Travel Jakarta Bali

Tips Memilih Bus Ideal untuk Travel Jakarta Bali

Bali merupakan salah satu pulau di Indonesia dengan daya tarik dan karakteristik tersendiri. Pulau ini juga memiliki banyak tempat-tempat indah yang panoramanya masih alami. Selain itu, Bali kaya akan budaya sehingga menarik wisatawan mancanegara untuk mengunjunginya. Jika Anda ingin melakukan travel Jakarta Bali, pastikan sudah mendapatkan moda transportasi yang tepat. Sebagai referensi, berikut ini ada lima tips memilih bus ideal untuk perjalanan ke Bali.

Cari Bus yang Menyediakan Fasilitas Lengkap

Hal pertama yang harus Anda pertimbangkan ketika memilih bus adalah fasilitas dan layanannya. Khusus bus perjalanan jarak jauh atau lintas pulau, cek mulai dari fasilitas hiburan.

Fasilitas hiburan dalam bus penting untuk menghilangkan rasa bosan dan meningkatkan kenyamanan selama perjalanan. Adapun fasilitas hiburan yang biasa disediakan, antara lain TV, DVD, dan karaoke. 

Selain hiburan, pastikan bus menyediakan fasilitas toilet. Jadi, sewaktu-waktu ingin buang air kecil, Anda tidak perlu meminta sopir berhenti di suatu tempat.

Anda juga harus memastikan kursi dalam bus menggunakan teknologi reclining seat dan memiliki leg rest. Jika memungkinkan, cobalah cari bus dengan fasilitas foot rest. Dengan demikian, perjalanan Anda lebih nyaman meski lintas pulau.

Tidak hanya fasilitas fisik, beberapa bus travel Jakarta Bali kerap menyediakan layanan makanan dan minuman. Anda pun bisa mengecek adanya fasilitas penyewaan bantal dan selimut sebelum berangkat.

Pastikan Menggunakan Bus yang Masih Prima

Apakah Anda pernah naik bus yang tiba-tiba mogok di tengah jalan? Hati-hati; sekarang banyak bus berumur tua masih digunakan. Bahkan, pihak armada mengoperasikannya untuk perjalanan jarak jauh.

Karena itu, dalam memilih bus, Anda harus mengecek kondisi fisiknya. Bus tersebut harus terlihat prima, baik dari eksterior, interior, maupun mesinnya. 

Jika Anda sulit mendapatkan informasi kondisi bus dari perusahaan armada, tanyakan kepada pengguna sebelumnya. Mereka pasti memiliki kesan tersendiri saat menaiki bus yang ingin Anda pilih.

Lalu, bagaimana membedakan kondisi bus prima atau tidak? 

Pertama; tentu saja Anda bisa memerhatikan dari sisi luar bus. Jika bus terawat dengan bodi modern, dipastikan kendaraan tersebut masih baru. Kedua; fungsi mesin bus dikatakan baik kalau knalpotnya tidak mengeluarkan asap hitam. Kemudian, bus yang masih prima tidak akan mengeluarkan bau maupun bunyi aneh.

Jika Menyewa untuk Satu Keluarga, Pilih Driver Berpengalaman

Travel Jakarta Bali membutuhkan waktu lebih dari satu hari atau sekitar 18 jam. Sepanjang perjalanan, bus tersebut harus menghadapi berbagai medan terjal yang berliku serta menyeberangi lautan.

Untuk itu, bagi Anda yang menyewa satu bus untuk keluarga, pastikan memilih sopir berpengalaman. Pasalnya, keselamatan penumpang dalam bus tergantung pada kepiawaian sopir. Selain itu, sopir harus memiliki lisensi berkendara dan menguasai medan perjalanan sampai ke tujuan. 

Cek Lokasi Pemberangkatan dan Pemberhentian Bus

Rute Jakarta Bali melewati beberapa kota dan kabupaten. Pada terminal tertentu, bus ini akan berhenti untuk mengangkut penumpang. Jadi, kamu yang ingin naik bus ke Bali, pastikan mengecek lokasi pemberangkatan terdekat. Misalnya, dari Jakarta, Anda bisa memilih pemberangkatan di Terminal Pulo Gebang.

Selain itu, Anda juga harus mengecek titik pemberhentian bus. Untuk wilayah Bali, biasanya pemberhentian bus ada di Terminal Mengwi, Gilimanuk, atau Negara 2.

Pilih Bus yang Memberikan Kemudahan Pemesanan Tiket

Di masa pandemi, layanan online menjadi pilihan banyak orang. Selain soal keamanan, layanan online lebih praktis dan cepat. Begitu pula dengan pemesanan tiket bus online yang kini beralih ke sistem online.

Jika armada yang  Anda pilih belum memiliki pemesanan online, carilah platform booking tiket. Biasanya, platform tersebut menyediakan beberapa pilihan armada dengan fasilitas pembayaran melalui virtual account atau transfer ATM.

 

Itulah beberapa tips travel Jakarta Bali yang mudah diterapkan. Sekarang, pembelian tiket jadi lebih mudah dengan adanya internet. Anda dapat membandingkan beberapa tarif armada, memesan tiket jauh hari, dan membayar tanpa uang tunai. Salah satu situs yang menyediakan layanan tersebut adalah redBus.

Dedikasi redBus untuk memberikan pilihan armada terbaik, menjadikannya memajang beberapa brand bus Jakarta Bali. Beberapa armada yang tersedia, antara lain Lorena, Kramat Djati, dan Pahala Kencana. Tunggu apa lagi? Beli tiket di redBus sekarang dan nikmati perjalanan Anda!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.