Tips Travel

Perbedaan Bus VIP dan Eksekutif

Tak berbeda jauh dengan layanan transportasi lainnya, Perusahaan Otobus (PO) juga menyediakan sejumlah kelas bus bagi penumpang. Kelas paling umum dan banyak diminati adalah kelas ekonomi. Selanjutnya didominasi oleh kelas bisnis, VIP, dan eksekutif. Menariknya, banyak penumpang yang tak menyadari perbedaan bus VIP dan eksekutif. Meskipun keduanya menawarkan kenyamanan, VIP class dan executive class hadir dengan keunggulan masing-masing. 

Ini Perbedaan Antara Bus VIP dan Eksekutif

Bus VIP merupakan singkatan dari Very Important Person yang lebih unggul dari kelas ekonomi maupun bisnis. Bisa dibilang, VIP adalah peralihan dari kelas sebelumnya dengan pelayanan dan fasilitas lebih baik. Sementara bus eksekutif setingkat lebih tinggi dibandingkan kelas VIP. Tentunya, kelas eksekutif menawarkan lebih banyak keunggulan yang akan membuat Anda merasa nyaman dan aman di perjalanan. 

Supaya lebih jelas, simak perbedaan bus VIP dengan bus eksekutif berikut ini. 

Jenis Bus

Secara umum, kelas VIP dan eksekutif lebih sering menggunakan bus jenis Super High Deck (SHD) dan High Deck Double (HDD) Glass. Meskipun demikian, beberapa PO menggunakan bus Double Decker (DD) atau tingkat untuk kelas eksekutif. Tentunya dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan kelas eksekutif bus jenis SHD dan HDD. 

Jadwal Keberangkatan

Mulanya, bus VIP hanya tersedia untuk bus malam saja. Namun, lambat laun, makin banyak PO yang menyediakan bus kelas VIP untuk perjalanan antarkota maupun antarprovinsi. Alhasil, jadwal keberangkatan bus VIP menjadi lebih bervariasi, tidak hanya di malam hari, melainkan juga pagi dan siang hari. Tak berbeda dengan kelas VIP, jadwal keberangkatan bus kelas eksekutif juga tersedia dari pagi hingga malam hari. 

Jumlah Seat

Bus VIP menerapkan konfigurasi 2-2 dengan total tempat duduk sekitar 28 hingga 40 penumpang, sesuai dengan jenis bus yang digunakan. Konfigurasi ini memberikan Anda ruang yang lebih lega. Pasalnya, jarak antara kursi yang satu dengan lainnya, baik dari depan maupun samping cukup luas. Anda akan merasa nyaman untuk menyanderkan tubuh atau menyelonjorkan kaki. 

Jika bus VIP saja sudah memberikan kenyamanan yang menyenangkan, maka bus eksekutif dua kali lebih nyaman. Bus eksekutif memiliki dua jenis konfigurasi, yakni 2-2 dan 2-1, tergantung PO bus. Jumlah seat kelas eksekutif bus medium sekitar 25, sedangkan bus ukuran besar mencapai 40 tempat duduk.

Fasilitas

Pada dasarnya, fasilitas antara bus kelas VIP dengan eksekutif tak jauh berbeda. Fasilitas kelas VIP, meliputi recleaning seat, leg rest, arm rest, charger, WiFi, TV LCD, AC, dispenser, bantal, selimut, dan toilet (pada sejumlah operator bus). Sementara bus eksekutif menawarkan fasilitas lebih banyak, yakni seluruh fasilitas yang tersedia di kelas VIP ditambah dengan AVOD (Audio Video on Demand), seat belt, foot rest, DVD/MP3, coolbox, USB charging power plug, lampu baca, parfum semprot otomatis, snack, makanan prasmanan, dan smoking room

Pelayanan

Baik bus VIP maupun eksekutif memiliki pelayanan yang sangat baik dan ramah. Kebersihan kabin, tempat duduk, toilet, dan smoking room sangat diperhatikan. Begitu juga dengan kerapian kondektur dan sopir bus yang biasanya menggunakan seragam bertuliskan PO asal. 

Tarif

Tarif tiket bus VIP biasanya dua kali lebih mahal daripada ekonomi. Besaran tarif juga menyesuaikan jarak. Makin jauh jarak yang ditempuh, makin mahal tarif yang dikenakan. Umumnya, bus kelas VIP dibanderol Rp150.000,00 ke atas. Sementara kelas eksekutif dibaderol mulai dari Rp200.000,00 ke atas.   

Demikianlah informasi mengenai perbedaan bus VIP dan eksekutif yang perlu Anda ketahui. Terlepas dari perbedaan keduanya, bus VIP maupun eksekutif bisa Anda jadikan sebagai pilihan ketika hendak bepergian. Asyiknya, kini Anda tak perlu repot memesan tiket, sebab tersedia pemesanan tiket bus online melalui redBus. Nikmati kemudahan memilih bus sesuai bujet dan tanggal keberangkatan dengan harga bersaing.

Leave a Reply