10 Hal yang Tak Boleh Kamu Lewatkan di Jakarta

Meski Pemerintah Indonesia akan memindahkan ibu kota negara dari Jakarta, tapi sepertinya itu tak akan menyurutkan ingar bingar Jakarta sebagai kota metropolitan. Akan masih ada banyak hal yang harus dilakukan di Jakarta.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik Jakarta tahun 2021, ada lebih dari 11 juta orang yang tinggal di Jakarta. Belum lagi para pekerja dari kota penyangga seperti Bekasi, Tangerang, Bogor, dan Depok yang setiap hari beraktivitas di Jakarta. Tak heran jika Jakarta punya masalah kemacetan yang pelik.

Namun, itu tetap tak memengaruhi posisi Jakarta sebagai pusat ekonomi dan hiburan di Indonesia. Warga dari kota-kota lain di Indonesia pun selalu ingin mengunjungi Jakarta, sebab memang banyak hal yang harus dilakukan di Jakarta yang tak pernah membosankan.

Untungnya, Jakarta telah ditopang infrastruktur yang memudahkannya untuk diakses segala macam moda transportasi, baik pesawat, kereta api, kapal laut, maupun bus.

Apalagi jika diakses dari kota-kota besar dari Pulau Jawa lainnya seperti Yogyakarta, Semarang, atau Solo, maka travel Jogja Jakarta, travel Semarang Jakarta, dan travel Solo Jakarta dapat dilakukan dengan mudah setiap harinya.

Lalu, apa saja hal yang harus dilakukan di Jakarta, termasuk untuk yang ingin melakukan travel Jogja Jakarta, travel Semarang Jakarta, dan travel Solo Jakarta? Simak rekomendasinya di bawah ini.

10 Hal yang Harus Dilakukan di Jakarta

1. Belanja di Jalan Surabaya

Jika kamu suka berburu barang antik, maka Pasar Loak Jalan Surabaya adalah surganya dan termasuk hal yang harus dilakukan di Jakarta.

Berlokasi di kawasan Menteng, tempat ini memang sudah lama populer untuk mencari berbagai barang antik, mulai dari benda seni hingga piringan hitam. Jika beruntung, mungkin saja kamu mendapatkan “harta karun” bernilai tinggi dengan harga yang cukup murah.

2. Jalan-jalan di Pecinan Glodok

Kawasan Glodok merupakan kawasan pecinan terbesar di Indonesia. Warga keturunan Tionghoa telah bermukim di kawasan ini sejak zaman kolonial Belanda, sehingga banyak terdapat bangunan dengan arsitektur khas Tionghoa yang sudah berdiri lebih dari seratus tahun.

Kamu bisa mengeksplorasi Glodok dengan mengunjungi Kelenteng Tanda Bakti, Gang Gloria, Pasar Petak Sembilan, serta sambil menikmati kuliner-kulinernya yang khas dan ngopi di kedai kopi legendaris, yaitu Kopi Es Tak Kie

3. Mengunjungi Museum MACAN

Bagi penikmat seni modern, maka mengunjungi Museum MACAN atau Modern and Contemporary Art in Nusantara adalah hal yang harus dilakukan di Jakarta.

Museum MACAN memiliki banyak koleksi seni modern dan kontemporer dari para seniman Indonesia dan internasional. Selain itu, museum ini juga sering menggelar pameran dari para seniman ternama, baik dari Indonesia maupun internasional.

4. Jalan-jalan di Taman Wisata Alam Angke, Kapuk

Bergerak ke arah utara, jalan-jalan di Taman Wisata Alam Angke adalah salah satu hal yang harus dilakukan di Jakarta. Tak hanya sebagai tempat wisata yang menawarkan suasana hijau, hutan bakau ini juga berfungsi mempertahankan kelestarian fungsi mangrove sebagai penyangga kehidupan.

Di sini terdapat berbagai flora dan fauna, bahkan beberapa di antaranya termasuk fauna yang dilindungi. Kamu bisa mengelilinginya dengan menyewa perahu atau kano yang disediakan.

5. Bersantai di Pantai Pasir Putih PIK 2

Kesan kotor selalu jadi citra yang muncul saat berbicara tentang pantai di Jakarta. Jadi, siapa sangka kalau sekarang Jakarta punya pantai berpasir putih yang cantik.

Garis pantainya cukup panjang, sekitar empat kilometer, dengan pohon-pohon palem yang ditanam di pinggirnya. Pasirnya pun lembut, sehingga nyaman untuk sekadar duduk-duduk atau piknik.

6. Piknik di Hutan Kota Srengseng

Siapa sangka Jakarta punya tempat wisata dengan pepohonan rimbun seperti di Hutan Kota Srengseng. Berada di area seluas 15 hektare, terdapat lebih dari 4.500 pohon yang berasal dari 63 varietas berbeda. Suasananya cocok untuk jalan-jalan atau sekadar piknik.

7. Jalan-jalan di Setu Babakan

Ingin lebih mengenal budaya Betawi yang merupakan masyarakat asli Jakarta? Maka ke Situ Babakan adalah hal yang harus dilakukan di Jakarta.

Di area ini terdapat perkampungan yang masih mempertahankan budaya asli Betawi, seperti pakaian warga, arsitektur bangunan, sampai kuliner khasnya. Selain itu, ada danau buatan seluas 30 hektare yang cocok dijadikan tempat bersantai.

8. Mengunjungi Museum Fatahillah

Jakarta telah memiliki sejarah panjang sejak zaman kolonial Belanda. Untuk melihat jejaknya, mengunjungi Museum Fatahillah adalah hal yang harus dilakukan di Jakarta.

Berada di gedung megah berarsitektur khas Belanda yang telah berdiri sejak zaman kolonial, museum ini memiliki banyak koleksi benda-benda bersejarah Jakarta. Selain itu, di dalam area museum juga terdapat bekas penjara bawah tanah yang kondisinya sengaja dibiarkan tetap seperti aslinya.

9. Jalan-jalan di Kota Tua Jakarta

Tak jauh dari Museum Fatahillah, kamu bisa lebih jauh merasakan suasana Jakarta tempo dulu di Kota Tua. Area ini dipenuhi bangunan-bangunan tua dengan arsitektur khas Eropa, sehingga menjadikannya sebagai area yang instagramable.

10. Wisata Kuliner di Pantjoran PIK

Bagi pencinta makanan khas Tionghoa, berwisata kuliner di Pantjoran PIK adalah kewajiban. Area yang kental bernuansa Tionghoa ini dipenuhi berbagai tenant makanan dan minuman yang menggugah selera.

Selain menikmati kuliner, di sini kamu juga dapat menikmati berbagai sajian hiburan seni tradisional Tionghoa, seperti tari Seribu Tangan dan Barongsai.

Akses Menuju dan Dari Jakarta

Jakarta memiliki bandara, stasiun, pelabuhan, dan terminal tiket bus terbesar di Indonesia. Oleh sebab itu, segala macam moda transportasi dapat keluar masuk Jakarta dengan mudah.

Khusus dari kota-kota besar di Pulau Jawa, seperti Yogyakarta, Semarang, dan Solo, moda transportasi bus bisa jadi pilihan terbaik. Ada banyak operator bus yang melayani travel Jogja Jakarta, travel Semarang Jakarta, dan travel Solo Jakarta, serta dengan jadwal keberangkatan yang tersedia banyak setiap harinya. Tiketnya pun mudah didapatkan lewat situs pembelian tiket bus online.

Leave a Reply

Your email address will not be published.