Tiket Bus ke Jepara

Mau Liburan ke Karimunjawa? Begini Cara Beli Tiket Bus ke Jepara

Berlokasi di utara pulau Jawa, Karimunjawa selalu punya cara tersendiri untuk menarik perhatian wisatawan agar berkunjung. Dengan keindahan alam yang ada, Karimunjawa pun dijuluki sebagai The Paradise of Java. Setidaknya ada dua cara untuk mengakses Karimunjawa. Anda bisa menaiki KMC Kartini dari Pelabuhan Tanjung Mas, Semarang. Sementara itu, pilihan selanjutnya adalah via KMC Muria dari Pelabuhan Kartini, Jepara. Nah, di antara dua pilihan di atas, naik KMC Muria dari Jepara menjadi opsi termurah. Untuk mencapai Kabupaten Jepara, paling enak pesan tiket bus ke Jepara di website/aplikasi redBus. Bagi pengguna baru redBus, baca panduan beli tiket bus online berikut ini. 

Daya Tarik Karimunjawa

Karimunjawa merupakan sebuah kepulauan yang berjarak sekitar 80 kilometer sebelah utara Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Secara administratif, kawasan ini masih menjadi bagian dari Kabupaten Jepara. 

Bicara mengenai daya tarik Karimunjawa tidak perlu diragukan lagi. Pasalnya, Karimunjawa sendiri disebut sebagai salah satu tempat snorkeling terbaik di Indonesia. Pesona alam bawah lautnya seolah mampu membius siapa pun yang mengunjunginya. 

Beberapa tempat terbaik untuk menikmati keindahan bawah laut Karimunjawa adalah Pulau Tengah, Pulau Menjangan Kecil, Pulau Cemara Besar, Pulau Cilik,  dan Pulau Tanjung Gelam. Di tempat-tempat tersebut, Anda bisa melihat-lihat beragam spesies terumbu karang dan biota laut yang memanjakan mata. 

Untuk spot diving, Anda bisa pergi ke Pulau Kamujan. Di pulau ini terdapat area diving terkenal yang diberi nama Indonor Wreck. Di kedalaman 15-18 meter, Anda akan menemukan bangkai kapal dengan panjang mencapai 80 meter. 

Pilihan Operator Bus ke Jepara

Langkah pertama untuk memesan tiket bus ke Jepara adalah mencari tahu terlebih dahulu pilihan operator yang tersedia berikut ini.  

  • PO Haryanto

Jika Anda berangkat dari Jakarta, PO Haryanto bisa jadi pilihan untuk mengakses Jepara. Menggunakan armada jenis eksekutif dengan formasi dudukan 2-2, tiket bus PO Haryanto dibanderol Rp210.000-Rp215.000. 

PO Haryanto dapat diakses dari kawasan Lebak Bulus, Terminal Pulo Gebang, Terminal Kalideres, Terminal Kampung Rambutan, dan Cibubur. Bus ini tersedia 06.30 WIB sampai 16.00 WIB. 

Menariknya, PO Haryanto menawarkan layanan reschedule bagi Anda yang ingin mengubah jadwal dan garansi uang kembali jika ada pembatalan pemesanan. 

  • Sahaalah 

Sama seperti PO Haryanto, bus Sahaalah juga menyediakan layanan reschedule dan garansi uang kembali. 

Bus ini beroperasi dari Jakarta ke Jepara mulai pukul 06.30 WIB sampai 15.30 WIB dari  Terminal Kalideres, Terminal Pasar Jumat, dan Pondok Pinang. Tiket bus ke Jepara dari Shaalah dibanderol Rp220.000-Rp300.000 dengan pilihan armada mulai Suite Class 1+1, Super Executive, dan Executive 2+2. 

  • Nusantara

Satu lagi operator bus yang melayani rute Jakarta-Jepara adalah Nusantara. Operator ini dijadwalkan berangkat dari daerah Daan Mogot dan Lebak Bulus pukul 16.30 WIB sampai 17.15 WIB. 

Terdapat dua pilihan armada bus Nusantara, yaitu Super Executive 2+1 dan Executive AC 2+2. Harga tiketnya berkisar antara Rp190.000-Rp265.000. 

  • Rimba Raya Travel

Pilihan operator ini khusus untuk Anda yang berangkat dari Semarang ke Jepara. Menggunakan shuttle HiAce Executive, tarif perjalanan menggunakan Rimba Raya Travel dihargai sebesar Rp60.000. 

Travel ini biasanya berangkat dari Lintas Kota Semarang mulai pukul 09.00 WIB sampai 20.00 WIB. 

  • Kencana Travel

Ada juga Kencana Travel bagi Anda yang akan mengakses Jepara dari Semarang. Dengan harga tiket sebesar Rp65.000, Kencana Travel akan berangkat pukul 04.30 WIB sampai 20.30 WIB dari Jl. Atmodirono, Semarang menggunakan HiAce Shuttle Regular. 

  • Daytrans

Daytrans bisa menjadi pilihan mana kala Anda berangkat dari Jogja dan Semarang ke Jepara. Jika berangkat dari Semarang harga tiket Daytrans dibanderol Rp45.000, sedangkan dari Jogjanya seharga Rp130.000. 

Cara Beli Tiket Bus ke Jepara

Setelah mengetahui pilihan operator yang tersedia, sekarang cari tahu cara beli tiket bus ke Jepara pada ulasan di bawah. 

  • Buka website/aplikasi redBus
  • Pilih kota keberangkatan dan kota tujuan
  • Masukkan tanggal berangkat
  • Pilih operator 
  • Cek tempat duduk yang tersedia
  • Lengkapi data diri
  • Bayar sesuai tagihan untuk mendapatkan e-ticket

Itulah serba-serbi tentang Karimunjawa beserta cara mengaksesnya menggunakan bus. Mumpung masih tersedia, jangan lupa pesan tiket bus ke Jepara sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published.