Travel Tips

Libur Panjang Desember 2020, Pergi ke Mana?

Tanpa terasa, tahun 2020 akan berakhir sebentar lagi. Banyak aktivitas dibatasi, termasuk bekerja dan bepergian, akibat pandemi pada tahun ini. Bahkan, rencana cuti bersama yang telah diatur pemerintah harus ditunda, misalnya libur panjang Idul Fitri pada pertengahan tahun, karena adanya PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) berupa larangan untuk mudik atau pulang kampung demi mencegah penyebaran Covid-19. Lalu, cuti bersama Idul Fitri ini pun dialihkan dan diganti libur panjang Natal hingga Tahun Baru pada akhir tahun. Jadi untuk libur panjang di Desember 2020, mau pergi ke mana?

 

Berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Kepres RI) Nomor 17 Tahun 2020, akan ada cuti bersama pada tanggal 24—25 Desember untuk Hari Raya Natal. Lalu, tanggal 28 hingga 31 Desember menjadi masa libur panjang untuk menggantikan cuti bersama Idul Fitri. Secara total akan libur panjang selama seminggu penuh. Apalagi kalau ditambah cuti tahunan yang bisa membuat libur semakin panjang lagi! Tapi bagi kamu yang belum punya rencana perjalanan atau acara untuk menghabiskan libur panjang akhir tahun nanti, jangan khawatir! Mari kita bahas pilihan liburan yang dapat kamu lakukan, terutama perjalanan jarak dekat atau jarak jauh dengan transportasi umum seperti bus. Tidak hanya harganya yang murah meriah, naik bus bisa mengisi waktumu dengan sangat pas. Sekarang pun sudah ada banyak jalan tol baru yang beroperasi, seperti tol Trans Jawa atau sebagian Trans Sumatra, jadi durasi perjalanan bisa jadi makin singkat! Jadi sebelum memesan tiket bus, cari tahu dulu informasi selengkapnya di sini. 

 

Untuk liburan dengan perjalanan jarak dekat, ada beberapa pilihan yang layak kamu pertimbangkan, misalnya rute Jakarta—Sukabumi, Yogyakarta—Solo, atau Semarang—Yogyakarta. Ini adalah rute-rute terpopuler di situs pemesanan tiket bus online, redBus, yang patut kamu simak. 

 

Bagi kamu yang tinggal di Jakarta, Sukabumi menjadi destinasi terbaik yang dekat dengan ibu kota. Kota di selatan Jakarta ini memiliki tempat wisata alam yang lengkap, misalnya wisata pegunungan seperti Situ Gunung di Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango hingga wisata pantai seperti Pelabuhan Ratu. Kamu dapat mengunjungi Sukabumi menggunakan bus Siliwangi Trans dari Jakarta. Perjalanan Jakarta—Sukabumi ditempuh dalam waktu 3 hingga 4 jam dengan harga tiket Rp90.000—Rp100.000 saja. Cukup terjangkau bukan? 

 

Pilihan liburan jarak dekat lainnya adalah Yogyakarta—Solo dan Semarang—Yogyakarta.  Kamu yang tinggal di Jogja dapat mengunjungi Solo, salah satu kota yang menjadi pusat budaya Jawa. Jelajahi keunikan Keraton Solo atau Taman Sriwedari menggunakan bus Joglo Semar dari Yogyakarta. Dengan durasi perjalanan 2 jam dan tiket seharga 35 ribu rupiah, Solo menjadi destinasi wisata jarak dekat yang tidak boleh kamu lewatkan. 

Selain itu, kamu yang berada di Semarang juga dapat berkunjung ke Yogyakarta. Kota yang dijuluki Jogja Istimewa ini hanya berjarak 2—3 jam saja dengan banyak destinasi wisata seperti Candi Borobudur, Candi Prambanan, Pantai Parangtritis, atau Keraton Yogyakarta. Dari Semarang, banyak pilihan operator bus yang dapat kamu gunakan untuk mengunjungi Jogja, misalnya DayTrans atau Joglo Semar, dengan tiket seharga Rp80.000 hingga Rp85.000.

