hal yang bisa dilakukan di yogyakarta

10 Hal yang Bisa Dilakukan di Yogyakarta (Jogja)

Wisata di Yogyakarta tidak pernah redup keseruannya. Letaknya yang strategis di tengah Pulau Jawa, turut membuat Kota Yogyakarta menjadi pusat destinasi para wisatawan, baik dari dalam negeri maupun wisatawan mancanegara. Tak heran jika kota ini sangat lengkap untuk semua kegiatan liburan. 

 

Kota ini masih memiliki istana tempat tinggal Sultan Hamengkubuwono yang disebut dengan Keraton Yogyakarta. Oleh karena itu, ada banyak hal yang bisa dipelajari dari peninggalan sejarah di Keraton Yogyakarta. Menarik sekali, kan? 

 

Travel Jakarta Jogja juga sangat mudah diakses dengan transportasi umum. Tersedia pilihan ekonomis hingga kelas eksekutif seperti tiket bus, kereta api, hingga pesawat terbang. Kamu pun juga bisa berkendara dengan kendaraan pribadi atau road trip

 

Ada banyak hal yang bisa dilakukan di Yogyakarta, seperti naik odong-odong warna-warni, wisata kuliner, keliling Malioboro, dan masih banyak lagi. Hal inilah yang mendorong banyak wisatawan untuk melakukan travel Jakarta Yogyakarta dan dari kota-kota lainnya.

 

Penasaran? Mari disimak 10 hal yang bisa dilakukan di Yogyakarta berikut ini:

 

1. Makan di Angkringan 

 

Setelah perjalanan panjang travel Jakarta Jogja, tubuh pasti lelah dan butuh tambahan energi. Nah, hal pertama yang pertama adalah makan di angkringan.

 

Kota Yogyakarta ini memang surganya angkringan dengan menu nasi kucing dan berbagai lauk seperti sate, sosis, bakso bakar atau tahu tempe. Dari segi rasa yang lezat, harganya pun murah dan hemat di kantong. Dijamin bikin ketagihan! 

 

2. Naik Odong-odong 

 

Hal yang bisa dilakukan di Yogyakarta selanjutnya adalah jalan-jalan dengan menaiki odong-odong. Tepatnya di Alun-alun Kidul Yogyakarta, ada penyewaan mobil-mobilan atau odong-odong yang dihiasi lampu warna-warni layaknya benda glow in the dark

 

Datanglah ke tempat ini pada malam hari agar dapat melihat kerlip lampu yang bersinar. Di dalam odong-odong ini juga terdapat musik untuk menambah keseruan berkeliling alun-alun. 

 

3. Mengunjungi Taman Sari

 

Taman Sari adalah bekas pemandian para raja atau sultan dan permaisurinya. Letaknya masih di wilayah Benteng Keraton Yogyakarta. 

 

Destinasi wisata ini sudah cukup terkenal dan menjadi salah satu hal yang bisa dilakukan di Yogyakarta karena tempatnya yang unik dan bernilai sejarah. Taman Sari juga bagus dijadikan spot foto karena memiliki anak tangga yang unik. 

 

4. Candi Prambanan dan Candi Borobudur 

 

Yogyakarta terkenal dengan dua candi yang telah menjadi salah satu ikon travel Jakarta Yogyakarta ini. 

 

Meskipun Candi Borobudur sebenarnya berada di Muntilan, Jawa Tengah. Namun, kamu tetap bisa menjadikannya sebagai salah satu hal yang bisa dilakukan di Yogyakarta karena hanya berjarak 1.5 jam perjalanan dari pusat Kota Yogyakarta. Sementara itu, Candi Prambanan berada di perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah, yaitu Klaten. 

 

5. Berjalan-jalan di Malioboro

 

Hal yang bisa dilakukan di Yogyakarta belum lengkap jika tidak mengunjungi Malioboro. Letaknya pun tak jauh dari pusat Kota Yogyakarta.

 

Di sini kamu akan puas menikmati berbagai kuliner khas Yogyakarta dan membeli oleh-oleh saat travel Jakarta Jogja. Wisata di Jalan Malioboro juga menyuguhkan pertunjukan seni dari para seniman jalanan. 

 

6. Belanja di Pasar Beringharjo 

 

Nah, untuk menghemat bujet membeli oleh-oleh saat travel Jakarta Yogyakarta, ada pilihan tempat murah, yakni Pasar Beringharjo. Di pasar ini harga baju-bajunya masih lebih murah jika dibandingkan dengan di Malioboro. 

 

Apalagi jika kamu ingin membeli baju dalam jumlah banyak. Jangan lupa untuk membeli batik khas Yogyakarta di sini juga, ya! 

 

7. Bermain di Pantai Parangtritis 

 

Hal yang bisa dilakukan di Yogyakarta yang ketujuh adalah bermain pasir di Pantai Parangtritis. Pantai ini adalah pantai yang paling terkenal di Yogyakarta dan Pulau Jawa. Dengan garis pantai yang terbentang panjang dan luas, pemandangan Parangtritis sangat indah dinikmati saat matahari tenggelam (sunset). 

 

8. Hutan Pinus Pengger 

 

Tempat ini cukup baru dan belum banyak wisatawan yang tahu. Hutan Pinus Pengger ini cocok buat kamu yang menyukai wisata dengan alam terbuka. 

 

Terdapat banyak pohon pinus yang berukuran unik dan sebuah karya seni yang berbentuk tangan raksasa dari kayu. Pastinya, tempat yang satu ini punya banyak spot foto yang sangat bagus! 

 

9. Tugu Yogyakarta 

 

Sama seperti Jalan Malioboro, Tugu Yogyakarta ini juga menjadi tempat yang ikonis untuk travel Jakarta Jogja. Hal yang bisa dilakukan di Yogyakarta adalah berfoto di tugu ini atau di seberang tugu. 

 

Dengan latar belakang Tugu Yogyakarta dan jalan di sekitarnya, maka akan membuat hasil foto liburanmu tambah keren! Di area tugu ini juga terdapat beberapa kafe atau tempat makan lho

 

10. Menikmati Gudeg Khas Yogyakarta 

 

Nah, hal yang bisa dilakukan di Yogyakarta yang terakhir adalah menikmati makanan khasnya, yakni gudeg. Jadi, jangan pulang dulu sebelum mencicipi lauk bercita rasa manis ini. Kamu bisa menemukan gudeg dengan mudah di sepanjang jalan di kota ini, sebab memang ada banyak pedagang yang menjualnya dan semuanya sama enaknya.

 

Ternyata ada banyak sekali hal yang bisa dilakukan di Yogyakarta selama travel Jakarta Yogyakarta. Tak perlu liburan ke tempat yang jauh, karena di kota ini kamu sudah bisa melakukan berbagai hal yang menyenangkan. 

 

Di situasi pandemi ini akan lebih baik jika mengunjungi tempat-tempat terbuka atau outdoor. Mengunjungi Yogyakarta adalah jawabannya, karena ada banyak tempat wisata di ruangan terbuka yang aman untuk kamu. 

 

Pastikan juga kamu sudah divaksinasi dan tetap melakukan protokol kesehatan saat liburan. Jadi, selamat jalan-jalan, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.