perayaan hari raya

Cara Terbaik Membuat “Open House Gathering” Selama Ramadan

Semakin mendekati Lebaran, agenda kumpul-kumpul bareng keluarga besar dan kerabat pastinya harus dipersiapkan. Perayaan hari raya salah satunya memang dijadikan sebagai agenda untuk menggelar open house. Saling bermaafan, berbincang kabar terkini, menikmati hidangan, sampai bagi-bagi amplop Lebaran tak boleh ketinggalan untuk perayaan raya satu ini.

Meski terkesan hanya kumpul-kumpul keluarga, tetapi banyak lho yang harus dipersiapkan untuk perayaan raya di rumah. Open house kecil-kecilan untuk perayaan hari raya pun mesti mengambil bujet di luar pengeluaran harian.

Untuk itu, agar open house tetap berjalan lancar tanpa boros soal bujet, ada beberapa persiapan yang mesti diperhatikan. Tentu, tujuannya agar perayaan hari raya bisa berjalan lancar tanpa khawatir soal keuangan setelahnya.  

Nah, guna mencapai itu, simak poin-poin berikut agar open house perayaan hari raya tetap menyenangkan dan berjalan lancar!

  1. Perkirakan Jumlah Tamu yang Datang

Buat kamu yang tinggal di satu kota dengan jumlah keluarga yang banyak, kamu bisa memperkirakan jumlah anggota keluarga yang datang saat perayaan hari raya di rumahmu. Akan lebih mudah kalau kamu memastikan langsung siapa saja yang bisa datang dan tidak. 

Perkiraan jumlah tamu yang datang memudahkan kamu untuk menyediakan makanan tanpa takut kekurangan atau bahkan mubazir. Jadi, sebelumnya kamu bisa catat terlebih dahulu keluarga dan sahabat yang akan datang ke rumahmu saat perayaan raya nanti.

  1. Tentukan Menu dan Berbelanja

Ada banyak pilihan menu yang bisa kamu sajikan saat perayaan hari raya di rumahmu bersama keluarga besar. Mulai dari yang khas Lebaran ala Indonesia atau yang bertema potluck bisa jadi pilihan. Selain menu utama, kamu juga perlu menyiapkan buah-buahan atau hidangan pencuci mulut seperti puding.

Setelah menentukan menu makanan utama dan hidangan pencuci mulut, kamu bisa mulai mencicil berbelanja di H-7 sebelum acara. Keuntungannya, kamu bisa mencicil masakan lebih awal yang sifatnya bisa diawetkan di lemari pendingin, contohnya rendang. Selain itu, sebelum perayaan raya harga kebutuhan pokok belum naik drastis dan pasar atau supermarket juga belum terlalu ramai.

Atur pembagian menu jika mengusung tema potluck. Agar pesta perayaan raya lebih meriah dengan menu beragam, tidak ada salahnya berkolaborasi dengan para tamu yang datang untuk membawa hidangan yang telah ditentukan. Saat perayaan raya akan lebih mudah jika bisa saling berbagi.

  1. Rapikan Rumah

Jelang perayaan hari raya Aidilfitri membersihkan rumah secara menyeluruh sudah menjadi hal yang lumrah. Perhatikan bagian-bagian rumah yang jarang dibersihkan, misalnya area gudang atau plafon yang mulai tampak kusam. Nah, momen perayaan raya ini bisa kamu manfaatkan untuk beberes rumah. 

Membersihkan kamar mandi juga jangan sampai terlewat ya! Pastikan tamu kamu merasa nyaman dengan membersihkan kamar mandi atau powder room. Setelah bersih, berikan pewangi toilet di sudut ruangan. Pastikan juga tisu toilet, sabun pencuci tangan, dan lap kering sudah siap digunakan.

Setelah setiap sudut rumah rapi, untuk menyambut festival hari raya, kamu juga perlu menyediakan tempat duduk yang cukup. Bisa dengan menyiapkan sofa, kursi, atau karpet untuk lesehan. Jika jumlah sofa atau kursi yang kamu punya tidak bisa menampung seluruh tamu, lesehan bisa menjadi pilihannya. Lesehan juga dapat membuat kesan perayaan hari raya bersama keluarga dan sahabat jadi lebih intim.  

  1. Bersihkan Alat Masak

Alat masak yang kamu punya mungkin jarang digunakan. Jadi, sebelum memasak dalam porsi besar cobalah untuk mengecek kondisi dandang, wajan besar, dan alat pemanggang. Bersihkan jika terdapat noda atau kerak.

Untuk memudahkanmu bersih-bersih seusai perayaan hari raya, kamu bisa membuat pesta yang praktis. Siapkan peralatan makan dan minum sekali pakai. Misalnya, gelas plastik atau piring kertas. Jadi, setelah makan, wadah-wadah tersebut langsung dibuang tanpa perlu dibersihkan lagi. Sementara, untuk menyajikan makanan hangat dan minuman dingin, jangan lupa siapkan wadah kaca.

Kemudian, untuk menambah keseruan festival hari raya bersama keluarga, buatlah dekorasi dengan tema khusus. Contohnya dengan menempelkan kata sambutan seperti “Happy Idul Fitri” pada dinding ruangan yang dihiasi dengan balon atau bunga kertas. Tara! Rumahmu siap deh dikunjungi tamu-tamu dari keluarga besar dan sahabat untuk perayaan hari raya.

  1. Pilih Musik untuk Diputar

Untuk membuat festival hari raya terasa lebih mengesankan, siapkan musik bernuansa Islami seperti Nasyid. Cek kondisi sound system dengan volume yang pas di dengar di telinga.

Tapi, tak hanya lagu bernuansa Islami, kamu juga bisa pilih lagu-lagu yang punya kenangan bagi keluarga dan sahabatmu. Yang penting buat suasana bertambah syahdu ketika perayaan hari raya Aidilfitri.

  1. Berbagi Kebahagiaan di Hari yang Fitri

Perayaan Idul Fitri juga tidak bisa lepas dari berbagi kebahagiaan. Sebelum hari H perayaan Idul Fitri pun, umat muslim diwajibkan membayar zakat fitrah bagi yang memiliki kelebihan rezeki. Hal yang satu ini jangan sampai terlupakan, ya!

Tapi, biasanya bagi orang dewasa yang memiliki banyak sepupu dan keponakan, menyisihkan sedikit amplop Lebaran untuk mereka juga tidak ada salahnya, lho. Itu akan menjadi keseruan tersendiri ketika di momen berkumpul. Para anak kecil akan mengantre untuk mendapatkan amplop Lebaran setelah bersalaman dengan anggota keluarga yang lain. Nuansa perayaan Idul Fitrinya akan semakin terasa.

Jadi, itulah cara-cara sederhana yang bisa kamu siapkan untuk perayaan hari raya Aidilfitri di rumah. Nuansa Lebaran yang ceria, penuh suka cita, dengan keintiman bersama keluarga bisa kamu dapatkan dalam sekali waktu. Jangan sampai ada yang terlewat dalam perayaan raya nanti ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.