Bus Indonesia Bus Journeys

Tidak hanya Yogyakarta: Kota-kota di Sekitar Jogja yang Bisa Kamu Kunjungi dengan Bus!

Terhanyut aku akan nostalgia

Saat kita sering luangkan waktu

Nikmati bersama suasana Jogja…

 

Akrab dengan kata-kata di atas? Ya, itulah kutipan lirik lagu berjudul Yogyakarta yang dinyanyikan KLa Project, grup musik legendaris Indonesia.  Lagu yang dirilis pada 1988 ini memang menggambarkan kenangan seseorang tentang kota Jogja alias Yogyakarta. Kota yang dianggap istimewa karena memiliki kekhasan budaya serta banyak tempat wisata. Intinya, Jogja memang selalu bikin kangen, sih!

 

Memang Jogja atau Yogyakarta telah lama menjadi destinasi utama Indonesia. Dari Keraton Yogyakarta yang menenangkan jiwa, Jalan Malioboro yang menjadi surga kuliner Jogja, Kaliurang dengan panorama Gunung Merapi-nya, hingga Gunung Kidul yang dipenuhi pantai indah memesona menjadi beberapa alasan wisatawan selalu mengunjungi Jogja. Akibatnya, Jogja kerap mengalami kemacetan pada akhir pekan atau musim liburan sehingga tempat wisatanya penuh sesak. Padahal, masih banyak destinasi wisata menarik yang dapat kamu temui di kota-kota sekitar Jogja. Selain itu, banyak operator bus membuka penjualan tiket bus atau tiket bus online menuju kota-kota ini secara langsung maupun melalui aplikasi penjualan tiket tepercaya seperti redBus. Tidak ketinggalan, perjalanan menuju kota-kota tersebut kini lebih singkat sejak dibukanya jalan tol Trans Jawa.

 

Kota-kota di Sekitar Jogja Untuk Dikunjungi, redBus
Kota-kota di Sekitar Jogja Untuk Dikunjungi

Jadi jangan hanya kunjungi Yogyakarta saja kalau sedang liburan. Yuk, simak beberapa kota di sekitar Jogja yang patut kamu masukkan dalam daftar kunjungan pada musim liburan. Makin penasaran ‘kan? Cekidot!

 

Semarang

Ibu kota Jawa tengah ini berjarak 3 hingga 3,5 jam perjalanan dari Yogyakarta. Dipenuhi bangunan lama khas kolonial Belanda hingga kawasan Pecinan atau Tionghoa, Semarang menawarkan banyak aktivitas wisata budaya hingga belanja. Menjelajahi Lawang Sewu, menyusuri Kelenteng Sam Poo Kong, hingga mencicipi lumpia khas Semarang menjadi hal yang wajib kamu coba. Travel Jogja Semarang atau travel Semarang Jogja layak dipertimbangkan jika kebetulan kamu berada di Jogja. Dengan harga tiket bus sekitar Rp80.000 hingga Rp85.000, kamu dapat menggunakan Sabila Shuttle atau Daytrans sebagai transportasi pilihan saat melakukan travel Jogja Semarang atau travel Semarang Jogja. Sementara itu, travel Solo Semarang dengan bus Solo Semarang juga patut dicoba jika kamu dari Solo karena hanya berjarak 2 jam perjalanan. Dengan tiket seharga 85 ribu Rupiah, Kamu dapat memilih armada bus Solo Semarang dari Cititrans atau Kencana Travel saat melakukan travel Solo Semarang.

 

Purwokerto

Kota di kaki Gunung Slamet, salah satu gunung berapi aktif di Jawa, ini dikenal sebagai Kota Keripik. Bagi kamu yang hobi jajan makanan ringan (snack), keripik tempe, gethuk goreng, dan tempe mendoan merupakan makanan khas Purwokerto yang cocok banget dicoba atau dijadikan oleh-oleh. Kamu juga dapat mengunjungi Baturaden yang terkenal dengan pemandian air panasnya. 

 

Sebagai kota yang terkenal karena wisata alamnya, banyak bus Jakarta Purwokerto beroperasi dengan durasi perjalanan 6 hingga 7 jam dari Jakarta. Kamu dapat menggunakan bus Jakarta Purwokerto dari PO (Perusahaan Otobus) Dieng Indah atau Sumber Alam sebagai transportasi pilihanmu kala menjelajahi kota beriklim sejuk ini. Sementara itu, travel Semarang Purwokerto atau travel Purwokerto Semarang juga perlu dicoba jika kamu dari Semarang.  Kamu dapat menggunakan Nusantara Transindo atau Aragon Shuttle dengan harga tiket bus online antara 65 hingga 110 ribu rupiah via redBus sebagai transportasi travel Semarang Purwokerto atau travel Purwokerto Semarang pilihan kamu.

 

Pekalongan

Pekalongan dikenal sebagai Kota Batik karena keindahan corak batiknya yang khas. Kamu dapat mengunjungi Museum Batik Indonesia atau membeli oleh-oleh batik di Kampung Batik Kauman atau Kampung Batik Pesindon. Karena terletak di tepi Laut Jawa, kamu juga dapat menikmati indahnya Pekalongan kala matahari terbenam di Pantai Pasir Kencana. Kamu juga dapat mencicipi kue kamir manis dan lezat yang merupakan kuliner khas Pekalongan. Kalau kamu dari Semarang, travel Semarang Pekalongan wajib kamu coba karena jaraknya dekat. Kamu dapat menggunakan bus X-Trans sebagai transportasi pilihan travel Semarang Pekalongan dengan tiket bus online seharga Rp75.000,00 yang bisa kamu dapatkan hanya di redBus.

 

Solo

Seperti halnya Jogja, Solo merupakan kota yang identik sebagai pusat seni dan budaya Jawa karena keberadaan Keraton Surakarta. Solo yang dikenal asri dan relatif sepi jika dibandingkan Jogja ini ternyata memiliki banyak destinasi wisata budaya. Kamu dapat mengunjungi Keraton Surakarta atau Pura Mangkunegaran yang merupakan tempat terbaik untuk belajar budaya Jawa. kamu juga dapat mencicipi kuliner khas Solo seperti timlo atau tongseng yang lezat rasanya, atau mengunjungi sentra batik di Pasar Klewer.

 

Dari Semarang, kamu dapat mengunjungi Solo dengan menggunakan Cititrans sebagai operator bus Solo Semarang pilihanmu. Bus Solo Semarang ini menempuh durasi 2 jam perjalanan dengan tiket sebesar 85 ribu rupiah yang merupakan harga tiket bus online di aplikasi atau situs web redBus.

 

Itulah beberapa kota di sekitar Jogja yang dapat kamu kunjungi dengan bus. Sekarang kamu dapat memesan tiket secara mudah melalui situs web atau aplikasi redBus. Bekerja sama dengan 2300 operator bus di seluruh dunia, redBus menawarkan banyak promo menarik dan kemudahan memesan tiket bus tanpa takut kehabisan. 

 

Ingin liburan tetap mulus? Pesan tiketnya hanya di redBus!

Leave a Reply