Tips Travel

Tips Memilih PO Bus Aman dan Nyaman di Masa Pandemi

Pandemi Covid-19 belum berakhir, tetapi tidak berarti masyarakat berhenti beraktivitas di luar rumah. Beberapa aktivitas penting harus tetap dijalankan untuk menjaga stabilitas ekonomi dan sosial. Khususnya, bagi Anda yang memiliki pekerjaan sebagai pengusaha, mobilitas tinggi tentu tak bisa dihindari.

Jika memiliki rencana bepergian ke luar kota dalam waktu dekat, pastikan memilih PO bus yang tepat. Sebagai pedoman, Anda bisa menerapkan lima tips naik bus saat pandemi berikut ini.

  • Pilih PO Bus yang Menerapkan Protokol Kesehatan

Protokol kesehatan dibuat untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 ketika seseorang berada di luar rumah. Aturan tersebut pun berlaku saat berada di dalam bus. Pasalnya, Anda akan bertemu banyak orang dan menempati kursi yang sebelumnya sudah digunakan.

Adapun protokol kesehatan yang biasa diterapkan oleh pihak PO bus, yaitu memakai masker, sarung tangan, serta menjaga jarak. Penumpang juga wajib mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer sebelum masuk ke bus. Pengecekan suhu tubuh pun kerap dilakukan untuk memastikan kesehatan penumpang.

  • Pastikan PO Bus Menyediakan Tiket Online

Tips kedua; Anda harus memilih bus yang menawarkan layanan pembelian tiket bus secara online untuk menghindari kerumunan. Pasalnya, kerumunan menjadi salah satu media penularan virus Covid-19 tercepat.

Selain terhindar dari risiko tertular virus, memesan tiket secara online lebih cepat dan praktis. Anda hanya perlu memesannya via smartphone atau personal computer yang terhubung internet.

Jika agen PO bus tidak menyediakan layanan online, Anda bisa memesan tiket melalui situs redBus. Website sekaligus aplikasi ini menawarkan banyak armada dari berbagai pilihan PO bus ternama di Indonesia. Selain itu, cara pemesanannya pun sederhana dengan sistem pembayaran beragam.

  • Cek Fasilitas Armada yang Akan Digunakan

Selain protokol kesehatan, Anda pun harus memerhatikan fasilitas dari PO bus. Pasalnya, fasilitas tersebut akan menunjang kenyamanan penumpang di dalam bus. Tentunya, kenyamanan menjadi salah satu faktor yang memengaruhi kondisi fisik penumpang selama perjalanan.

Beberapa fasilitas yang semestinya ada di dalam bus, antara lain reclining seat, charging port di tiap kursi, serta penyangga kaki. Sebagai tambahan, Anda bisa mengecek ketersediaan fasilitas TV, WiFi, bantal, serta selimut.

  • Cek Reputasi PO Bus

Sebelum memilih PO bus, sebaiknya Anda mengecek riwayat perjalanan armadanya. Pastikan PO bus tersebut memiliki armada terbaik dengan pelayanan prima. Di samping itu, cek juga kualitas driver bus melalui testimoni yang penumpang sebelum Anda.

Untuk mendapatkan testimoni mengenai PO bus, Anda bisa browsing di internet. Jika tidak menemukan informasi tersebut di internet, carilah informasi ke saudara atau teman yang pernah menggunakan fasilitasnya.

Fasilitas tiap kelas bus umumnya berbeda. Semisal, bus kelas medium menyediakan full AC, sedangkan kelas ekonomi non-AC. Begitu pula ketika Anda memilih bus eksekutif, perbandingannya harus dengan armada tipe yang sama.

  • Pastikan Kebersihan dan Keamanan Bus

Kebersihan merupakan salah satu hal yang menentukan kenyamanan Anda selama berada di dalam bus. Sebelum memilih PO bus, carilah informasi seputar kebersihan kabin bus. Anda dapat bertanya kepada penumpang lain atau mengamati armadanya secara langsung.

Jika di kabin terdapat banyak sampah, berarti kru armada kurang memerhatikan kebersihan. Sampah tersebut umumnya berasal dari kebiasaan sebagian penumpang yang membuang sembarangan.

Sebaliknya, PO bus yang memerhatikan kebersihan, pasti memiliki staf khusus yang mengecek armada sebelum diberangkatkan. Staf tersebut biasanya menyapu lantai bus, mengelap kursi, serta memastikan tidak ada sampah tercecer di kabin.

Tidak hanya kebersihan, faktor keamanan juga mesti Anda prioritaskan dalam memilih bus. Keamanan tersebut mencakup ketersediaan peralatan keselamatan penumpang, seperti sabuk pengaman, pemecah kaca, dan pemadam kebakaran.

Demikian ulasan singkat tentang tips naik bus saat pandemi yang harus diperhatikan. Untuk memudahkan pemesanan tiket, Anda bisa menggunakan platform atau aplikasi redBus. Cara memesannya mudah; cukup tentukan kota asal dan tujuan Anda, kemudian klik “Cari Bus”. Nantinya, sistem menampilkan beberapa pilihan PO bus. Praktis, bukan?

Leave a Reply