Bus Indonesia

Bus Gunung Harta: Rekomendasi Bus Jawa ke Bali Nyaman

Berawal dari rute jarak pendek Denpasar – Gilimanuk, bus Gunung Harta memulai perjalanan mereka sebagai salah satu armada terbaik di Indonesia. Dengan bus khas bernuansa hijau, PO ini pun mulai berkembang menjadi transportasi AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) pada tahun 1995. 

Saat ini, Gunung Harta melayani rute Jawa – Bali dengan beberapa armada yang memiliki mesin andal dan kapasitas memadai, yaitu Mercedes – Benz, Cania K410 IB Opticruise, dan Scania 360 IB Opticruise.

Rute Bus Gunung Harta

Setidaknya ada beberapa rute yang bisa dipilih ketika Anda menggunakan PO Gunung Harta, yaitu rute Denpasar – Semarang, Denpasar – Tulungagung, Denpasar – Jogjakarta, Denpasar – Surabaya,  dan Denpasar – Klaten ataupun sebaliknya. Karena termasuk rute populer, jadwal keberangkatannya pun cukup panjang, yaitu dari jam 07.00 hingga 18.30.

Untuk mendukung kenyamanan penumpang, bus ini menyediakan beberapa kelas, yaitu kelas Ekonomi, PATAS AC, VIP, hingga eksekutif. Setiap kelas tentu dilengkapi dengan fasilitas memadai sesuai dengan kebutuhan. Jadi, apabila merasa tidak membutuhkan fasilitas yang ada, silakan memilih bus dengan kelas dan harga lebih murah untuk perjalanan Anda.

Untuk titik keberangkatan dan penurunan, Gunung Harta biasanya memilih terminal di daerah setempat—seperti Terminal Bawen dan Ungaran di Semarang, atau Terminal Gayatri di Tulungagung. Selain terminal, bus ini juga menyediakan titik keberangkatan di kantor agen yang berada di Bali, yaitu Jl. Ngurah Rai No. 70, Kediri – Tabanan.

Harga Tiket dan Cara Booking

Jarak yang ditempuh setiap rute tentu saja berbeda, apalagi beberapa kota asal atau tujuan terletak di Jawa Tengah. Inilah alasan harga tiket yang ditawarkan pun berbeda tergantung rute pilihan penumpang. Adapun harga tiket bus Gunung Harta adalah:

  • Denpasar ke Semarang Rp400.000
  • Denpasar ke Tulungagung Rp300.000
  • Denpasar ke Solo Rp300.000
  • Denpasar ke Jogjakarta Rp300.000
  • Surabaya ke Denpasar Rp200.000

Harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu. Jadi untuk informasi pasti, silakan hubungi agen Gunung Harta atau lakukan cek harga tiket bus online melalui aplikasi seperti redBus. Selain cek harga, Anda juga bisa melakukan booking tiket melalui aplikasi ini.

Caranya cukup mudah; pasang aplikasi redBus di smartphone lalu pilih menu “Cari Bus” untuk memasukkan asal, tujuan, dan tanggal keberangkatan. Setelah itu, pilih “Gunung Harta”, lalu tentukan tempat duduk yang diinginkan dari yang tersedia. Lanjutkan booking tiket dengan melakukan proses pemesanan untuk diproses.

Selanjutnya, masukkan data pribadi dan informasi detil penumpang lainnya, lalu klik lanjutkan. Sebelum lanjut ke pembayaran, pastikan dulu jadwal keberangkatan yang dipilih sesuai begitupun harga tiketnya. Jika sudah, silakan pilih metode pembayaran dan tunggu tiket elektronik dikirim ke email.

Mudah bukan? Cara praktis ini tentu akan membuat pengalaman perjalanan Anda lebih praktis dan aman, apalagi selama masa pandemi.

Panduan Perjalanan dengan Gunung Harta Selama Pandemi

Untuk mendukung program pemerintah dalam upaya mengurangi penyebaran COVID-19, Gunung Harta menerapkan beberapa kebijakan kepada penumpang yang melakukan perjalanan selama pandemi, di antaranya:

  1. Setiap penumpang dan staf bus wajib menggunakan masker selama perjalanan.
  2. Semua penumpang dan staf bus wajib mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah menaiki bus serta selalu menggunakan hand sanitizer.
  3. Selain KTP sebagai identitas diri, penumpang juga diminta membawa kelengkapan lain, seperti surat sehat, hasil tes swab atau PCR H-1 perjalanan, serta sertifikat vaksin.
  4. Sebaiknya, penumpang menggunakan pakaian yang nyaman dan hangat karena Gunung Harta tidak menyediakan bantal atau bus.
  5. Selalu jaga jarak dengan penumpang lain.
  6. Penumpang dengan suhu tinggi akan dilarang melakukan perjalanan. Sebagai kompensansi, Gunung Harta menawarkan pemberangkatan ulang di hari lain (reschedule) atau refund tiket bus.
  7. Semua penumpang diimbau untuk menjaga kebersihan selama perjalanan.

Demikian ulasan tentang bus Gunung Harta, selamat travelling.

Leave a Reply