Bus Indonesia

Pahala Kencana: Armada Recommended untuk Trip ke Bandung

Sebagai ibu kota Jawa Barat, pesona Bandung memang tidak ada habisnya. Kota yang juga dikenal sebagai Bumi Priangan ini menawarkan banyak sekali spot wisata menarik dan tempat-tempat bersejarah. Inilah mengapa rute bus ke Bandung dari berbagai kota di Indonesia termasuk salah satu yang paling ramai.

Untuk mengakomodasi kebutuhan angkutan darat, pemerintah daerah Bandung telah menyediakan sejumlah halte dan terminal di berbagai sudut kota. Terminal di Bandung pun dikenal sebagai memiliki operator bus terbanyak. Salah satunya yang recommended dan populer adalah Pahala Kencana.

Armada Pahala Kencana di Bandung

Sejak tahun 1976, Pahala Kencana telah melayani rute ke berbagai kota di Pulau Jawa, Bali, dan Sumatera. Untuk memenuhi kebutuhan penikmat bus, PO ini menggunakan berbagai jenis armada yang setiap tahun diperbarui dan ditingkatkan fasilitasnya.

Pasir Koja Highway, Bandung

Untuk rute dari dan ke Bandung, PO ini memiliki 4 jenis armada yang bisa dipilih, yaitu, Bisnis AC, VIP, Eksekutif, dan Super Eksekutif. Setiap armada memiliki fasilitas unggulan masing-masing dan jumlah kursi yang berbeda. Tapi soal mesin dan sistem bus, hampir semuanya menggunakan Hino dan Mercedes Benz.

Setiap armada bus ini biasanya terdiri dari kursi 2-2, menggunakan reclining seat, terdapat toilet, dan dilengkapi AC. Jadi apabila ingin perjalanan yang nyaman, Anda bisa memilih kelas armada yang diinginkan dan mendapat fasilitas tambahan seperti selimut dan bantal, makan malam prasmanan, atau camilan.

Rute Pahala Kencana Bandung

Meskipun rute yang dilayani sangat banyak, Pahala Kencana memiliki beberapa rute populer dari berbagai kota dengan tujuan Bandung, di antaranya:

Rute Lampung-Bandung

Rute ini mulai berangkat dari jam 00.00 dini hari dan bus terakhir berangkat jam 23.35 malam. Perjalanan yang ditempuh dari Lampung ke Bandung sendiri sekitar 12 jam. Untuk rute ini, semua armada dan kelas tersedia dengan harga tiket mulai dari Rp300.000 an untuk satu kali perjalanan.

Rute Denpasar-Bandung

Rute populer lainnya adalah Denpasar-Bandung. Untuk rute ini bus pertama mulai berangkat sejak jam 06.15 pagi dan terakhir jam 15.25 sore. Perjalanan yang ditempuh sekitar 31 jam dengan harga tiket mulai dari Rp550.000 untuk satu kali perjalanan.

Rute Solo-Bandung

Ditempuh sekitar 7 hingga 14 jam perjalanan, harga tiket bus rute ini mulai dari Rp200.000 untuk satu kali trip. Bus pertama dari Solo sendiri berangkat mulai jam 15.35 sore dan yang terakhir 17.15 petang. Seperti rute lainnya, Solo-Bandung juga menggunakan 4 pilihan kelas dan armada yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Titik Berangkat dan Turun Pahala Kencana Bandung

Rute ke Bandung biasanya berangkat dari kantor utama PO atau terminal bus AKAP (antar kota antar provinsi) di setiap kota. Sedangkan titik turun penumpang bus di Bandung cukup bervariasi. Penumpang bisa memilih turub di terminal atau beberapa titik jalan.

Choose from numerous bus options in Bandung, available from redBus

Berikut list titik turun populer rute ke Bandung dari berbagai kota:

  • Terminal Cicaheum
  • Terminal Leuwi Panjang
  • Rancaekek
  • LGA
  • Jalan Soekarno Hatta
  • Cibiru
  • Cileunyi
  • Gedebage
  • Jalan Pasir Koa
  • Jalan Riau atau Jalan RE. Marthadinata

Pesan Tiket Online Pahala Kencana Rute Bandung di RedBus

Pemesanan tiket bus Pahala Kencana bisa dilakukan secara offline melalui agen di terminal atau online melalui aplikasi seperti redBus. Karena pandemi, rasanya membeli tiket online merupakan pilihan bijaksana untuk meminimalisasi risiko tertular Covid 19.

Untuk memesan tiket melalui redBus, caranya cukup mudah. Anda hanya perlu memasang aplikasinya di smartphone. Begitu aplikasi terpasang, buka dan tentukan tujuan, asal, serta tanggal keberangkatan yang diinginkan. Biasanya setelah itu akan muncul pilihan armada, pilihlah Pahala Kencana.

Untuk pembayaran tiketnya bisa dilakukan melalui ATM, internet banking, atau kartu kredit, mudah bukan? Selain praktis, memesan tiket bus online melalui redBus juga sangat recommended sebab setiap PO yang bekerja sama dengan aplikasi ini pasti menerapkan program Safety+.

Program ini mengharuskan setiap PO melakukan penyemprotan desinfektan sebelum dan sesudah perjalanan pada armadanya. Selain itu setiap staf dan sopir bus diharuskan untuk menerapkan protokol kesehatan sehingga perjalanan bisa berlangsung aman dan nyaman.

Itulah ulasan tentang Pahala Kencana Bandung, semoga bermanfaat.

Leave a Reply