Perjalanan Bus

Tip Aman Naik Bus Padang Medan dengan Sempati Star

Sebagai perintis bus double decker di Medan, Sempati Star termasuk populer. Jadi, jangan heran apabila PO ini memiliki banyak rute populer baik antarkota di Pulau Sumatera atau lintas Sumatera—termasuk salah satunya bus Padang Medan. Untuk rute ini, Sempati Star menyediakan kelas eksekutif dengan fasilitas cukup memadai.

Rute Padang Medan termasuk salah satu rute yang memerlukan waktu tempuh panjang, yaitu sekitar 23 jam. Harapannya dengan fasilitas tersebut, penumpang dapat menikmati perjalanan mereka secara nyaman. Namun, selain upaya dari bus, diperlukan pula usaha dari para penumpang untuk urusan keamanan.

Sebagai referensi, berikut beberapa tip aman naik bus Sempati Star asal Padang dengan tujuan Kota Medan, di antaranya:

1. Tetap Fokus saat Naik atau Turun dari Bus

Salah satu celah kriminalitas yang banyak ditemui di lapangan adalah kelalaian penumpang terhadap bawaan mereka ketika naik atau turun bus. Terlebih lagi, saat turun, penumpang di belakang terlalu mendesak dan terburu-buru yang akhirnya membuat kita panik. Hal tersebut bisa jadi peluang bagi pencopet untuk mengambil barang bawaan Anda.

Untuk menghindari hal ini, usahakan tetap fokus saat naik atau turun dari bus. Jika tidak terlalu buru-buru, Anda bisa menunggu sampai semua penumpang turun. Sebelum benar-benar meninggalkan bus, periksa kembali barang bawaan agar tidak ada yang tertinggal.

2. Menggunakan Pakaian yang Nyaman dan Hangat

Tip yang kedua adalah menggunakan pakaian yang nyaman sekaligus hangat. Nyaman berarti menggunakan sesuatu yang memudahkan gerak Anda, seperti celana dan sepatu sneaker. Gunakan pula pakaian hangat untuk meminimalisasi rasa kedinginan selama berada di dalam bus ber-AC.

Meskipun mungkin beberapa bus, termasuk Sempati Star, menyediakan selimut dan bantal. Namun, selama pandemi, fasilitas tersebut dibatasi untuk mengurangi dampak penyebaran COVID-19. Anda bisa memakai jaket, sweater, hoodie, atau kaus kaki agar tubuh terasa hangat.

3. Bawa Makan dan Minuman Sendiri

Perjalanan Padang Medan yang ditempuh selama 23 jam mungkin terasa membosankan. Untuk mengalihkan pikiran, Anda bisa memakan camilan atau kue kering. Agar tidak tekor karena membeli di jalan, bawalah kudapan dan minuman sendiri untuk mengatasi rasa bosan. Tetap perlu diingat—batasi intensitas Anda membuka tutup masker saat ingin mengonsumsi sesuatu.

Sempati Star pun sebenarnya sudah menyediakan konsumsi, tetapi konsumsi tersebut berupa makanan berat yang bisa dinikmati saat bus mampir ke rest area. Terlebih lagi, pemberian snack selama perjalanan sudah dibatasi di masa pandemi ini. 

4. Gunakan Masker dan Selalu Cuci Tangan

Bepergian saat pandemi memang dilarang oleh pemerintah. Namun, jika ada hal yang mendesak, mau tidak mau kita harus bepergian. Untuk membuat perjalanan aman dan menjaga kondisi badan senantiasa sehat, jangan lupa menggunakan masker double (masker medis dan masker kain) dan tidak melepasnya sama sekali selama traveling.

Selain itu, pastikan untuk selalu mencuci tangan memakai sabun atau hand sanitizer. Jadi, selain barang-barang pribadi seperti dompet dan handphone, jangan lupa untuk membawa beberapa masker serta hand sanitizer atau semprotan disinfektan.

5. Membeli Tiket Bus Padang Medan Secara Online

Untuk menghindari kontak fisik selama pandemi, sebaiknya lakukan booking dan pembelian tiket bus secara online melalui aplikasi. Salah satu aplikasi yang bisa Anda gunakan adalah redBus. Aplikasi ini bisa dipasang di smartphone Android ataupun Apple dan memiliki user interface yang cukup mudah.

Selain mudah, metode pembayaran yang bisa dipilih pun beragam. Jadi, Anda benar-benar tidak perlu keluar rumah ketika memilih membayar melalui transfer bank atau menggunakan kartu debit dan kredit. Sebagai bukti pembelian, redBus akan mengirimkan tiket bus elektronik ke email yang didaftarkan.

Ketika akan berangkat, Anda hanya perlu menunjukkan tiket bus online tersebut kepada staf bus. Selain praktis, pembelian melalui redBus juga biasanya lebih terjangkau karena ada diskon khusus atau promo yang bisa dimanfaatkan.

Jadi, sudah siap melakukan perjalanan secara aman menggunakan bus Padang Medan Sempati Star? Semoga tip di atas bermanfaat, ya.

Leave a Reply