menghemat uang

Cara Menghemat Uang Selama Ramadan

Tahukah kamu kalau perputaran uang di Indonesia meningkat selama periode Ramadan hingga mencapai lebih dari 100%? Ini menandakan konsumsi penduduk Indonesia justru meningkat selama Ramadan. Seolah semua orang berlomba menghabiskan uang tabungan selama setahun penuh untuk digunakan selama Ramadan dan Idul Fitri hingga lupa akan usaha dalam menghemat uang.  

 

Akan tetapi, pandemi Covid-19 ini mengubah banyak hal. Mulai dari Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), perubahan jadwal kerja, hingga ketidakpastian pekerjaan atau penghasilan. Banyak dari kita yang terdampak secara ekonomi sejak pandemi Covid-19 melanda. Tidak heran jika perputaran uang di bulan Ramadan selama dua tahun ke belakang, tidak sebesar pada masa sebelum Covid-19 terjadi.

 

Untuk itu, di periode serba tak pasti ini, kita harus pandai menghemat uang agar tidak kesulitan di masa mendatang. Tentu saja cara menghemat uang yang kamu lakukan selama Ramadan, tidak boleh mengganggu kekhusyukan kamu dalam beribadah. 

 

Kamu harus mampu melakukan tips menghemat uang yang mendukung optimalisasi kamu dalam beribadah selama Ramadan, termasuk untuk berzakat dan bersedekah. Jangan sampai tips menghemat uang yang kamu lakukan, justru menggeser prioritas kamu dalam berzakat dan bersedekah ya!

 

Berikut 5 cara menghemat uang selama Ramadan yang bisa kamu terapkan agar tetap mengoptimalkan ibadah Ramadan kamu. 

 

  • Terapkan Anggaran Belanja

Sejauh ini, cara terbaik untuk menghemat uang adalah dengan menerapkan anggaran belanja. Kamu harus merancang anggaran belanja dimulai sejak awal Ramadan. Kamu harus menentukan daftar belanja yang akan kamu beli selama satu bulan ke depan, mulai dari bahan masakan, agenda buka puasa di luar rumah, baju lebaran, biaya mudik, hingga amplop lebaran untuk para saudara yang masih kecil.

 

Pemasukan pun harus dihitung dengan pasti, termasuk uang THR atau uang Idul Fitri yang masuk dari kantor. Setelah menentukan anggaran belanja, kamu harus strict mengikuti anggaran tersebut. Jangan sampai kalap belanja dan akhirnya menyia-nyiakan cara kamu dalam menghemat uang di Ramadan ini. Pastikan kamu mencatat dengan baik pemasukan dan pengeluaran keuangan kamu secara berkala atau harian ya!

 

  • Memasak Sendiri

Memasak sendiri jelas menjadi cara terbaik untuk menghemat uang saat Ramadan. Tips menghemat uang untuk anggaran makan kamu adalah memasak sebelum berbuka puasa, lalu sisanya bisa dihangatkan kembali untuk sahur. Dengan memasak sendiri, kamu bisa menentukan nutrisi yang masuk ke dalam tubuhmu, memasak sesuai selera kamu, dan yang terpenting menghemat uang, tetapi bisa tetap makan dengan enak dan bergizi.

 

Memasak itu bukan soal jago atau tidak, memasak adalah skill bertahan hidup yang harus dimiliki semua orang. Anggaran makan kamu bisa berkurang hingga 50% kalau kamu memiliki kemauan untuk memasak sendiri. Memasak benar-benar cara terbaik untuk menghemat uang kamu lho

 

Pastikan kamu sudah merencanakan menu 30 hari selama Ramadan ya agar tidak bingung ketika harus memasak. Kamu tidak perlu bingung mencari berbagai jenis menu, cukup dengan mencari inspirasi di berbagai media sosial yang kamu miliki.

 

  • Batasi kegiatan berbuka puasa di luar

Tips menghemat uang selanjutnya adalah dengan membuat skala prioritas agenda berbuka puasa di luar rumah. Mengingat larangan berkumpul di masa pandemi Covid-19 mulai berkurang, ajakan berbuka puasa di luar rumah semakin banyak berdatangan. Tidak semua agenda berbuka puasa bisa kamu ikuti lho! Pastikan kamu memilih dengan bijak agenda yang ingin kamu datangi untuk berbuka puasa ya! 

 

Dengan memprioritaskan kedatangan agenda berbuka puasa ini, kamu bisa menghemat uang dengan baik. Kamu bisa menekan anggaran sebanyak mungkin, tetapi juga mengoptimalkan kehadiranmu bersama teman-teman. Jangan sungkan untuk menolak agenda berbuka puasa di lingkaran pertemanan yang toxic atau kamu kehilangan kesempatan untuk menghemat uang selama Ramadan ini.

 

  • Manfaatkan Diskon dan Promo

Uang Idul Fitri atau THR yang cair seminggu sebelum Idulfitri memang menjadi angin segar bagi siapa pun yang mendapatkannya. Namun, jangan sampai kamu kalap untuk membelanjakan semuanya. Kamu harus tetap menghemat uang untuk kebutuhan yang lain. Belanjakan uang THR tersebut sesuai anggaran belanja yang sudah kamu buat sebelumnya. 

 

Tips menghemat uang selanjutnya adalah membeli tiket mudik dan baju lebaran dengan memanfaatkan diskon dan promo yang berlaku di berbagai aplikasi belanja. Tips menghemat uang dengan belanja berbekal diskon dan promo ini bisa menjadi cara terbaik dalam menghemat uang kamu. Kamu bisa mengalokasikan uang Idul Fitri untuk kebutuhan lain seperti zakat, sedekah, dan memberi amplop lebaran untuk sanak saudara. Jadi jangan lelah untuk menjadi pemburu diskon dan promo di berbagai aplikasi ya! 

 

  • Gunakan Baju yang Ada

Idul Fitri tidak selalu harus menggunakan baju yang baru. Untuk menghemat uang, kamu bisa menggunakan baju yang masih bagus dan layak di hari Raya Idulfitri. Tips menghemat uang ini layak kamu coba, mengingat dua tahun ke belakang selama Covid-19, Hari Raya Idulfitri tidak dilaksanakan secara besar-besaran sehingga bisa dipastikan kamu memiliki stok baju yang masih bagus dan layak dalam jumlah yang banyak.

 

Karena bukan anak kecil lagi, jadi kamu tidak perlu malu atau sungkan menggunakan baju lebaran yang sudah ada. Idulfitri itu adalah kembali ke kesucian, yakni jiwa kamu. Bukan baju baru kamu.

 

Demikian 5 cara menghemat uang yang patut kamu terapkan selama Ramadan ini! Kamu bisa bagikan tips menghemat uang saat Ramadan ini kepada adik-adik atau teman-temanku agar mereka juga mampu mendapatkan manfaat dan menabung amplop lebaran dalam jumlah yang maksimal. 

 

Ingin memesan tiket bus online selama liburan Hari Raya? Periksa di sini!

Leave a Reply

Your email address will not be published.