kebun binatang surabaya

Panduan ke Kebun Binatang Surabaya

Jalan-jalan ke mall, pastinya kita sudah terbiasa. Tapi, tahukah kamu kalau ada tempat rekreasi di alam terbuka di tengah kota yang bisa dijadikan sebagai sarana edukasi untuk anak-anak dan keluarga?

 

Ya, jawabannya adalah kebun binatang atau biasa disebut bonbin. Kebun binatang atau taman margasatwa merupakan tempat berbagai jenis hewan dilindungi dan dirawat yang bisa dikunjungi oleh banyak orang. 

 

Selain menjadi tempat rekreasi, kebun binatang juga dijadikan sebagai tempat riset dan konservasi untuk hewan yang terancam punah. Hampir semua jenis hewan dipelihara di kebun binatang, seperti burung, harimau, jerapah, dan ikan. Artinya, hewan dari semua jenis habitat, yaitu air, darat, dan udara, ada di tempat ini.

 

Di Indonesia terdapat beberapa kebun binatang yang dirawat dan dilestarikan dengan baik hingga sekarang. Salah satu kebun binatang yang paling terkenal adalah Taman Safari di daerah Puncak Bogor. Di sini, pengunjung dapat berkeliling melihat hewan-hewan menggunakan mobil atau bus yang disediakan. Menyenangkan sekali, kan? 

 

Ada juga Kebun Binatang Ragunan di Jakarta, Bali Zoo Park, Batu Secret Zoo di Malang, dan Kebun Binatang Surabaya yang bisa kamu kunjungi. Tiap kebun binatang memiliki keunikan dan ciri khasnya masing-masing. Contohnya, Kebun Binatang Surabaya yang pernah tercatat sebagai kebun binatang terlengkap di Asia Tenggara. 

 

Jadi penasaran dong bagaimana seluk beluk Kebun Binatang Surabaya? Berikut ini panduan lengkap transportasi, travel Malang Surabaya, dan travel Jogja Surabaya. Mari disimak ya! 

 

Pilihan Akses Transportasi Umum

 

Liburan ke Surabaya kini semakin ramai pengunjungnya. Ada 3 jenis moda transportasi umum yang sering digunakan wisatawan pada umumnya, yaitu bus, kereta api, dan pesawat terbang. 

 

Ketiganya memiliki perbedaannya masing-masing, seperti waktu tempuh dan harga tiket. Berikut ini detail penjelasannya: 

 

  1. Bus 

 

Moda transportasi bus adalah pilihan yang paling umum digunakan para wisatawan. Ada beberapa titik kota keberangkatannya, seperti Jakarta, Bekasi, Bandung, Tangerang, dan Malang. 

 

Pilihan busnya adalah PO Haryanto, Harapan Jaya, Pahala Kencana, Sinar Jaya, dan Sabar Subur. Harga tiketnya berkisar Rp175.000–Rp500.000, tergantung kelas yang dipilih. Untuk durasi perjalanannya akan memakan waktu 9–20 jam. 

 

Untuk travel Malang Surabaya, tersedia Cititrans dan King Travel dengan harga tiket Rp100.000–Rp170.000. Sementara itu, untuk travel Jogja Surabaya bisa memilih antara PO Eka, MG Travel, atau Sugeng Rahayu. Harga tiketnya sebesar Rp110.000–Rp250.000, dengan durasi perjalanan selama 4 jam 30 menit. 

 

  1. Kereta Api

 

Kereta api ke Surabaya juga memiliki berbagai kota sebagai titik keberangkatan, seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Jember, dan Semarang. 

 

Harga tiketnya dimulai dari Rp70.000 hingga Rp235.000. Nama-nama kereta api yang beroperasi adalah KA Ambarawa Ekspres, KA Bima, KA Argo Bromo Anggrek, dan KA Gaya Baru Malam Selatan, dengan waktu perjalanan paling lama sekitar 11 jam. 

 

  1. Pesawat Terbang 

 

Jika menginginkan perjalanan yang singkat, maka gunakanlah moda transportasi pesawat terbang. Dengan jarak yang tak terlalu jauh, durasi travel Jogja Surabaya adalah 1 jam perjalanan. Harga tiketnya dimulai dari Rp400.000 untuk yang paling murah, dan kamu pun akan mendarat di Bandara Juanda Surabaya. 

 

Destinasi Kebun Binatang Surabaya 

 

Akibat pandemi yang berlangsung sejak 2020 lalu, Kebun Binatang Surabaya sempat ditutup sementara dan baru dibuka kembali pada 3 Oktober 2021. 

 

Humas Perusahaan Daerah Taman Satwa menjelaskan bahwa kebun binatang ini dibuka untuk wisatawan yang ingin berolahraga, bersepeda, atau jalan santai pada pukul 06.00–10.00 WIB. Setelah itu, pada pukul 08.00–16.00 WIB, baru dibuka untuk pengunjung umum yang ingin masuk ke kebun binatang. 

 

Pengunjung diwajibkan membeli tiket masuk secara online di situs www.surabayazoo.go.id, maksimal H-1 kunjungan karena adanya penyesuaian kebijakan khusus pandemi. Harga tiket bus pada hari biasa sebesar Rp15.000 dan hari libur sebesar Rp20.000.

 

Pastikan juga kamu sudah divaksinasi minimal dosis pertama dan mempunyai aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat masuk ke kebun binatang ini. Kapasitas pengunjung masih dibatasi sebanyak 25% atau sekitar 2.000 orang. 

 

Ada apa saja di Kebun Binatang Surabaya?

 

Kebun Binatang Surabaya memiliki lebih dari 2.236 hewan yang berasal 211 spesies berbeda. Di antaranya, terdapat juga satwa langka Indonesia seperti Mamalia, Aves, Reptilia, dan Pisces. 

 

Kebun binatang ini didirikan dengan beberapa tujuan. Pertama sebagai konservasi atau penyelamatan satwa yang terancam punah. Kedua sebagai sarana edukasi tentang flora, dan fauna. Lalu, riset dan penelitian yang dibutuhkan untuk keperluan ilmu pengetahuan. Terakhir, sudah pasti untuk sarana rekreasi keluarga. 

 

Perjalanan travel Malang Surabaya juga belum lengkap kalau tidak berfoto di Patung Suro dan Boyo yang terletak persis di depan kebun binatang. Kamu bisa berfoto di patung yang ikonis bagi Surabaya ini. Setelah masuk, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan berbagai satwa dari dekat. 

 

Ada 4 jenis pengelompokan satwa di sini, yaitu Mamalia (tapir, citah, unta, beruang, harimau, anoa, dan lain-lain), Aves (kakatua, pelikan, burung pemangsa, dan burung unta), Reptilia (komodo, buaya, dan ular), dan terakhir Pisces (ikan air tawar dan laut). Untuk dapat melihat akuarium ikan ini, kamu perlu membayar tiket travel lagi sebesar Rp10.000. 

 

Selain itu, terdapat Children Zoo, di mana pengunjung anak-anak dapat menyentuh secara langsung beberapa hewan seperti kura-kura, kucing, atau hamster. Menariknya lagi, ada wahana permainan seperti sepeda air dan wisata perahu untuk menyusuri sungai. 

 

Itulah tadi panduan lengkap untuk berkunjung ke Kebun Binatang Surabaya. Dengan harga tiket bus masuk yang tidak terlalu mahal, liburan akan semakin menyenangkan dengan melihat banyak satwa dan wahana lainnya. 

 

Jaid, tunggu apa lagi? Segera tentukan tanggal liburanmu dan pesan tiket transportasinya di situs pembelian tiket online sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published.