Bus Indonesia

Bus PO SAN: Ulasan, Rute, Harga Tiket

Salah satu armada antarkota antarprovinsi (AKAP) recommended dan melayani rute Sumatera Jawa adalah PO SAN. Perusahan otobus yang awalnya bergerak di bidang ekspedisi ini mulai terjun di jasa pelayanan transportasi darat pada 1993 dan sejak itu menjadi salah satu yang terbaik.

Tentang PO SAN

Setelah memutuskan untuk banting stir ke bidang transportasi penumpang di darat, perusahaan ini mengawali perjalanannya sebagai armada bus terbaik dengan membuka rute Bengkulu ke Jakarta. Rute tersebut didukung oleh empat unit bus Mitsubishi RM 117 sebagai kelas eksekutif.

Sejak saat itu, perusahaan otobus ini makin mengembangkan sayapnya dengan melayani banyak rute menggunakan berbagai merek atau tipe bus sebagai armada andalan. 

Hingga saat ini, bus keren tersebut hanya melayani kelas eksekutif yang memiliki aneka fasilitas memadai. Sebut saja musik, toilet, smoking room, AC, kursi dengan leg rest, USB charger, TV central, hingga bantal dan selimut untuk mendukung kenyamanan perjalanan. Karena rute yang ditawarkan cukup jauh, fasilitas tersebut tentu saja membuat penumpang menikmati perjalanan mereka. Ditambah lagi, penumpang juga mendapat makanan atau snack.

Selain jasa transportasi darat yaitu bus, perusahaan otobus SAN juga melayani jasa angkut karyawan di perusahaan tertentu, seperti beberapa perusahaan besar di kawasan Riau dan DKI Jakarta.

Untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan fasilitas, perusahaan otobus ini mengubah status dan namanya menjadi PT SAN PUTRA SEJAHTERA pada tahun 2003. Hal tersebut tentu saja berakibat pada bertambahnya jadwal dan rute agar bus SAN selalu menjadi pilihan para busmania.

Rute PO SAN

Melayani rute Sumatera Jawa membuat bus SAN memiliki banyak pilihan kota asal dan tujuan. Salah satu yang paling populer adalah Lampung ke Jakarta PP dengan titik keberangkatan di Pelabuhan Bakauheni atau Merak. Selain melayani kota utama, rute ini melayani perjalanan ke beberapa kota lain di antara Lampung dan Jakarta.

Bus SAN juga kerap melayani rute Lampung ke Bandung PP dengan titik keberangkatan di beberapa terminal Kota Kembang dan Lampung. Selain rute populer, SAN menyediakan beberapa rute lain, yaitu Jakarta ke Bengkulu PP, Pekanbaru ke Jakarta PP, Solo ke Pekanbaru PP, dan Bengkulu ke Solo PP.

Rute berbeda tentu menawarkan harga tiket yang berbeda pula meskipun fasilitas yang dinikmati sama mengingat jarak yang ditempuh bervariasi. Pilihan jadwal keberangkatan yang ditawarkan armada ini juga cukup beragam sehingga dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Anda bebas memilih rute pagi yang dijadwalkan mulai berangkat pada jam 08.00 WIB atau rute malam yang berangkat mulai jam 15.00 WIB. Pemilihan jam keberangkatan dapat ditentukan saat Anda memesan tiket bus ini.

Harga Tiket

Sebagaimana yang sempat dibahas sebelumnya, harga tiket armada SAN cukup bervariasi sesuai kebutuhan penumpang dan pilihan titik keberangkatan. Harga tiket tersebut termasuk fasilitas kelas eksekutif dan tiket penyeberangan menggunakan kapal feri dari Pelabuhan Merak ataupun Bakauheni.

Jadi, Anda tidak perlu membayar tiket tambahan lagi untuk menyeberang. Selain itu, harga tiket juga termasuk konsumsi yang akan Anda nikmati ketika bus beristirahat di rumah makan yang sudah bekerja sama dengan armada SAN. Harga tiket armada ini sendiri sekitar Rp350.000 – Rp570.000.

Untuk pemesanan tiket, Anda bisa melakukannya secara langsung melalui agen atau aplikasi bus ticketing online seperti redBus. Di masa pandemi seperti sekarang, memesan tiket bus online tentu bisa menjadi pilihan bijaksana sebab Anda tidak perlu repot-repot berinteraksi dengan orang lain.

Apalagi di redBus, mulai dari menentukan jadwal keberangkatan, memilih rute, armada, hingga kursi bisa dilakukan tanpa perlu datang langsung ke agen. Cukup klik, dan Anda sudah bisa membeli tiket bus online dengan mudah. 

Nah, itulah ulasan tentang bus PO SAN, rute, serta harga tiketnya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply