Bus Indonesia Perjalanan Bus Tips Travel

Tips Melakukan Perjalanan Jauh Surabaya Jakarta secara Aman dan Nyaman

Jakarta kerap menjadi magnet tersendiri bagi sejumlah orang. Sebagai Kota Metropolitan terbesar dan pusat perekonomian nasional, kota ini seolah-olah mampu menawarkan kehidupan yang lebih baik bagi para pekerja yang ingin mengadu nasib. Hal ini pun diperkuat dengan peran media yang kerap menampilkan gemerlapnya kehidupan Kota Jakarta sehingga membuat pertumbuhan urbanisasi makin meningkat. 

Buat Anda yang ingin melakukan perjalanan menuju Jakarta dari Surabaya, jarak Jakarta Surabaya melalui jalur darat dapat ditempuh minimal 8 jam 39 menit. Meski terbilang lama, namun untuk mendapatkan akses yang cepat Anda juga harus membayar dengan harga mahal. 

bus Jakarta Surabaya

Nah, kalau mau menghemat bujet, perjalanan menggunakan bus bisa menjadi solusi. Guna menunjang keamanan dan kenyamanan selama bepergian ke Jakarta menggunakan bus, silakan ikuti tips berikut ini. 

Tips Bepergian Menggunakan Bus Surabaya Jakarta

Begini tips supaya perjalanan Surabaya Jakarta jadi menyenangkan dan tidak ribet. Intip, yuk!

  • Batasi Barang Bawaan

Berbeda dengan kendaraan pribadi, ruang penyimpanan barang pada transportasi umum cukup terbatas. Apalagi Anda harus berbagi dengan penumpang lainnya. 

Sekalipun Anda bisa menempatkan barang di bagasi, namun hal tersebut akan merepotkan bila nantinya harus turun di luar terminal atau pool bus. Pasalnya, penumpang perlu meminta bantuan kepada kondektur dan masih harus berjuang mengeluarkan barang dari tumpukan barang penumpang lainnya. 

Oleh karena itu, tips pertama adalah bawa barang seperlunya saja agar dapat ditempatkan di area yang bisa dijangkau.

  • Gunakan Pakaian yang Nyaman

Karena perjalanan bus antar provinsi memakan banyak waktu dan aktivitas di dalamnya hanya duduk dan sejenak berdiri, memakai pakaian yang nyaman sangat penting saat bepergian. 

Bus-bus yang beroperasi umumnya dilengkapi dengan penyejuk ruangan (AC). Bila terpapar AC secara terus-menerus, tubuh pun akan merasa dingin. Nah, salah satu tips untuk menghalau udara dingin adalah dengan menggunakan alas kaki tertutup serta pakaian yang sedikit tebal atau jaket. 

Jika tak betah dengan suasana gerah, Anda bisa menggunakan baju berbahan cotton combed, katun, atau linen karena jenis kain tersebut terasa dingin di kulit. 

  • Cari Operator Bus yang Melayani Rute Surabaya-Jakarta

Tips selanjutnya adalah pilih operator bus yang tepat. Kalau bisa sih, sekalipun berharga murah, fasilitas yang disediakan tetap memadai. Biar lebih praktis, Anda dapat mengakses halaman redBus untuk melakukan pemesanan tiket bus online.

Beberapa operator bus yang menyediakan rute Surabaya Jakarta adalah Sinar Jaya, Harapan Jaya, Kramat Djati Jakarta, Pahala Kencana, Karina, dan Sari Indah. Adapun tarif per orangnya dibanderol mulai dari Rp210.000-Rp430.000 dengan pilihan armada tipe executive AC sampai suite class. 

  • Cermat Memilih Kursi

Bagi penumpang yang punya kebiasaan mabuk darat, pilihlah posisi duduk secara tepat agar perjalanan Anda terasa nyaman. Sarannya, hindari kursi yang lokasinya berada tepat di atas roda karena kursi tersebut menjadi lokasi yang paling merasakan guncangan selama perjalanan. Jika memesan tiket lewat redBus, kabar baiknya penumpang bisa leluasa memilih lokasi duduknya sendiri. 

  • Bawalah Bantal Leher dan Selimut

Tak jarang penumpang akan merasa mengantuk ketika perjalanan. Supaya tidur sedikit lebih nyaman, tak ada salahnya bila Anda membawa bantal leher maupun selimut untuk melindungi tubuh dari udara dingin. 

  • Bekali Diri dengan Obat-Obatan Pribadi Sampai Hand Sanitizer

Terakhir bawalah obat-obatan pribadi sampai hand sanitizer serta tisu basah. Ingat, saat ini Indonesia masih darurat Covid-19. Oleh karena itu kedua perlengkapan tadi dibutuhkan selama perjalanan agar tangan tetap steril.

Ayo Pesan Tiketnya di redBus!

Itu tadi tips nyaman bepergian jauh yang bisa dipraktikkan. Setelah membaca informasi di atas, Anda bisa mulai mencari tiket bus online via redBus. Cara pemesanannya cukup mudah kok. 

Silakan masukkan lokasi keberangkatan dan tujuan, kemudian pilih tanggalnya. Setelah itu, halaman redBus akan menampilkan pilihan operator bus Surabaya Jakarta yang tersedia. Pilih opsi yang sesuai, lalu tekan tombol Lihat Tempat Duduk untuk memilih kursi. Proses akan dilanjutkan dengan mengisi detail penumpang dan diakhiri dengan kirim pembayaran. 

Untuk menjaga keselamatan penumpang dari penularan virus Covid-19, melalui program Safety+ dari redBus, setiap operator bus wajib mengukur suhu tubuh sebelum keberangkatan, menggunakan masker selama perjalanan, menyediakan hand sanitizer, tidak menyediakan selimut, serta melakukan sterilisasi di bagian dalam bus menggunakan disinfektan sebelum dan sesudah melakukan perjalanan. 

Bukan hanya operator bus, penumpang juga wajib dites suhu tubuhnya dan wajib memakai masker.

Leave a Reply