Liburan Musim Panas Sekolah

Jelajahi Indonesia bersama Anak Anda Selama Liburan Musim Panas Sekolah

Setiap anggota keluarga pasti memiliki kesibukannya masing-masing. Ayah sebagai kepala keluarga sibuk bekerja di kantor, ibu sibuk mengurus anak dan rumah, dan anak-anak disibukkan dengan kegiatan belajar di sekolah. Agar kehangatan dalam keluarga kembali terjalin, momen liburan musim panas sangatlah tepat untuk dinikmati bersama! 

Di seluruh dunia pun, musim panas adalah waktu yang dinantikan oleh semua orang untuk berlibur. Merencanakan perjalanan liburan bersama keluarga yang menyenangkan tak perlu ke luar negeri, berkat keindahan pariwisata yang sudah dimiliki Indonesia. Di negeri tropis yang kaya akan panorama alam seperti pantai, laut, gunung, hingga perbukitan pun menjadi destinasi teratas untuk wisata keluarga

Setiap pulau yang terbentang dari Sabang sampai Merauke pastinya memiliki daya tarik dan ciri khasnya masing-masing. Pulau Sumatera dengan kota-kotanya yang indah dan ramai dikunjungi seperti Aceh, Medan, Riau, Palembang, dan Bangka Belitung. Pulau Jawa sebagai pusat pemerintahan karena adanya ibukota negara di Jakarta. Pulau Bali, NTT, dan NTB dengan keindahan alamnya yang menakjubkan. Pulau Kalimantan yang kini bertambah ramai karena sedang dibangun ibukota baru, hingga Pulau Sulawesi dan Papua yang juga menyimpan sejuta keajaiban alamnya. 

Berbagai destinasi di pulau-pulau yang berjarak tersebut dapat dijangkau dengan ketersediaan tiket bus yang memadai. Oleh karena itu, liburan musim panas bersama keluarga pun tak boleh dilewatkan begitu saja. Bingung saat menentukan destinasi liburan? Berikut ini daftar yang bisa Anda pilih: 

  • Liburan Musim Panas di Pulau Sumatera 

Musim panas identik dengan berkurangnya intensitas air hujan, maka berlibur ke alam terbuka adalah pilihan yang paling tepat! Pulau Sumatera menyediakan banyak tempat wisata dengan panorama alam terbuka. Dimulai dari Aceh yang berlokasi di “Kilometer 0 Indonesia” ini menjadi tempat paling favorit wisatawan. Ada pula Museum Tsunami Aceh, Pantai Lhok Mee, dan Danau Laut Tawar untuk dikunjungi. 

Tak sampai di situ saja, kunjungilah Sumatera Utara yang memiliki danau paling terkenal yakni Danau Toba. Lalu ada Funland Mickey Holiday dan Cagar Alam Sibolangit. Pilihan lainnya untuk perjalanan liburan di Pulau Sumatera adalah Jam Gadang yang terletak di Bukittinggi, Sumatera Barat. Kota ini juga memiliki ikon legendaris patung “Malin Kundang” yang terletak di Pantai Air Manis. 

Kemudahan akses tiket bus online ke Riau dapat memudahkan liburan musim panas menuju tempat wisata. Misalnya, Riau Fantasi dan Mega Wisata Ocarina. Nah, agar liburan bersama keluarga menjadi sarana edukasi, ajaklah anak-anak ke Taman Nasional Way Kambas, Lampung. Di sini terdapat konservasi satwa gajah dan Camp Jagawan Resort Way Kana di hamparan alam suaka yang mempesona! 

Anda bisa merencanakan perjalanan hemat untuk liburan sekolah – Baca lebih lanjut tentang wisata pelajar di Indonesia di sini.

  • Pulau Jawa, Pulau Bali, dan Nusa Tenggara 

Pulau Jawa dan Pulau Bali biasanya menjadi destinasi teratas untuk wisata keluarga karena aksesnya yang mudah dengan tiket bus. Terdapat pegunungan, air terjun, pantai, hingga wisata kuliner yang memanjakan lidah. Daftar destinasi liburan musim panas pertama adalah Taman Nasional Ujung Kulon yang juga dekat dengan Gunung Krakatau. 

Lalu, ada Gunung Bromo di Jawa Timur dengan pemandangan gunung serta hamparan gurun pasir. Ajak pula anak-anak untuk mengunjungi Pantai Pulau Merah yang berlokasi di Banyuwangi. Selain pasirnya yang bersih dan indah, pantai ini cukup unik karena terdapat sebuah bukit hijau. Untuk wisata edukasi anak-anak, ajak mereka ke Lawang Sewu di Kota Semarang. Dengan bangunan masih bergaya khas peninggalan Belanda, tempat ini dijadikan sebagai Museum Kereta Api lho

Tiket bus online kini juga tersedia untuk perjalanan liburan menuju Pulau Bali atau Lombok, Nusa Tenggara. Destinasi yang paling sering dikunjungi wisatawan di Bali adalah Pantai Kuta, Pantai Nusa Dua, Tanah Lot, Garuda Wisnu Kencana, dan Bali Safari & Marine Park. Sementara liburan musim panas di Lombok baru saja menjadi tambah ramai berkat adanya Sirkuit Mandalika.

Juga, lihat blog kami tentang perjalanan keluarga selama liburan musim panas sekolah di taman hiburan.

  • Pulau Sulawesi dan Papua 

Pulau Sulawesi tentunya juga menawarkan banyak tempat wisata untuk liburan musim panas bersama keluarga. Misalnya Taman Laut Bunaken, Tana Toraja, Wakatobi, ataupun berwisata kuliner di Makassar. Sementara itu, berlibur ke Papua terdapat pilihan seperti Taman Nasional Wasur, Taman Nasional Lorentz, dan Raja Ampat. Nikmati juga kuliner khas Papua yaitu Papeda, Kue Lontar, atau Ikan Bakar Manokwari.

Pikiran Akhir

Setelah membaca daftar destinasi teratas untuk wisata keluarga di atas, pastinya Anda semakin yakin untuk merencanakan liburan musim panas, bukan? Berpetualang menjelajahi setiap sudut di Indonesia juga semakin mudah diakses berkat adanya pemesanan tiket bus online. Oleh sebab itu, tiket bus yang Anda beli pun akan terjangkau harganya dengan fasilitas terbaik untuk keluarga. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.