Tips Travel

5 Tip Aman Naik Bus Malang Jakarta

Kejahatan bisa terjadi di mana saja, termasuk ketika sedang naik kendaraan umum seperti bus. Meskipun begitu, jangan terlalu takut apalagi khawatir saat menggunakan jasa bus termasuk armada AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) seperti bus Malang Jakarta. Berikut beberapa tip aman naik bus sebagai referensi.

1. Letakkan Barang Berharga di Dekat Kita

Jika membawa banyak barang, sebaiknya pilih dan pilah dulu beberapa barang darurat dan berharga yang sekiranya dibutuhkan sewaktu-waktu. Tiket bus, handphone, laptop, atau dompet sebaiknya diletakkan dalam sebuah tas yang mudah dijangkau dan bisa dibawa ke mana-mana. Barang lain seperti baju atau perlengkapan mandi bisa Anda letakkan di bagasi bus.

Selain memudahkan kita, tip ini akan sangat bermanfaat jika terjadi kondisi darurat seperti bus mendadak mogok, mengalami kecelakaan, atau hal-hal tidak diinginkan lainnya. Tidak hanya itu, meminimalisasi barang bawaan dan meletakkannya di dekat kita juga dapat mengurangi risiko kecopetan, entah di dalam ataupun luar bus.

2. Jangan Tidur Terlalu Pulas

Meskipun bus yang dikendarai kelas eksekutif ataupun bisnis sehingga tidak ada orang keluar masuk, pastikan untuk tidak tidur terlalu pulas selama perjalanan. Jika harus tidur, pastikan barang-barang Anda berada di tempat yang aman. Selain untuk menjaga barang, tidak tidur terlalu pulas akan membuat kita selalu waspada dan siap menghadapi kondisi apa pun.

Tip ini berlaku bagi yang bepergian sendiri. Untuk yang melakukan perjalanan dengan keluarga atau teman, Anda mungkin bisa bergantian tidur agar keselamatan satu sama lain bisa saling dijaga.

3. Tidak Mudah Panik

Salah satu penyebab tingginya angka kematian saat kecelakaan transportasi darat adalah karena penumpang bus cenderung mudah panik. Kebanyakan cenderung fokus pada jalan keluar utama sehingga terjebak dan menimbulkan kecelakaan lain yang tidak diharapkan.

Inilah alasan sebelum menaiki bus, pastikan Anda tahu di mana letak alat pemecah kaca dan akses keluar darurat baik melalui atap ataupun jendela. Pengetahuan ini akan membuat kita siap menghadapi segala kondisi darurat. Dengan begitu, ketika terjadi kecelakaan, kebakaran, mogok, atau kondisi darurat lain, rasa panik bisa diminimalisasi. 

4. Menerapkan Protokol Kesehatan

Sejak pandemi berlangsung setahun lalu, banyak kebiasaan baru yang harus dipelajari agar kita senantiasa sehat. Salah satunya adalah penerapan protokol kesehatan selama melakukan perjalanan menggunakan bus. Protokol tersebut adalah memakai masker, tidak berbicara selama perjalanan, kurangi makan dan minum, menjaga jarak, serta selalu mencuci tangan menggunakan sabun atau handsanitizer.

Langkah ini dilakukan untuk meminimalisasi angka penyebaran virus Corona, terutama ketika kita melakukan perjalanan jauh seperti bus rute Malang Jakarta. Selain itu, gunakan pakaian yang nyaman dan tertutup untuk meminimalisasi risiko kontak fisik dengan kursi, pegangan tangan, atau tepi jendela selama perjalanan.

Meskipun begitu, Anda tidak perlu terlalu parno. Pasalnya, saat ini setiap armada juga menerapkan protokol kesehatan dengan cara menyemprot armada mereka menggunakan disinfektan baik sebelum ataupun sesudah perjalanan. Ini juga termasuk armada rute Malang Jakarta yang bisa dipesan melalui redBus.

5. Pesan Tiket Bus Malang Jakarta Secara Online

Selain empat tip di atas, Anda juga bisa mendapatkan perjalanan nyaman dengan melakukan pemesanan tiket bus secara online melalui aplikasi seperti redBus. Dengan melakukan aplikasi menggunakan aplikasi, Anda tidak perlu repot datang ke agen atau terminal untuk memperoleh tiket.

Selain itu, memesan tiket bus online juga akan meminimalisasi risiko kontak fisik dengan orang lain selama pandemi. Saat memesan tiket melalui aplikasi, semua hal bisa dilakukan dengan mudah mulai dari memilih rute, bus yang tersedia, waktu keberangkatan, hingga menentukan tempat duduk.

Praktis, bukan?

Nah, itulah beberapa tip aman saat menaiki bus. Tip ini tidak hanya berlaku untuk bus Malang Jakarta saja, tetapi juga rute dan armada lainnya. Semoga tip di atas bermanfaat, selamat travelling.

Leave a Reply