Bus-ke-Kudus

Bepergian Naik Bus ke Kudus, Jangan Lupa Cicipi 5 Kuliner Khas Ini Bus ke Kudus

Kudus di Jawa Tengah terkenal sebagai kota penghasil rokok kretek. Meski begitu, daya tarik yang dipunyai oleh Kudus tidak hanya itu. Saat melakukan perjalanan naik bus ke Kudus, Anda dapat pula merasakan pengalaman kuliner unik yang sulit ditemukan di kota lain. Nah, bagi Anda yang punya rencana bepergian naik bus ke Kudus, pastikan untuk mencicipi kuliner khas kota ini. Untuk membantu Anda dalam melakukan perburuan kuliner dengan lebih mudah, berikut ini lima rekomendasi makanan khas Kudus yang wajib dicoba: 

  • Soto Kudus

Rekomendasi kuliner yang pertama adalah soto. Namun, soto yang bisa Anda cari di Kudus bukan soto biasa, melainkan soto kudus. Soto kudus mempunyai kuah bening yang disertai dengan tambahan berupa kecambah, seledri, dan bawang goreng. Mencicipi soto Kudus bakal terasa sangat menyegarkan. 

Berbeda dengan soto di tempat lain yang umumnya menggunakan daging sapi atau ayam, soto kudus kerap disajikan dengan potongan daging kerbau. Meski begitu, tidak sedikit pula tempat makan yang menyediakan soto kudus menggunakan daging ayam. Jadi, bagi yang enggan mencicipi daging kerbau, Anda bisa memilih alternatif tersebut. 

  • Lentok Tanjung

Lentok tanjung sering digunakan oleh masyarakat Kudus sebagai menu sarapan. Anda bisa menjumpai penjual lentok tanjung di sekitar Alun-Alun Kota Kudus. Saat mencicipi lentok tanjung, Anda akan mendapati kalau makanan ini terlihat sangat mirip dengan lontong cap go meh. Perbedaannya terletak pada kuah berisi jangan gori yang merupakan olahan sayur nangka muda. 

Makanan khas Kota Kudus ini merupakan sajian yang sederhana, tanpa disertai lauk berupa daging kerbau atau ayam. Sebagai gantinya, lentok tanjung dilengkapi dengan potongan tahu, tempe, serta telur. Anda pun bisa menyantapnya dengan disertai lauk pendamping berupa telur puyuh, sate usus, dan lain sebagainya. 

  • Sate Kerbau

Kuliner sate kerbau jadi sajian kuliner khas Kudus yang wajib Anda cicipi selanjutnya. Dibandingkan dengan daging sapi, sate yang terbuat dari potongan daging kerbau punya keunikan tersendiri. Teksturnya cukup keras dan memerlukan penanganan khusus biar terasa empuk saat disantap. 

Dalam penyajiannya, sate kudus menggunakan bumbu yang mempunyai rasa sangat kuat. Anda dapat menikmatinya cukup dengan nasi putih beralas daun jati. Sebagai tambahan, terdapat lalapan berupa cabe rawit dan saus serundeng. Di Kudus, sate kerbau dijual dengan harga per biji. Jadi, Anda bisa mencoba untuk mencicipinya tanpa perlu pesan terlalu banyak. 

  • Nasi Jangkrik

Makanan enak dan unik yang bisa Anda cicipi saat bepergian naik bus ke Kudus selanjutnya adalah nasi jangkrik. Meski namanya nasi jangkrik, Anda tidak akan menjumpai serangga jangkrik di dalamnya. Sebagai gantinya, nasi jangkrik menggunakan lauk berupa daging kerbau yang dipotong dadu dan disertai kuah bersantan. 

Nasi jangkrik merupakan sajian yang legendaris di Kudus. Cara penyajiannya biasa dilakukan dengan bungkus berupa daun jati. Tampilannya memang terlihat sederhana. Namun, siapa yang menyangka kalau proses pembuatannya sangat rumit sehingga menghasilkan daging kerbau yang empuk dengan bumbu yang meresap sampai ke dalamnya.

  • Opor Bakar

Sajian opor ayam sudah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Namun, Anda berkesempatan menikmati opor dalam bentuk yang berbeda. Di sini, Anda bisa menjumpai keberadaan kuliner khas yang disebut opor bakar atau opor bakar sunggingan. 

Opor ini dibuat dengan bahan dasar berupa ayam kampung. Daging ayam tersebut dimasak menggunakan kuah opor. Selanjutnya, ayam itu akan dibakar di atas arang tanpa menggunakan sekat. Jadi, arang menempel secara langsung pada kulit ayam. 

Nah, itulah lima rekomendasi kuliner khas Kudus yang dapat Anda cicipi ketika melakukan perjalanan naik bus ke Kudus. Anda pun bisa merasakan pengalaman kuliner tersebut dengan memilih layanan pemesanan tiket bus yang praktis dan nyaman via redBus. 

Selamat berlibur dan berburu kuliner enak, ya. 

Suka bacaan ini? Cobalah juga membaca yang berikut ini Berikut Panduan Beli Tiket Bus ke Medan di redBus

Leave a Reply

Your email address will not be published.