Bus Indonesia

Mengenal Bus Joglosemar, Armada Kebanggaan Yogyakarta

Joglosemar merupakan singkatan dari Yogyakarta, Solo, dan Semarang. Nama tersebut bukan sekadar istilah sebab PO ini benar-benar melayani rute dari atau ke kota yang tadi sempat disebutkan. Mengawali usahanya dengan 6 unit kendaraan, bus ini awalnya hanya melayani travel antar kota.

Saat ini, bus Joglosemar tidak hanya melayani rute antar kota tetapi juga antar provinsi terutama ke kota-kota lain di Jawa tengah. Untuk mengakomodasi kebutuhan penumpang, PO ini menyediakan 4 kelas yaitu Pandawa, Pearl, Emerald, dan Emerald Premium menggunakan bus medium berkapasitas 12 hingga 21 penumpang.

Rute Populer Bus Joglosemar

Dari sekian rute yang ditawarkan oleh bus ini, ada beberapa rute populer dengan waktu keberangkatan cukup ramai, yaitu:

  • Semarang-Yogyakarta: Bus pertama berangkat dari jam 02.00 WIB dan terakhir  jam 23.00 WIB
  • Salatiga-Yogyakarta: Bus pertama berangkat dari jam 05.00 WIB dan terakhir jam 23.00 WIB
  • Solo-Yogyakarta: Bus pertama berangkat dari jam 04.30 WIB dan terakhir jam 16.00 WIB
  • Yogyakarta-Magelang: Bus pertama berangkat dari jam 03.00 WIB dan terakhir jam 23.15 WIB
  • Yogyakarta-Solo : Bus pertama berangkat dari jam 06.30 WIB dan terakhir jam 19.00 WIB

Harga Tiket Joglosemar

Harga tiket bus kebanggaan Yogyakarta ini cukup bervariasi yaitu dari Rp35.000 sampai Rp130.000 tergantung rute dan kelas yang dipilih. Setiap kelas tentu dilengkapi dengan fasilitas memadai seperti AC, stop kontak, kursi nyaman dengan sandaran kaki dan tangan, LED TV, free snack dan air mineral, hingga fasilitas ruang tunggu nyaman di beberapa titik keberangkatan dan penurunan penumpang.

Sebagai informasi, berikut list titik keberangkatan dan penurunan penumpang di beberapa kota:

  1. Semarang: Lintas Kota Semarang, Jalan Dr. Cipto, dan Terminal   Banyumanik
  2. Yogyakarta: Kantor pusat Joglosemar
  3. Salatiga: Lintas Salatiga
  4. Solo: Kota Solo
  5. Magelang : Terminal Tidar dan Magelang
  6. Purwokerto: Kantor Agen Joglosemar di Purwokerto

Armada Bus Joglosemar

Kebanyakan armada yang digunakan bus ini adalah kendaraan berukuran medium dengan kapasitas paling banyak 21 penumpang. Inilah mengapa, bus ini menawarkan beberapa kendaraan kualitas tinggi dengan kabin leluasa dan bagasi luas. Adapun jenis kendaraan yang digunakan armada bus ini adalah:

  1. Shuttle Hiace VIP Luxury
  2. Executive 2+1
  3. Shuttle Hiace Executive

Pesan Tiket Bus Joglosemar di RedBus

Ada beberapa cara pemesanan tiket bus atau shuttle Joglosemar yang bisa dipilih, Anda bisa memesan langsung ke agen, atau melakukan pembelian secara online melalui aplikasi redBus. Caranya mudah, pertama pasang dulu aplikasi tiket bus online ini di smartphone.

Anda bisa mengunduh aplikasi redBus dari Apple Store atau Play Store secara gratis. Setelah terpasang, masukkan kota asal dan tujuan yang diinginkan serta tanggal keberangkatan. Selanjutnya layar akan menampilkan pilihan armada, jadwal, dan harga. Pilihlah yang sesuai rute dan bujet.

Selain memesan tiket, penumpang juga bisa menentukan tempat duduk. Untuk mendapatkan penawaran terbaik, sebaiknya pesan tiket di redBus dari jauh-jauh Untuk membayar tiket online ini, Anda bisa memilih berbagai metode pembayaran mudah sehingga ketika waktu keberangkatan tiba, penumpang hanya perlu menunjukkan e-ticket mereka.

Mengapa Pesan Tiket Bus Joglosemar di RedBus

Diskon dan kemudahan pemesanan bukan satu-satunya alasan mengapa kita harus memesan tiket bus Joglosemar di redBus. Di masa pandemi seperti saat ini, redBus dan seluruh armada yang bekerja sama berkomitmen untuk ikut serta dalam upaya penanggulangan Covid 19 dengan cara menerapkan kebijakan Safety.

Kebijakan ini meliputi sterilisasi kendaraan rutin dan pengaplikasian protokol kesehatan baik untuk staf yang melayani selama perjalanan ataupun penumpang. Jadi ketika bepergian menggunakan bus ini saat masa pandemi, pastikan untuk selalu menggunakan masker.

Jadi, tertarik untuk bepergian dengan armada kebanggaan Yogyakarta ini? Semoga bermanfaat.

Leave a Reply