Tips Travel

Review Sidorukun, Raja Pantura Aman dan Nyaman

Selama ini Pantura dikenal sebagai salah satu jalur lintas Pulau Jawa paling nyaman karena melewati dan menghubungkan banyak kota. Inilah mengapa banyak PO yang mengoperasikan armada mereka di jalur ini, salah satunya Sidorukun, Perusahaan Otobus asal Semarang yang sudah malang melintang di jalur Pantura sejak tahun 2000.

Sebagai salah satu PO ternama, Sidorukun tidak hanya melayani transportasi ke beberapa kota di Jawa tetapi juga memanjakan penumpang dengan beberapa fasilitas memadai. Untuk mengakomodasi kebutuhan calon pengguna bus, Sidorukun membuka kantor agen resmi di terminal beberapa kota.

Sampai saat ini, Sidorukun telah mengantarkan lebih dari puluhan ribu penumpang setiap tahunnya menggunakan armada berkualitas. Penasaran bukan apa yang membuat PO ini istimewa dari rekannya yang sama-sama melintas di jalur Pantura? Mari kita simak review Sidorukun berikut ini!

Bus dan Fasilitas Berkualitas

Semua penumpang pasti ingin tempat duduk nyaman dan kendaraan yang aman ketika melakukan perjalanan ke luar kota. Hal inilah yang mendasari Sidorukun dalam mempersiapkan armada dan fasilitas untuk calon penumpangnya. Untuk memaksimalkan hal tersebut, PO ini hanya menyediakan armada ber-AC dengan konfigurasi tempat duduk 2+2 yang lebih leluasa.

Dibagi menjadi tiga kelas, yaitu Ekonomi, VIP, dan Eksekutif, setiap armada memiliki standar kenyamanan sesuai dengan harga tiket yang kita bayarkan. Penumpang bisa menikmati beberapa fasilitas menarik seperti TV LCD, DVD, dan reclining seat lengkap dengan bantal dan selimut.

Tidak hanya itu, setiap armada (tidak peduli apa pun kelasnya) pasti dilengkapi dengan toilet yang membuat perjalanan jauh semakin nyaman. Soal keamanan, kita juga tidak perlu meragukan raja jalanan ini. Meskipun bus yang melewati Pantura identik dengan ugal-ugalan, hal semacam itu tidak akan dirasakan saat menaiki armada Sidorukun.

Perusahaan Otobus ini juga sering mengadakan pemeriksaan berkala untuk memastikan bahwa armadanya benar-benar aman. Jadi kemungkinan macet atau mogok di jalan akibat masalah teknis sangat kecil ketika menggunakan bus ini. Inilah mengapa banyak review Sidorukun yang menyebut bahwa armada ini tidak hanya nyaman tetapi juga aman.

Pembelian Tiket Mudah

Selain dapat membeli tiket di agen resmi atau terminal secara offline, calon penumpang juga bisa membeli tiket secara online melalui aplikasi redBus. RedBus merupakan aplikasi tiket online dengan user interface mudah yang bisa dioperasikan melalui PC, Android, ataupun iPhone. 

Untuk membeli tiket melalui smartphone, pengguna harus meng-install redBus terlebih dahulu. RedBus bisa diunduh dari Play Store dan Apple Store. Tidak hanya pesan tiket, melalui aplikasi ini Anda bisa memesan kursi sesuai keinginan. Kerennya, Sidorukun termasuk salah satu PO di redBus yang menawarkan garansi uang kembali.

Untuk dapat menikmati fasilitas ini, calon penumpang harus membayar biaya layanan dan mengaktifkan add-on uang kembali terlebih dahulu di redBus. Jika menggunakan fasilitas ini, penumpang dapat menerima pengembalian dana maksimal 75% dari yang telah dikeluarkan untuk membeli tiket.

Garansi uang kembali berlaku ketika ada calon penumpang yang hendak membatalkan perjalanan akibat kondisi tidak terduga. Untuk bisa mendapatkan pengembalian uang, pembatalan dilakukan paling lambat satu hari sebelum keberangkatan agar tidak ada pihak yang dirugikan.

Soal terjangkau, tiket Sidorukun termasuk murah tergantung kelas dan rute yang dipilih. Tiket bus aman dan nyaman dibanderol mulai dari Rp120.000 per orang untuk satu kali perjalanan. Jika membeli tiket bus online melalui aplikasi redBus, biasanya ada diskon tambahan yang tentunya membuat harga tiket lebih murah.

Melayani Banyak Rute

Rute Sidorukun paling populer adalah dari atau ke Jakarta. Rute ini melayani berbagai kota asal dan tujuan di pulau Jawa yang dilewati jalur Pantura yaitu Semarang, Purwodadi, dan Blora. Sidorukun juga melayani rute dari atau ke kota-kota lain di Jawa Barat dan Jawa Timur.

Titik keberangkatan dan penurunan setiap rute biasanya di terminal kota asal ataupun tujuan yang cukup strategis sehingga calon penumpang lebih mudah mencapainya. Sampai saat ini, masih banyak yang menganggap bahwa Sidorukun merupakan salah satu armada berkualitas yang melintasi Pantura.

Dengan adanya tol yang dibangun Presiden Joko Widodo beberapa tahun lalu, perjalanan ke berbagai kota di Pulau Jawa menggunakan Sidorukun tentunya akan semakin cepat dan nyaman. Itulah review Sidorukun sebagai referensi sebelum bepergian.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply