Solo traveling ke Jogja

5 Tempat yang Wajib Dikunjungi saat Solo Traveling ke Jogja

Jogja selalu menjadi pilihan solo travelers yang ingin mengunjungi beragam destinasi dalam satu lokasi. Keramahan penduduk Jogja beserta budayanya juga kerap menarik travelers sekadar singgah di sana. Selain itu, Jogja kaya budaya sehingga cocok untuk belajar anak muda. Jika Anda pun tertarik melakukan solo traveling ke Jogja, pastikan menyambangi tempat-tempat berikut ini.

  • Malioboro

Malioboro merupakan salah satu ikon Jogja yang memiliki beragam pilihan atraksi. Anda bisa berbelanja beberapa jenis barang khas Jogja di Malioboro, seperti batik, kaos, suvenir, serta aneka tas handmade. Selain itu, pengunjung dapat mencicipi ragam masakan khas Jogja, misalnya nasi gudeg dan sate klatak.

Sepanjang Jalan Malioboro juga terdapat bangku-bangku dan beberapa lampu penerang yang eksotis. Jalan Malioboro pun kerap dijadikan tempat berkumpulnya para seniman, sastrawan, serta anak-anak muda pencinta budaya.

  • Tugu Jogja

Sebagai landmark kota, Tugu Jogja menjadi salah satu tempat yang tidak pernah dilewatkan oleh pengunjung. Pasalnya, monumen ini telah berdiri selama kurang lebih tiga abad. Selain itu, Tugu Jogja memiliki nilai historis sekaligus magis yang menarik perhatian wisatawan.

Ketika pertama kali dibangun, Tugu Jogja mengandung nilai spiritual tinggi. Nilai spiritual tersebut tecermin puncak berbentuk bulat yang menggambarkan “manunggaling kawula Gusti” dan semangat persatuan. Sayangnya, bentuk bulat di puncak tidak lagi terlihat sejak Tugu Jogja direnovasi pada tahun 1889.

  • Keraton Yogyakarta

Saat solo traveling ke Jogja, Keraton Yogyakarta menjadi tempat wajib dikunjungi. Hal itu karena Keraton Yogyakarta termasuk ikon Jogja yang sarat seni dan budaya. Ketika masuk ke keraton, Anda akan disuguhi arsitektur khas Jawa kuno. Selain itu, Anda bisa melihat benda-benda pusaka pada zaman dahulu.

Selain menyaksikan keunikan benda pusaka, Anda juga bisa mengunjungi bagian-bagian keraton. Mulai dari kompleks depan, inti, hingga belakang. Kompleks depan diawali dari gerbang utama, Alun-Alun Utara, sampai Masjid Gedhe. Sementara kompleks inti meliputi pelataran di Alun-Alun Utara hingga Selatan.

  • Taman Sari

Taman Sari masih satu kawasan dengan Keraton Yogyakarta. Tempat ini didirikan pada tahun 1758 oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I. Dahulu, fungsinya sebagai benteng pertahanan dan rekreasi keluarga keraton. Selain itu, kolam di Taman Sari kerap dijadikan tempat mandi bagi istri-istri sultan.

Saat masuk ke Taman Sari, pemandangan pertama yang akan terlihat adalah relief tentang masa lampau. Selanjutnya, Anda harus menyambangi danau buatan, Pesarean Ledok Sari, Kolam Garjitawati, dan masjid bawah tanah. 

Ada pula Pulau Kenanga yang memiliki beberapa bangunan, yakni Sumur Gumulih, Pulau Cemeti, dan lorong bawah tanah. Dari semua bagian tersebut, Pulau Cemeti atau Pulau Kenanga berada di tempat paling tinggi. Biasanya, kedua tempat tersebut dijadikan area istirahat dan pengintaian.

  • Kampung Cyber

Kampung Cyber merupakan destinasi wisata modern yang dirilis tahun 2006. Objek rekreasi ini berawal dari semangat warga Kampung Cyber dalam membangun teknologi internet di daerahnya. Secara perlahan, kawasan ini pun go online dengan adanya koneksi internet di semua rumah warga.

Karena keunikan Kampung Cyber, Mark Zuckerberg mengunjunginya. Ia penasaran dengan warga yang antusias menggunakan internet di area kampung.

Tidak hanya teknologi internet yang disajikan Kampung Cyber, tetapi juga kreasi seni. Banyak warga di Kampung Cyber berpartisipasi melukis mural dengan berbagai tema. Karena hasil lukisannya bagus, pengunjung menjadikannya tempat swafoto.

Kampung Cyber juga memiliki situs web untuk UMKM. Mereka menggunakannya sebagai sarana pemasaran digital sehingga mampu menjangkau konsumen lebih banyak. Selain itu, di Kampung Cyber terdapat wisata edukasi untuk anak-anak.

 

Itulah beberapa destinasi yang wajib dikunjungi ketika solo traveling ke Jogja. Kini, pesan tiket bus menuju Jogja lebih mudah dengan adanya redBus. Anda hanya perlu membuka situs atau aplikasi redBus, kemudian memesan secara online.

Sebagai referensi pilihan bus, Anda bisa naik Sinar Jaya, Handoyo, Pahala Kencana, Nusantara, dan Santoso. Yuk, buruan beli tiketnya sekarang dan jadikan liburan Anda lebih berkesan!

Leave a Reply

Your email address will not be published.