wisata mahasiswa gap year di Indonesia

Semarakkan Perjalanan Gap Year Kamu dengan Aktivitas Seru

Gap year atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan tahun jeda, merupakan masa rehat seorang pelajar dalam dunia pendidikan. Artinya di masa ini kamu bisa beristirahat sejenak dari segala aktivitas yang berhubungan dengan belajar. Nah, agar gap year kamu menjadi bermanfaat alias tidak sia-sia, sebaiknya isilah dengan aktivitas yang bermakna. 

 

Ada banyak sekali aktivitas yang bisa kamu lakukan, misalnya traveling atau perjalanan, menjadi volunteer, atau memperdalam hobi. Tentunya aktivitas tersebut akan berdampak positif, baik untuk masa kini dan masa depanmu. Apalagi jika kamu menjadi volunteer di suatu tempat, pasti juga akan bermanfaat untuk lingkungan dan masyarakat sekitar. 

Lain halnya dengan melakukan perjalanan pada masa gap year, tentu akan memberikan suatu pengalaman baru dengan mengunjungi Indonesia yang memiliki kekayaan alam dan destinasi hemat lainnya. Traveling juga dipercaya bisa membantu kamu dalam memahami perbedaan-perbedaan antarbudaya, antarsuku, hingga antarbahasa. Oleh sebab itu, pengetahuan tentang Indonesia akan semakin bertambah lewat traveling

Nah, berikut detail aktivitas yang bermanfaat untuk dilakukan. Yuk semarakkan masa gap year dengan 3 aktivitas seru ini! 

Traveling 

Tentu saja aktivitas seru yang pertama adalah traveling! Siapa sih yang tidak suka jalan-jalan? Semua orang pasti menikmati sebuah perjalanan, baik menempuh jarak dekat ataupun jarak jauh. Dengan mengunjungi Indonesia yang terdiri atas kepulauan, kamu pun akan menemukan kultur yang beragam. Dengan begitu, kamu semakin mudah untuk belajar menghargai setiap perbedaan. 

Karena di masa gap year ini kamu memiliki waktu yang panjang untuk berlibur, manfaatkan dengan datang ke berbagai destinasi hemat ala backpacker. Bermodalkan satu tas besar, tentunya membuatmu semakin leluasa untuk pergi dari satu tempat ke tempat lainnya. Tersedianya hostel atau hotel capsul di sekitar tempat wisata hemat juga akan memudahkan perjalanan kamu. 

Indonesia sendiri adalah surganya tempat wisata alam dan wisata kuliner. Berbagai destinasi hemat yang menarik untuk dikunjungi antara lain Medan dengan segala wisata kulinernya yang lezat, Yogyakarta yang terkenal akan murahnya wisata hemat, Banyuwangi pun sedang naik daun di kalangan wisatawan karena panorama alamnya yang indah, serta wilayah Indonesia Timur seperti Bali, Lombok, Sulawesi, dan Papua. 

Pilihan destinasi tersebut bisa kamu sesuaikan dengan keinginan dan bujet yang kamu miliki. Dengan tersedianya berbagai moda transportasi ke berbagai daerah di Indonesia akan memudahkan perjalanan gap year. Selain itu, ada banyak promo yang disediakan di situs atau aplikasi tertentu yang membuat wisata grup pelajar bersama teman-teman akan semakin menjadi wisata hemat.

Baca lebih lanjut tentang wisata pelajar di sini – Eksplor Student Travel yang Hemat Bujet

Menjadi Volunteer

Semarakkan aktivitas seru dengan menjadi volunteer sekaligus ajang wisata grup pelajar juga lho! Tak bisa dibayangkan betapa serunya melakukan aktivitas menyenangkan bersama teman-teman untuk membantu suatu kelompok masyarakat, bukan? Apalagi di masa pandemi semakin banyak orang yang membutuhkan bantuan. 

Kamu bisa menjadi volunteer untuk sebuah organisasi atau lembaga yang menyalurkan bantuan-bantuan ke masyarakat secara langsung. Terutama di pelosok Indonesia yang masih memiliki keterbatasan akses. Pastinya akan sangat bermanfaat dan menjadi pahala. Kamu pun akan memberikan aksi nyata lewat kontribusi untuk masyarakat melalui aktivitas volunteer tersebut. 

Memperdalam Hobi 

Selama sekolah atau kuliah pasti kamu tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan hobi yang kamu sukai. Untuk itulah dalam masa gap year ini adalah momen yang pas untuk memperdalam atau bahkan menambah skill yang kamu miliki. Misalnya untuk memasak, perdalam hobi tersebut dengan mencoba berbagai resep baru yang ada di media sosial. Bahkan, kamu juga bisa mengikuti les masak dengan chef profesional. 

Begitu juga dengan hobi-hobi lain seperti membaca buku, menulis, bermain musik, ataupun olahraga. Isi waktu dengan menyelesaikan buku-buku yang ingin kamu baca, kemudian tuangkan dalam bentuk ringkasan dengan menulis. Mainkan juga alat-alat musik yang kamu kuasai agar kamu bisa menjadi seorang yang ahli dalam bidang atau hobi tersebut. Sama halnya dengan hobi olahraga seperti bulu tangkis, sepak bola, atau berenang. Nikmatilah liburan ini dengan semua aktivitas seru tersebut. 

 

Kamu pun tak perlu lagi khawatir menjadi tidak produktif selama masa gap year, karena aktivitas seru di atas tentu saja akan bermanfaat. Dengan wisata grup pelajar mengunjungi Indonesia, wawasan kamu akan bertambah sekaligus melepaskan kepenatan setelah belajar. Membantu masyarakat dengan menjadi volunteer juga akan memberikan pengalaman yang berbeda untukmu lho. Kamu pun akan menjadi pribadi yang lebih handal dengan mendalami hobi yang kamu miliki.

Dapatkan tiket bus online Anda untuk perjalanan budget gap year di Indonesia di redBus.

Leave a Reply

Your email address will not be published.