jajanan bulan puasa

Jajanan Bulan Puasa- Berburu Kuliner Ramadhan yang Lezat dan Nikmat

Kedatangan bulan Ramadhan selalu disambut hangat dan penuh sukacita oleh semua umat Muslim di dunia. Selama sebulan lamanya, kita akan menjalani salah satu ibadah yang wajib ditunaikan, yaitu berpuasa dari waktu Subuh hingga Magrib. Adapun beberapa ibadah lainnya saat bulan puasa adalah salat tarawih, tilawah Alquran, itikaf di masjid, dan sebagainya. Selain menjalani ibadah-ibadah tersebut, hal yang paling dinantikan selama berpuasa tentunya adalah berbuka puasa saat malam tiba. Di Indonesia sendiri berlimpah ruah jenis jajanan bulan puasa dengan ciri khas dari berbagai daerah. Misalnya, kolak dari Sumatera Barat, bubur pacar cina dari Betawi, putu mangkok dari Riau, barongko dari Makassar, kue bingke dari Pontianak, kicak dari Yogyakarta, dan masih banyak lagi.

Momen berbuka puasa ini menjadi kesempatan untuk berkumpul bersama keluarga atau teman-teman. Menikmati makanan Ramadhan pun menjadi momen paling membahagiakan.

Jajanan Bulan Puasa di Indonesia 

Semua jajanan Ramadhan tersebut tentunya punya cita rasa yang berbeda-beda dan lebih menonjolkan ciri khas asal daerahnya masing-masing.

Selain kuliner Ramadhan di atas, ada pula buah yang sering dikonsumsi untuk berbuka puasa, yakni kurma. Pastinya kamu sudah tidak heran lagi jika menjelang Ramadhan datang, di berbagai supermarket akan menyediakan begitu banyak kurma. Umat Muslim di seluruh dunia juga membeli dan menyiapkan stok buah kurma untuk satu bulan.

Kurma sendiri menjadi makanan pembuka yang disunahkan oleh Nabi Muhammad SAW. Sebab, kurma memiliki banyak kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Tak heran jika kurma menjadi Ramadhan makanan yang laris di bulan puasa. Kebanyakan umat Muslim mengamalkan sunah Nabi Muhammad saat berbuka puasa dengan segelas air putih dan buah kurma.

Baca juga – Rayakan Bulan Mudik Lebaran di Indonesia

Setelah membatalkan puasa, kamu pun bisa menunaikan ibadah salat Magrib terlebih dahulu sebelum menyantap makanan Ramadhan lainnya. Tentu saja, ibadah salat harus diutamakan terlebih dahulu dan sebagai pemberi jarak antara makanan pembuka dengan makanan berat. Tubuh pun akan jauh lebih sehat dengan mengatur pola makan tersebut.

Nah, kira-kira ada apa saja pilihan jajanan Ramadhan sebagai salah satu hal yang paling diburu menjelang buka puasa? Simak rekomendasi makanan bulan Ramadhan berikut ini!

Kolak

Siapa sangka, kuliner Ramadhan yang satu ini ternyata berasal dari wilayah Sumatera Barat lho. Dengan rasanya yang manis, dipadukan dengan pisang, ubi, dan kolang-kaling, kolak sudah menjamur ke hampir seluruh wilayah Indonesia. Jelang buka puasa, banyak sekali penjual makanan Ramadhan yang menjajakan kolak dengan beberapa makanan lainnya.

Kelezatan kolak ini selalu menarik perhatian umat Muslim yang berpuasa untuk melepaskan dahaga, sekaligus mengisi perut. Kolak memiliki kuah yang nikmat dan terbuat dari gula merah, santan, dan daun pandan. Dengan rasa yang enak dan kandungan yang bergizi, harga kolak dibanderol cukup murah. Sebesar Rp5.000–Rp10.000 saja per porsinya.

Bubur Pacar Cina

Masih seputar makanan dibulan puasa yang bercita rasa manis, orang Betawi juga memiliki kuliner khas yang dinamakan bubur pacar cina. Meskipun bernama bubur, masakan bulan puasa ini ternyata adalah sebuah hidangan es. Bahan utama buburnya dari tepung sagu, kemudian dicampur dengan pacar cina, santan, gula, dan daun pandan. Tak lupa, tambahkan es batu untuk menambah kesegaran berbuka puasa!

