Travel Tips

Jalan-jalan dari Bandung ke Bogor Tahun 2020: Inilah yang Perlu Kamu Tahu

Bosan dengan rutinitas harian? Ingin liburan karena rindu suasana pegunungan? Travel Bandung Bogor naik bus Bandung Bogor, yuk!

Bogor, kota pegunungan yang dikenal karena kesejukannya, terletak di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Bogor dikelilingi beberapa gunung sehingga tanahnya subur dengan iklim yang sejuk dan asri. Karena itulah, Bogor telah menjadi area pertanian sekaligus tempat peristirahatan sejak zaman dahulu. Pada masa kolonial, orang-orang Belanda menyebut Bogor dengan nama Buitenzorg yang berarti ‘[tempat yang] aman tenteram’. Tak heran, Bogor menjadi destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan hingga mancanegara.

Bogor City

Bogor juga mudah diakses karena berlokasi dekat ibukota Jakarta maupun ibu kota provinsi, Bandung. Jika Anda dari Bandung, travel Bandung Bogor pastinya jadi rencana yang mengasyikkan karena berdurasi 3 hingga 5 jam perjalanan saja. Apalagi, Anda bisa mengunjungi Bogor dengan dua pilihan: menyusuri jalur Puncak di selatan sambil menikmati indahnya panorama pegunungan, atau melewati jalan Tol Cipularang—Jagorawi sehingga mempersingkat waktu perjalanan. Anda dapat melakukan Bandung Bogor travel dengan mobil pribadi, mobil sewaan, atau bus Bandung Bogor.

Jadi, kenapa harus banget mencoba travel Bandung Bogor? Simak saja beberapa keunikan Bogor berikut ini.

  • Dijuluki Kota Hujan: Bogor mendapat julukan Kota Hujan karena beberapa alasan. Kota ini dikelilingi tiga gunung, yaitu Gunung Salak, Gunung Gede, dan Gunung Pangrango. Hal itu menyebabkan terjadinya hujan Orografi atau hujan yang terjadi di wilayah pegunungan. Lalu, air laut dari Laut Jawa atau Samudra Hindia membawa banyak uap air dan masuk ke wilayah Bogor. Akhirnya, uap air tersebut naik dan langsung berubah menjadi air hujan. Karena itulah, Bogor sering diguyur hujan, bahkan pada musim kemarau. Jangan lupa sediakan payung saat travel Bandung Bogor, ya!
  • Surganya Pecinta Makanan: Bogor adalah surganya pecinta wisata kuliner. Kota ini memiliki banyak makanan khas, seperti:
  • Soto kuning: jeroan daging sapi seperti paru, babat, hingga kikil yang disiram kuah berwarna kuning plus ditaburi emping renyah siap memanjakan lidah.

Soto Kuning, Bogor

  • Cungkring: sajian berbentuk satai (sate) ini terbuat dari cingur atau bibir dan lidah sapi. Anda bisa menemukan cungkring dengan mudah dan harga yang murah, terutama pada pagi hari. Siraman kuah kacang berwarna kekuningan ditambah lontong plus sambal membuat cungkring makin menggiurkan!
  • Asinan: sensasi menyegarkan akan Anda rasakan ketika mencoba mangga muda, bengkuang, jambu muda, dan buah-buahan lainnya menyatu dalam kuah yang pedas, asam, dan manis dengan taburan kacang goreng.

Di samping ketiga makanan tersebut, ada kuliner khas Bogor lainnya seperti laksa, tauge goreng, doclang, hingga minuman seperti es pala dan bir kocok. Jangan lupa juga untuk mencoba roti unyil dan kue lapis talas!

Jika ingin mencicipi semua makanan tersebut, kunjungi Jalan Suryakencana. Terletak di pusat kota, gapura berwarna merah dengan dua patung singa bernuansa Tionghoa akan menyambut Anda di bagian depannya. Sejak zaman kolonial Belanda, Jalan Suryakencana memang menjadi kawasan Pecinan atau etnis Tionghoa. Dari kuliner halal hingga non-halal, semuanya dapat Anda temukan di sini!

  • Destinasi Wisata Alam yang Menawan: Dikelilingi pegunungan, Bogor memiliki banyak tempat wisata dengan pemandangan menawan. Berikut ini tiga destinasi wisata alam utama Bogor:
  • Kebun Raya Bogor: salah satu kebun terlengkap, terluas, dan tertua di Asia ini merupakan tujuan utama wisatawan ketika mengunjungi Bogor. Terletak di pusat kota, Kebun Raya Bogor dibuka mulai jam 8 pagi hingga jam 4 sore dengan harga tiket Rp15.000 untuk turis lokal dan Rp25.000 untuk wisatawan mancanegara.
  • Taman Safari Cisarua: sensasi berdekatan langsung dengan hewan di alam bebas menjadi hal yang Anda rasakan ketika mengunjungi tempat yang terletak 30 kilometer dari pusat kota Bogor ini dengan harga tiket mulai Rp200.000—Rp400.000 per orang.

Taman Safari, Indonesia

  • Puncak: termasuk dalam wilayah Kabupaten Bogor, Puncak menawarkan pemandangan alam dan hijaunya perkebunan teh yang populer sebagai tempat peristirahatan warga ibu kota, bahkan wisatawan mancanegara.

Di samping ketiga destinasi tersebut, tempat wisata bernuansa alam pegunungan lain yang  dapat Anda kunjungi antara lain Air Terjun Curug Nangka, The Jungle Waterpark, dan banyak destinasi lainnya yang mungkin Anda temukan sendiri saat melakukan Bandung Bogor travel. 

Travel Bandung Bogor: 7 Tips Aman dan Nyaman 

Sebelum melakukan travel Bandung Bogor, persiapkan semuanya dengan baik. Berikut ini 7 (tujuh) tips agar Bandung Bogor travel Anda makin aman dan nyaman.

  1. Bawalah pakaian berbahan tebal seperti jaket hangat dan baju lengan panjang karena Bogor terletak di daerah pegunungan. 
  2. Siapkan payung atau jas hujan untuk mengantisipasi Bogor yang sering hujan saat siang atau sore hari. 
  3. Jangan lupa siapkan kamera dan peralatan foto agar momen Bandung Bogor travel Anda layak diabadikan. 
  4. Bawalah makanan, minuman, atau camilan, bahkan buku bacaan agar perjalanan tak membosankan. 
  5. Sediakan juga perlengkapan seperti tisu basah atau kering jika Anda ingin ke toilet saat perjalanan, dan obat-obatan pribadi seperti obat anti mual jika kondisi jalanan terjal atau sewaktu-waktu dibutuhkan. 
  6. Selain uang elektronik atau kartu debit, siapkan juga uang tunai secukupnya untuk berbelanja oleh-oleh, makanan, atau membeli tiket objek wisata tujuan. 
  7. Ada banyak hotel dan penginapan dengan harga bervariasi namun terjangkau di Bogor, terutama di area Kebun Raya yang merupakan pusat kota. Semuanya dapat dipesan secara online sesuai jadwal yang telah Anda rencanakan. Jadi, tak perlu bingung dan khawatir kehabisan penginapan sehingga liburan tetap mengasyikkan.

Bepergian dengan bus tentunya lebih nyaman karena Anda bebas beristirahat di perjalanan. Ada banyak operator pilihan rute bus Bandung Bogor yang populer, yaitu Pasteur Trans, Lintas Shuttle, Aragon Shuttle, Sinar Jaya, Cinta trans, dan MGI. Harga tiket bus Bandung Bogor pun mulai dari 75 ribu rupiah saja. Terjangkau, bukan? 
Kini, Anda tak perlu repot mengantri untuk beli tiket. Pesan tiket lebih mudah, aman, dan nyaman melalui situs web atau aplikasi redBus.id. Anda bisa memilih jadwal dan tempat duduk sesuai keinginan dengan sistem pembayaran online yang dijamin aman. Tunggu apalagi? Rencanakan travel Bandung Bogor Anda dengan redBus.id sekarang juga!

Leave a Reply