 

Jika ingin liburan dengan perjalanan jarak jauh, kamu tentu punya banyak pilihan. Naik bus pun akan tetap sampai dengan nyaman, apalagi jika kamu memesan tiket bus online dari redBus yang dijamin aman. Kamu yang tinggal di Jakarta dapat mempertimbangkan beli tiket bus untuk travel antarpulau seperti Jakarta—Lampung atau Jakarta—Palembang. Rute Jakarta—Lampung dan Jakarta—Palembang merupakan perjalanan antarpulau sehingga kamu akan menaiki bus dan kapal feri yang menyeberangi laut yang memisahkan Pulau Jawa dan Sumatra. Terbayang bagaimana keseruannya ‘kan? 

 

Untuk rute Jakarta—Lampung, ada banyak operator bus yang dapat kamu pilih, seperti NPM, SAN, Pahala Kencana, atau Sinar Jaya. Dengan tiket seharga Rp200.000—Rp400.000, perjalanan 5 hingga 7 jam menuju Lampung akan terpuaskan dengan beragam destinasi wisatanya seperti Taman Nasional Way Kambas atau Pulau Pahawang. Sementara itu, kamu juga dapat mengunjungi kota Palembang sebagai rencana liburan perjalanan jarak jauh antarpulau. Ibu kota Provinsi Sumatra Selatan ini menawarkan destinasi wisata sungai yang menakjubkan seperti Jembatan Ampera di tepi Sungai Musi atau Pulau Kemaro yang terletak di tengah Sungai Musi. Ada banyak operator bus yang dapat kamu pilih untuk mengunjungi Palembang seperti NPM, Lorena, Sari Harum, atau Pahala Kencana. Dengan tiket seharga Rp200.000 hingga Rp450.000, perjalanan 14—15 jam dari Jakarta akan terbayar dengan serangkaian panorama menakjubkan selama perjalanan, mulai deretan pantai hingga barisan pegunungan di jalan lintas Sumatra.

 

Kalau kamu ingin liburan atau perjalanan jarak jauh dengan mencoba jalan tol Trans Jawa dari Jakarta, mengunjungi Semarang atau Yogyakarta tentu tak boleh dilewatkan. Untuk rute Jakarta—Semarang, kamu dapat memilih bus Harapan Jaya dengan durasi perjalanan 7 hingga 8 jam. Telusuri Kota Lama atau keunikan Simpang Lima Semarang dengan tiket seharga 180 ribu hingga 350 ribu (jika kamu ingin memilih bus tingkat atau double decker dari Harapan Jaya) rupiah saja. Sementara itu, berlibur ke Jogja melintasi tol trans Jawa juga tidak ada salahnya. Kamu dapat memilih bus Sumber Alam atau Sinar Jaya untuk mengunjungi Jogja dengan durasi 8 hingga 12 jam perjalanan. Harga tiket bus Rp170.000—Rp300.000 akan terbayar lunas lewat asyiknya liburanmu di Jogja dengan mengunjungi Malioboro, Tamansari, atau Keraton Jogja.

 

Bagi kamu yang berada di Surabaya, mengunjungi Bali dengan bus tentu mengasyikkan. Kamu dapat memilih bus M-Trans atau MG Travel untuk berlibur ke Bali. Dengan tiket seharga Rp220.000—Rp400.000, perjalanan 12 jam plus menaiki kapal penyeberangan antarpulau Jawa dan Bali akan menjadi sensasi tak terlupakan. Lalu, nikmatilah suasana Tanah Lot, Ubud, atau Pantai Kuta untuk mengisi keceriaan Malam Tahun Baru kamu!

 

Demikianlah beberapa opsi rute liburan dengan bus yang dapat kamu pertimbangkan untuk mengisi liburan akhir tahun. Kini, kamu tidak perlu repot mengantre untuk membeli tiket bus karena dapat memesan tiket bus online melalui situs web atau aplikasi redBus. Dapatkan banyak kemudahan dari redBus, seperti bebas menentukan jadwal keberangkatan, bahkan tempat duduk atau titik keberangkatan sesuai kebutuhan. Selain itu, setiap operator bus yang bekerja sama dengan redBus dilengkapi fitur Safety+ yang sesuai protokol kesehatan. Keselamatan dan kesehatan tetap aman, liburan pun tambah nyaman. 

 

Dengan redBus, libur panjang akhir tahun kamu makin mulus!

Leave a Reply