-19 sudah mulai longgar, jadi kamu dan anak-anak bisa salat berjamaah di masjid. Untuk lebih amannya lagi, pilihlah tempat salat Ied di tempat atau lapangan terbuka agar meminimalisir penyebaran virus, ya! Pastikan juga kamu dan anak-anak dalam keadaan tubuh yang fit. 

 

Perjalanan Idul Fitri akan dimulai dari salat Ied terlebih dahulu, sebelumnya kita diwajibkan membayar zakat fitrah untuk fakir miskin. Kemudian dilanjutkan dengan salat Ied berjamaah sekitar pukul 06.00–06.30 waktu setempat. Setelah selesai salat, kita akan mendengarkan khutbah oleh imam atau ustad. Kegiatan salat Ied berjamaah pun usai, lanjutkan dengan saling bermaafan dengan anggota keluarga kita. 

 

Di momen itulah anak-anak akan diajarkan untuk beribadah bersama dan pastinya akan berkesan saat liburan raya. Jangan lupa untuk memakai baju Lebaran saat salat Ied, membawa perlengkapan salat seperti mukena dan sajadah, dan memakai masker pun juga jangan sampai terlewat! 

3. Mengunjungi Sanak Saudara saat Perjalanan Idul Fitri

 

Perjalanan Idul Fitri berikutnya adalah dengan mengunjungi sanak saudara atau keluarga terdekat. Anak-anak pasti akan senang sekali berkumpul dengan saudara sepupunya untuk saling bertukar cerita saat liburan hari raya. Ditambah lagi libur Lebaran sangat identik dengan bagi-bagi THR dari orangtua untuk anak-anak. 

 

Setiap liburan hari raya pasti menjadi sangat berkesan untuk anak-anak, selain bisa menyantap makanan Lebaran bersama keluarga, mereka pun mendapatkan uang THR untuk dibelanjakan barang yang diinginkan ataupun untuk ditabung. Momen liburan raya sederhana inilah yang akan selalu dikenang oleh anak-anak hingga mereka dewasa nanti. Perjalanan hari raya adalah pengalaman yang indah bagi anak-anak untuk selalu dikenang. 

4. Paket Liburan Idul Fitri 

 

Setelah puas berkumpul dengan keluarga, lanjutkan jalan-jalan hari raya ke tempat wisata agar libur Lebaran semakin lengkap! Ada berbagai macam tempat wisata yang bisa kamu kunjungi sesuai kota tempat kamu tinggal. Biasanya tempat wisata ini juga menawarkan berbagai paket liburan Idul Fitri dengan keluarga seperti paket penginapan dan tiket masuk tempat wisata. 

 

Untuk kamu yang tinggal di Bogor, maka bisa mengajak anak-anak untuk liburan hari raya ke Taman Safari yang menyediakan paket liburan Idul Fitri menginap di hotel dan diskon tiket masuk. Sementara di Jakarta, ada pilihan tempat wisata seperti Taman Impian Jaya Ancol, Ragunan, atau Pantai Pasir Putih PIK yang berada di Utara Jakarta. Dan masih banyak lagi tempat-tempat wisata liburan raya yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia yang bisa kamu kunjungi. 

 

Itu dia empat cara membuat liburan hari raya yang berkesan untuk anak-anak. Dari takbiran bersama, salat Ied berjamaah, berkumpul dengan keluarga, hingga jalan-jalan hari raya yang paling penting adalah nilai kebersamaan dan kehangatan dengan keluarga. Agar lebih seru lagi, rencanakan dress-code yang sama dengan keluarga dan anak-anak. Pastinya akan lucu saat berfoto nanti! Selamat liburan hari raya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.