Liburan Naik Bus ke Semarang, Ini 5 Destinasi Menarik yang Bisa Anda Kunjungi

Kota Semarang termasuk salah satu destinasi wisata populer di Jawa Tengah, apalagi kota ini punya keunikan pada keanekaragaman budaya di dalamnya. Anda pun bisa menghabiskan waktu berkunjung ke berbagai destinasi menarik serta kuliner enak. Semua itu dapat Anda peroleh dengan menggunakan layanan bus ke Semarang. 

Karena popularitas wisatanya, Anda bisa menemukan banyak operator bus yang melayani transportasi tujuan Semarang dari berbagai kota di Indonesia. Oleh karenanya, Anda punya kebebasan dalam memilih bus kelas ekonomi, bisnis, double decker, dan lain sebagainya. Terlebih lagi, Anda memesan tiket bus menggunakan layanan redBus. 

Sesampainya di Semarang, Anda dapat menghabiskan waktu berkunjung ke berbagai tempat menarik. Sebagai rekomendasi, berikut ini lima destinasi wisata populer yang dapat Anda datangi saat menggunakan layanan bus ke Semarang: 

  • Kota Lama Semarang

Rekomendasi destinasi yang pertama adalah Kota Lama Semarang. Saat berada di sini, Anda akan menemukan suasana ala Eropa yang sangat kental, palagi bangunan tua bergaya kolonial di kawasan ini masih terjaga dengan baik. Kawasan ini kerap digunakan oleh para wisatawan untuk berburu foto unik. Selain itu, Kota Lama Semarang juga sering dipakai untuk sarana foto prewedding. 

Dari sekian banyak bangunan tua di Kota Lama Semarang, sempatkan waktu untuk berkeliling Gereja Blenduk. Bangunan ini dikenal sebagai gereja tertua di wilayah Jawa Tengah dan mempunyai desain arsitektur unik dengan atap berbentuk dome. Selain itu, Anda bisa pula memilih untuk bersantai di Taman Srigunting yang ada di tengah-tengah wilayah Kota Lama Semarang. 

  • Lawang Sewu

Tidak lengkap liburan naik bus ke Semarang kalau tidak berhenti sejenak di Lawang Sewu. Tempat yang satu ini memang terkenal sebagai ikon wisata Kota Semarang. Desain bangunannya yang unik berkat adanya jendela dan pintu berukuran besar membuatnya memperoleh sebutan sebagai Lawang Sewu atau seribu pintu. 

Lawang Sewu jadi tempat yang pas bagi Anda untuk berburu foto dengan latar belakang retro. Selain itu, bangunan yang saat ini berfungsi sebagai museum juga jadi sarana tepat untuk wisata edukatif. Anda bisa belajar tentang proses pembuatan kereta api dari awal sampai selesai. Selain itu, ada pula miniatur lokomotif di dalamnya. 

  • Pagoda Avalokitesvara

Keunikan wisata Kota Semarang selanjutnya bisa Anda temukan di Pagoda Avalokitesvara yang terletak di Jl. Perintis, Watugong, Semarang. Lokasinya dapat Anda jumpai berhadapan dengan Markas Kodam IV Diponegoro. Anda pun bakal merasakan suasana selayaknya seperti di Negeri Tiongkok saat mengunjungi pagoda ini. 

Fakta menarik, Pagoda Avalokitesvara merupakan bangunan pagoda tertinggi yang ada di Indonesia. Ketinggiannya mencapai 45 meter dan terdiri dari 7 tingkat. Tempat ini menjadi lokasi pelaksanaan ritual tjiam shi umat Buddha yang bertujuan untuk mengetahui nasib manusia. Selain itu, wisatawan bisa pula memperoleh ramalan masa depan. 

  • Museum Kereta Api Ambarawa

Saat liburan naik bus ke Semarang, Anda perlu pula menyempatkan waktu berkunjung ke Museum Kereta Api Ambarawa. Tempat ini bakal jadi destinasi yang menarik bagi Anda untuk belajar tentang sejarah kereta api di Indonesia. Anda pun bakal menjumpai deretan koleksi antik berkaitan dengan kereta api yang dipamerkan. 

Saat berada di Museum kereta Api Ambarawa, Anda tidak hanya berkesempatan untuk berburu foto kereta api. Namun, jangan lewatkan pula pengalaman seru menaiki kereta api uap yang secara khusus ditujukan bagi para wisatawan. Ada dua pilihan rute kereta api uap yang bisa Anda tumpangi, yaitu Ambarawa-Tuntang PP dan Ambarawa-Bedono PP.

  • Pasar Semawis

Memasuki malam hari di Kota Semarang, datanglah ke Pasar Semawis. Di sini, Anda akan menemukan deretan penjaja makanan yang menyediakan berbagai menu. Tak hanya berburu kuliner, Anda juga akan memperoleh bonus berupa suasana khas Pecinan kuno yang masih terasa kental.

Pasar Semawis jadi pertimbangan tepat bagi Anda yang ingin berburu kuliner khas Tionghoa. Selain itu, Anda bisa pula berburu kuliner khas Semarang selama di tempat ini. Bagi wisatawan muslim, pastikan untuk teliti sebelum bertransaksi karena banyak pedagang yang menyediakan menu nonhalal. 

Itulah lima destinasi seru yang bisa Anda kunjungi saat liburan naik bus ke Semarang. Yuk, segera rencanakan liburan Anda dan pesan tiket bus hanya di redBus. 

Suka bacaan ini? Cobalah juga membaca yang berikut ini – Berikut Harga Tiket dan Jadwal Travel Semarang Malang 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published.