Bus Sinar Jaya

Jadi Bus Sejuta Umat, Inilah Beberapa Rute Populer Milik Bus Sinar Jaya

Selain kereta api dan pesawat, sampai saat ini bus masih menjadi transportasi umum favorit masyarakat yang hendak melakukan perjalanan ke luar kota. Tarif murah dan mampu menjangkau banyak daerah menjadi alasan utama layanan bus tetap eksis sampai sekarang. Di antara banyak perusahaan otobus yang ada di tanah air, salah satunya adalah PO Sinar Jaya. Memiliki banyak armada membuat PO Sinar Jaya sering disebut sebagai bus sejuta umat. Mau tahu lebih banyak mengenai sejarah dan rute populer yang disediakan oleh bus Sinar Jaya? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

 

Sekilas Tentang Bus Sinar Jaya

Dilansir dari situs resmi Sinar Jaya Group, bus ini lahir pada tahun 1982 berkat tangan dingin Herman Rusly dan H. Rasidin Karyana. Saat itu, bus Sinar Jaya mendiami pool dan bengkel dengan luas 10.000 meter di kawasan Jl. Diponegoro No.70, Jakarta. 

Di perjalanan perdananya, PO Sinar Jaya menyediakan layanan bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) dengan rute Bekasi-Jonggol. Setelah setahun mengaspal, Sinar Jaya mulai meluaskan trayeknya dengan membuka rute di Jawa Tengah. Hingga akhirnya PO satu ini pun mendirikan kantor cabangnya di Brebes tahun 1994. 

Setelah mendirikan kantor kedua, Sinar Jaya kemudian mulai mengeksplorasi trayek dari Jakarta ke kota-kota di Jawa Tengah seperti Purbalingga, Tegal, Wonosobo, dan Purwokerto. Melihat animo masyarakat yang besar, PO Sinar Jaya kemudian tak ragu untuk membuka rute baru seperti Jakarta-Surabaya dan Jakarta-Yogyakarta. 

Tak berhenti sampai di situ, sejumlah layanan terbaru seperti trayek Jabodetabek Airport Connexion hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Satu lagi, PO Sinar Jaya juga menghadirkan armada tipe sleeper bus sehingga penumpang bisa beristirahat dengan nyaman selama perjalanan. 

 

Rute Populer Bus Sinar Jaya

Berikut ini sejumlah rute populer dari Sinar Jaya. Pada ulasan di bawah, Anda juga bisa melihat jadwal dan harga tiket terkini. 

  • Sukoharjo-Tangerang

Rute yang pertama adalah Sukoharjo ke Tangerang. Rute ini dibanderol seharga Rp180.000. Untuk menikmati layanan Sinar Jaya Sukoharjo-Tangerang, bus ini tersedia mulai pukul 12.45 WIB sampai 17.00 WIB. 

  • Wonogiri-Bekasi

Rute populer kedua yaitu Wonogiri ke Bekasi. Sama seperti poin sebelumnya, Wonogiri ke Bekasi dibanderol seharga Rp180.000 dan tersedia mulai pukul 09.30 WIB sampai 16.30 WIB. 

  • Surabaya-Jakarta

Sinar Jaya turut melayani rute perjalanan dari Surabaya ke Jakarta. Berangkat dari pukul 07.00 WIB-19.00 WIB, tarif Surabaya-Jakarta dibanderol mulai Rp270.000 hingga yang termahal Rp450.000. 

  • Bekasi-Purworejo 

Jika Anda berangkat dari Bekasi ke Purworejo, Anda bisa memanfaatkan layanan Sinar Jaya. Harga tiketnya dijual mulai Rp140.000 sampai Rp160.000. Mengenai jadwal perjalanan, bus akan berangkat pada pukul 16.00 WIB dan tersedia hingga 18.30 WIB.

  • Semarang-Jakarta

Trayek terpopuler dari Sinar Jaya selanjutnya adalah Semarang ke Jakarta. Untuk perjalanan ini, harga tiketnya dipatok sebesar Rp160.000 sampai Rp170.000 dengan jadwal keberangkatan mulai pukul 07.00 WIB hingga 19.35 WIB.

  • Yogyakarta-Jakarta

Anda bisa menaiki Sinar Jaya jika ingin menjangkau Jakarta dari Yogyakarta.  Bus yang tersedia di pukul 06.45 WIB hingga 15.50 WIB ini memasang tarif seharga Rp150.000-Rp300.000. Kalau Anda tertarik, jadwal selengkapnya bisa dicek di halaman redBus.  

  • Solo-Jakarta

Terakhir adalah rute Solo ke Jakarta. Bus dijadwalkan berangkat sejak pukul 07.20 WIB dan terakhir pukul 17.35 WIB. Supaya bisa memanfaatkan fasilitas bus, penumpang perlu menyiapkan bujet sekitar Rp170.000-Rp300.000.

 

Itulah ringkasan mengenai sejarah lengkap dengan informasi tentang rute populer Sinar Jaya. Bagi Anda yang berminat memesan tiket bus untuk rute perjalanan di atas, silakan buka website atau aplikasi redBus dan pilih tanggal keberangkatannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.