Barongko

Jalan-jalan ke Makassar, jangan lewatkan untuk mencicipi jajanan bulan puasa yang satu ini. Barongko, terkenal akan bungkusan daun pisang yang bakal menggoda indera penciuman dengan aromanya. Jajanan Ramadhan ini terbuat dari adonan pisang, gula, santan, dan telur yang dipadatkan. Harganya pun sangatlah terjangkau, sekitar Rp7.000 saja.

Kue Bingke

Beranjak dari Makassar, menuju ke Pulau Kalimantan, tepatnya di Pontianak juga terdapat makanan Ramadhan yang lezat. Kue bingke ini adalah kue cantik yang berbentuk bunga dengan rasa yang lezat. Adonan kue ini bertekstur lembut dengan varian rasa manis, seperti keju, coklat, pisang, kacang, dan lain-lain. Selain menjadi Ramadhan makanan yang laris di bulan puasa, kue bingke juga sering dijadikan oleh-oleh makanan khas Pontianak lho.

Kicak

Kembali ke wilayah Pulau Jawa, di Yogyakarta ada sebuah masakan bulan puasa yang cukup terkenal dan laris manis, yaitu kicak. Sama halnya dengan kolak, jajanan Ramadhan kicak pasti banyak dijumpai di Kota Yogyakarta dan sekitarnya. Rasanya yang manis tentu sudah menjadi kesukaan masyarakat Jawa pada umumnya.

Kicak merupakan adonan makanan yang terdiri atas ketan yang ditumbuk halus, potongan kecil nangka, taburan daun kelapa, gula putih, dan daun pandan. Dengan harga mulai dari Rp2.000, kicak banyak dijajakan di alun-alun dan pasar yang ada di Yogyakarta.

Gorengan

Indonesia memang surganya kuliner dari Sabang sampai Merauke. Selain jajanan bulan puasa khas tiap daerah di atas, makanan dibulan puasa yang disukai banyak orang adalah gorengan. Ada banyak sekali bahan yang dapat dijadikan gorengan lezat kesukaan orang Indonesia. Misalnya, tahu, tempe, pisang, singkong, dan lain-lain.

Biasanya, saat kuliner Ramadhan, gorengan yang paling banyak diburu adalah tempe, tahu, dan bakwan sayur. Tambahan beberapa cabai rawit hijau juga akan menambah kelezatan saat menyantap gorengan di kala berbuka puasa. Harga gorengan pun sangatlah terjangkau, hanya sebesar Rp1.000 per potong. Tapi, yang perlu diingat adalah kita tetap harus membatasi jumlah gorengan yang dimakan, agar tidak menyebabkan penyakit, ya!

Es Campur

Nah, jajanan Ramadhan yang terakhir dan tak kalah menggugah selera adalah es campur. Siapa yang tak menyukai es campur, sajian es dengan rasa manis serta buah-buahan di dalamnya. Dalam satu porsi es campur terdiri atas kolang-kaling, cincau, alpukat, kelapa, melon, nangka, dan sebagainya. Dilengkapi dengan es serut di atasnya dan siraman sirup merah serta susu kental manis yang menyempurnakan sajian ini.

Untuk harga satu porsi es campur sekitar Rp10.000-Rp20.000, tergantung dari isi dan bahan yang digunakan. Ada banyak penjual es campur yang tersedia menjelang buka puasa. Dijamin, dahaga selama berpuasa akan hilang dengan menikmati es campur!

Itulah tadi beberapa rekomendasi makanan Ramadhan yang bisa nikmati untuk berbuka puasa.

Jika Anda ingin menjelajahi jajanan pinggir jalan terbaik untuk berbuka puasa selama Ramadhan, jangan lupa untuk melihat daftar kami. Anda dapat merencanakan perjalanan Anda di Indonesia untuk Lebaran 2023 dengan redBus. Gunakan kode promo kami dan pesan tiket bus online dengan harga murah.

Momen berbuka puasa bersama keluarga ataupun teman-teman akan terasa semakin seru dengan menikmati berbagai makanan dan minuman yang menyegarkan. Selamat berbuka!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *