Bus Journeys

Jabodetabek ke Bandung dalam 2 jam? Begini caranya!

Halo-halo Bandung

Kota kenang-kenangan …

 

Kata-kata di atas merupakan potongan lagu legendaris Indonesia berjudul Halo-halo Bandung. Meskipun isinya lebih menggambarkan perjuangan rakyat Bandung pada masa kemerdekaan Indonesia (1945—1949), lagu tersebut tetap saja memperlihatkan sekilas betapa Bandung sangat berkesan bagi banyak orang. Seperti julukannya Kota Kembang, suasana Bandung memang membuat hati siapa saja yang mengunjunginya selalu berbunga-bunga! Maka itu banyak orang, terutama warga Jakarta dan sekitarnya di Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi, senang melakukan perjalanan ke Bandung. Travel Jakarta Bandung tidak akan pernah membosankan! Cukup pesan tiket dengan aplikasi atau situs redBus saja, perjalanan singkat dari Jabodetabek ke Bandung pun sudah dapat ditempuh. 

 

Kenapa sih lagi-lagi Bandung? Dikelilingi pegunungan membuat Bandung dianugerahi pemandangan indah dan iklim yang sejuk. Kesejukan dan keindahannya membuat kota ini dijuluki Parijs van Java pada masa kolonial Belanda. Maka, tidak mengherankan jika orang-orang Belanda banyak membangun gedung-gedung indah sebagai tempat peristirahatannya.

 

Pada saat ini, Bandung bahkan dikenal sebagai kota dengan banyak julukan. Kota ini menjadi surga wisata belanja, wisata sejarah, bahkan wisata kuliner. Banyak inovasi tercipta di Kota Mode ini, mulai tren berpakaian hingga makanan. Banyak distro dan pusat perbelanjaan bertebaran di kota ini. Banyak pula destinasi wisata yang ramai dikunjungi wisatawan dari seluruh Indonesia, bahkan dunia. Tangkuban Perahu, Lembang, Kawah Putih, dan Jalan Braga merupakan contoh destinasi wisata populer Parijs van Java.

 

Bandung memang dikenal sebagai destinasi wisata utama Indonesia. Ibu kota Provinsi Jawa Barat ini hanya terletak 170-an kilometer di sebelah tenggara Jakarta. Karena relatif dekat, banyak warga Jakarta dan sekitarnya (Jakarta Bogor Depok Tangerang Bekasi atau Jabodetabek) menjadikan Bandung sebagai tempat liburan pada akhir pekan. Kota ini mempunyai jalur strategis yang dapat dilintasi melalui dua jalur dari Jakarta. Pertama, jalur selatan pegunungan via Puncak Bogor—Cianjur atau non-tol. Kedua, jalur cepat di utara yang melintasi Bekasi hingga Purwakarta via jalan tol. Jika sebelumnya perjalanan Jabodetabek—Bandung memakan waktu sekitar 4 hingga 5 jam, kini durasinya dapat dipangkas menjadi dua jam saja. Hmmm, gimana caranya?

 

Jika ingin merasakan travel Jakarta Bandung maupun sebaliknya dalam waktu sekitar dua jam, kamu dapat melakukan perjalanan menggunakan kendaraan roda empat via tol Jakarta—Bandung.  Jalur tol ini merupakan rangkaian jalur tol terintegrasi yang meliputi Jalan Tol Jakarta—Cikampek (Japek), dilanjutkan Jalan Tol Cikampek—Purwakarta— Padalarang (Cipularang), dan Jalan Tol Padalarang—Cileunyi (Padaleunyi). Jalan Tol Jakarta—Cikampek terbagi menjadi jalan tol biasa dan jalan tol layang (elevated) atau dikenal Tol Jakarta—Cikampek II. Khusus tol layang, jalan ini hanya boleh dilintasi mobil pribadi dan tidak dapat dilintasi bus atau truk. Sementara itu, Jalan Tol Cipularang dan Padaleunyi menghubungkan Jakarta dengan Bandung dan sekitarnya. 

 

Berdasarkan catatan PT Jasa Marga sebagai pengelola, keberadaan Jalan Tol Cipularang dan Padaleunyi mempersingkat waktu tempuh Jakarta—Bandung menjadi dua jam lebih cepat. Namun, tarif jalan tol Jakarta—Bandung mengalami kenaikan sekitar 5 persen terhitung mulai Oktober 2020. Sekadar informasi, jalan tol Jakarta—Cikampek terbagi menjadi dua jenis, yaitu tol reguler atau bawah dengan tarif sekitar Rp15.000 dan tol baru yang merupakan jalan layang (elevated) dengan tarif sekitar Rp20.000 yang diperkirakan mulai berlaku pada akhir 2020 atau awal 2021. Sementara itu, Jalan Tol Cipularang dikenakan tarif sekitar Rp42.500 dan Tol Padaleunyi sekitar Rp3.500. Jika dihitung secara keseluruhan, tarif tol Jakarta—Bandung mencapai 60 ribuan untuk satu kali perjalanan. Belum lagi ditambah uang bahan bakar atau keperluan lainnya. Sedikit menguras tenaga dan melelahkan, bukan?

 

Tenang saja! Kamu masih bisa melakukan travel Jakarta Bandung dalam waktu dua jam menggunakan transportasi umum, khususnya bus. Dengan menaiki bus, kamu tentu dapat beristirahat selama perjalanan sehingga mampu menghemat tenaga dan biaya sekaligus menenangkan pikiran. Kamu juga bebas mengatur rencana keberangkatan sesuai kebutuhan. Apalagi, kini telah hadir situs maupun aplikasi redBus yang membuat pemesanan tiket bus semudah dalam genggaman.
Bekerja sama dengan lebih dari 2300 operator bus dan 18 juta pelanggan di seluruh dunia, redBus menawarkan kenyamanan pemesanan tiket secara online. Kamu dapat memilih tempat duduk dan jadwal keberangkatan sesuai keinginan. Pada masa pandemi seperti saat ini, redBus mewajibkan operator bus menerapkan fitur Safety+ sesuai protokol kesehatan sehingga travel Jakarta Bandung kamu makin aman. Jadi, perjalanan Jakarta Bandung kamu makin cepat, biaya perjalanan kamu pun makin hemat. Tunggu apalagi? Pesan tiket bus online mu di redBus sekarang, dan rasakan sensasi perjalanan Jakarta—Bandung dalam 2 jam dengan nyaman!

Leave a Reply