Bukan Cuma Bandung: Kota-kota Lain di Jawa Barat yang Bisa Kamu Kunjungi dengan Bus

Jika berbicara tentang tempat liburan di Jawa Barat, pikiran kita pasti selalu mengarah ke satu kota: Bandung. Selama ini, Bandung memang telah menjadi destinasi wisata populer tak hanya di Jawa, tetapi juga Indonesia dan bahkan dunia. Ya, Kota Kembang ini memang terkenal sebagai pusatnya kuliner dan surga belanja, bahkan punya segudang tempat wisata yang memesona. 

 

Sayangnya, Bandung kerap macet ketika musim liburan tiba. Kemacetan seolah menjadi rutinitas akhir pekan ketika ribuan wisatawan mendatangi ibu kota Jawa Barat ini. Hal ini tentu membuat liburan terasa tidak nyaman, apalagi jika kamu warga Bandung sendiri. Padahal, masih ada kota-kota di sekitar Bandung, atau Jawa Barat pada umumnya, yang tak kalah menarik. Kota-kota ini tentu makin asyik dikunjungi dengan naik bus dari Bandung atau Jakarta. Kamu dapat membeli tiket bus secara langsung di terminal atau memesan tiket bus online via aplikasi tepercaya seperti redBus.

Kota-kota di Jawa Barat Untuk Dikunjungi redBus
Kota-kota di Jawa Barat Untuk Dikunjungi

 

Berikut ini beberapa kota di Jawa Barat yang gak kalah menarik dibandingkan Bandung sehingga cocok banget masuk rencana liburan kamu. Apa aja, sih?

Bogor

Bogor, yang dijuluki Kota Hujan karena sering hujan pada sore hari, memang selalu menjadi favorit pilihan wisatawan, terutama asal Jakarta, pada akhir pekan. Dikelilingi pegunungan, Bogor yang beriklim sejuk ini memiliki banyak tempat wisata seperti Kebun Raya Bogor, Puncak Cisarua, dan Taman Safari Indonesia. Selain itu, ada Jalan Suryakencana yang wajib kamu kunjungi jika ingin mencicipi beragam kuliner khas Bogor seperti soto kuning, doclang, cungkring, atau asinan.

 

Kamu dapat melakukan travel Bandung Bogor atau travel Bogor Bandung sebagai alternatif liburanmu dengan bus. Apalagi, sekarang sudah ada tol Jakarta—Bandung yang tersambung dengan jalan tol Jagorawi sehingga akses ke Bogor lebih cepat dan singkat. Banyak operator bus yang melayani rute travel Bandung—Bogor atau travel Bogor—Bandung, misalnya Pasteur Trans dan Citra Trans. Dengan harga tiket bus 100 ribuan saja, perjalanan yang berdurasi 4—5 jam ini pun terasa nyaman dan mengasyikkan!

 

Cianjur

Kota yang dikenal sebagai penghasil beras pandan wangi yang harum dan pulen ini dikenal memiliki objek wisata alam khas pegunungan. Menelusuri situs bersejarah Gunung Padang atau menikmati indahnya Taman Bunga Nusantara menjadi aktivitas yang tak boleh kamu lewatkan di Cianjur. Mencicipi geco atau tauge tauco, sate maranggi, ikan bakar, dan roti manis yang merupakan kuliner khas Cianjur tentu akan membuat liburanmu makin lengkap. 

 

Hanya sekitar 2 jam perjalanan, travel Bandung—Cianjur atau travel Cianjur—Bandung menjadi opsi terbaik yang perlu kamu coba. Siliwangi Trans menjadi operator bus pilihan yang dapat kamu gunakan saat berkunjung ke Kota Beras, Cianjur. Dengan harga tiket Rp55.000, travel Bandung—Cianjur atau travel Cianjur—Bandung kamu bakal menjadi pengalaman tak terlupakan!

 

Sukabumi

Berjarak sekitar 3 hingga 3,5 jam dari Bandung maupun Jakarta, Sukabumi menawarkan wisata alam pantai hingga pegunungan. Karena itulah, travel Bandung—Sukabumi atau travel Sukabumi—Bandung dan travel Jakarta—Sukabumi atau travel Sukabumi—Jakarta sangat layak kamu wujudkan menjadi liburan. Nikmati eksotisme Pantai Pelabuhan Ratu di selatan hingga jelajahi indahnya Gunung Pangrango di utara akan membuat aktivitas liburanmu di Sukabumi mengasyikkan. Bubur ayam dengan kuah kuning dan kue bandros dari tepung kelapa dan manis rasanya menjadi kuliner Sukabumi yang harus kamu coba.

 

Dibukanya Tol Bocimi (Bogor Ciawi Sukabumi) mempersingkat perjalanan ke Sukabumi. Kalau ingin mencoba travel Bandung—Sukabumi atau travel Sukabumi—Bandung, kamu dapat memilih bus Siliwangi Trans atau Pasteur Trans dengan tiket seharga 70—75 ribu Rupiah via redBus. Kamu juga dapat menggunakan bus Bhinneka Shuttle untuk melakukan travel Jakarta—Sukabumi atau travel Sukabumi—Jakarta dengan tiket bus online seharga Rp90.000 saja.

 

Cirebon

Kota di pesisir utara sekaligus perbatasan Provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah ini memiliki destinasi wisata menarik, khususnya wisata budaya. Kunjungi Keraton Kasepuhan dan Kanoman atau Taman Air Sunyaragi, serta cicipi empal gentong atau tahu gejrot khas Cirebon sehingga liburanmu makin menarik. Berdurasi 4 hingga 5 jam perjalanan, kamu dapat menggunakan bus Safari Jaya Mandiri dari Jakarta atau Red White Star Primajasa dari Bandung untuk mengunjungi berbagai tempat wisata di Kota Udang ini.

 

Garut

Garut yang dijuluki Swiss van Java memiliki destinasi wisata yang memanjakan mata. Mencoba dodol Garut, mendaki Gunung Papandayan, menyusuri Candi Cangkuang, atau menikmati mentari terbenam di Pantai Santolo adalah beragam aktivitas liburan yang menarik untuk mengisi waktumu. Kamu dapat menggunakan bus Karunia Bakti dari Bandung maupun Jakarta untuk mengunjungi kota berhawa sejuk ini.

 

Nah, itulah beberapa kota di Jawa Barat yang tak kalah menarik dibandingkan Bandung dan dapat kamu kunjungi dengan naik bus. Sekarang kamu dapat merencanakan liburan terbaik secara aman dan nyaman dengan pembelian tiket bus online via redBus. Dapatkan beragam promo menarik tiket bus online dari redBus yang menjamin kemudahan dan kelancaran liburan. Tunggu apalagi? Ayo jelajahi eksotisme Jawa Barat bersama redBus!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *