Travel Tips

Jalan-jalan dari Malang ke Surabaya Tahun 2020: Semua yang Perlu Kamu Tahu

Ingin mengisi liburan sambil menikmati rimbunnya taman, tapi tetap dengan suasana perkotaan? Ke Surabaya aja, yuk! Surabaya adalah ibu kota Provinsi Jawa Timur. Jadi jika Anda menjelajahi Jawa Timur, Anda tak boleh ketinggalan melakukan perjalanan travel Malang Surabaya. Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia. Nama kota ini merupakan gabungan dari kata sura (ikan hiu) dan baya (buaya). Menurut cerita, ikan sura si penguasa laut dan buaya sang penguasa sungai bertarung di tempat yang kelak bernama Surabaya ini.

Surabaya Cityscape, East Java, Indonesia

Sejak dahulu, Surabaya dikunjungi banyak bangsa sehingga menjadi tempat perpaduan budaya Jawa, Madura, Arab, Belanda, dan Tionghoa. Tak heran, Surabaya memiliki banyak bangunan tua bersejarah dengan ciri khas budaya tersebut yang masih terawat sehingga dijadikan destinasi wisata kota. Sebagai salah satu pusat perekonomian di Jawa dan Indonesia, kota ini mudah diakses dari mana saja, termasuk dari Malang via bus Malang Surabaya dengan jarak 95 kilometer. Selain itu, ada banyak pilihan jadwal bus Malang Surabaya dan tarif bus Malang Surabaya. Dengan durasi perjalanan 2 hingga 3 jam saja, travel Malang Surabaya tentu layak menjadi rencana liburan.

Jadi, kenapa harus banget menjajal travel Malang Surabaya, sih? Yuk, simak 5 hal menarik tentang Surabaya berikut ini.

  • Dijuluki Kota Pahlawan: Surabaya mendapat julukan Kota Pahlawan karena Pertempuran 10 November. Peristiwa tersebut merupakan pertempuran antara rakyat Indonesia melawan tentara Inggris pada 10 November 1945. Tentara Inggris mengepung Surabaya setelah kematian sang komandan, Brigadir Mallaby. Dengan gagah berani, rakyat Surabaya mempertahankan kotanya dari serangan Inggris sehingga dijuluki Kota Pahlawan. Tanggal 10 November pun ditetapkan sebagai Hari Pahlawan.
  • Uniknya Boso Suroboyoan: Masyarakat Surabaya didominasi etnis Jawa berdialek khas disebut Boso Suroboyoan. Kekhasan ini terlihat dari panggilan Arek atau Rek yang berarti ‘Anak’. Ada pula panggilan Cak yang berarti ‘kakak laki-laki’ dan Ning yang berarti ‘kakak perempuan’.  Kebudayaan Jawa di Surabaya juga bersifat egaliter atau setara, seperti yang terlihat dari kesenian drama tradisional Ludruk dan tari selamat datang Ngremo.
  • Kota Seribu Taman: Anda dapat menemukan banyak taman yang rindang dan indah di setiap sudut kota Surabaya. Tak heran, Surabaya menjadi salah satu kota terbersih di Indonesia. Beberapa taman terkenal di Surabaya antara lain Taman Bungkul, Taman Pelangi, Taman Prestasi, Taman Harmoni, dan banyak lainnya. Bahkan, Taman Bungkul mendapat penghargaan The Asian Townscape Award 2013 atau taman terbaik Asia tahun 2013 karena berfasilitas lengkap seperti sentra pedagang mikro, ruang terbuka hijau, kawasan disabilitas, dan internet (Wi-Fi) gratis.
  • Penuh Destinasi Wisata Sejarah hingga Makanan: Sebagai kota metropolitan, Surabaya menjadi tempat bertemunya berbagai kebudayaan. Tak mengejutkan jika kota ini memiliki beragam destinasi wisata bersejarah hingga makanan yang tak boleh Anda lewatkan. Berikut ini beberapa destinasi wisata menarik di Surabaya.

Tempat Untunk Dikunjungi

  1. Tugu Pahlawan: monumen ini merupakan ikon kota Surabaya yang dibangun untuk mengenang Pertempuran 10 November 1945. Anda dapat mengunjungi Museum 10 November di kompleks ini dengan harga tiket Rp5.000 saja.Tugu Pahlawan, Indonesia
  2. Monumen Kapal Selam: museum bekas kapal selam Angkatan Laut (AL) Indonesia cocok Anda kunjungi bersama keluarga sebagai wisata edukasi sejarah. Museum ini buka sejak jam 8 pagi dengan tiket seharga 10 ribu rupiah.
  3. Kebun Binatang Surabaya: taman margasatwa sejak 1918 ini mempunyai koleksi hewan terlengkap dengan patung ikan sura dan buaya di depannya. Harga tiketnya Rp5.000.
  4. Taman Bungkul: taman kota yang pernah menjadi taman terbaik Asia ini menawarkan fasilitas lengkap dan gratis yang cocok Anda kunjungi untuk melepas lelah.
  5. Hutan bakau Wonorejo: bosan dengan wisata kota? Datangi area hutan bakau di tepi pantai Surabaya ini. Biaya masuknya gratis dan hanya membayar biaya parkir jika membawa kendaraan. Apabila ingin berkeliling dengan perahu, Anda cukup membayar Rp25.000 saja.
    Wonorejo Mangrove Forest, Surabaya

Di samping kelima tempat tersebut, destinasi wisata lain di Surabaya adalah Masjid Sunan Ampel, Gereja Santa Maria, Klenteng Sanggar Agung, Jembatan Merah, Pantai Kenjeran, House of Sampoerna, dan banyak lainnya.

Anda menyukai wisata kuliner? Surabaya memiliki banyak makanan khas, seperti:

  • Rujak cingur: olahan cingur atau mulut sapi dengan siraman kuah petis yang diulek serta irisan buah segar.
  • Lontong balap: irisan lontong dengan tahu dan kecambah yang disiram kecap, sambal, plus sate kerang yang menggugah selera.
  • Rawon: sup daging sapi dengan kuah berwarna hitam dan disajikan bersama nasi tentu siap memanjakan lidah Anda.
  • Tahu tek: campuran tahu setengah matang yang berpadu dengan telur dan saus kacang yang cocok disantap selagi hangat.

Jangan lupa mencoba es krim di Zangrandi yang merupakan kedai es krim tertua di Surabaya, dan sate klopo Ondomohen yang tentunya melengkapi travel Malang Surabaya Anda.

Travel Malang Surabaya: 7 Tips Aman dan Nyaman

Sebelum melakukan travel Malang Surabaya, berikut ini 7 (tujuh) tips agar liburan Anda makin aman dan nyaman.

  1. Bawalah pakaian berbahan tipis atau lengan pendek karena Surabaya beriklim panas. 
  2. Surabaya terletak di tepi pantai jadi siapkan sunblock jika Anda memiliki masalah kulit. 
  3. Siapkan kamera agar momen travel Malang Surabaya Anda diabadikan. 
  4. Bawalah minuman atau makanan ringan agar perjalanan Anda mengasyikkan. 
  5. Sediakan tisu untuk ke toilet ketika perjalanan, dan obat-obatan pribadi seperti anti mual jika sewaktu saat dibutuhkan. 
  6. Siapkan uang elektronik dan uang tunai secukupnya untuk membeli makanan, oleh-oleh, atau tiket masuk objek wisata tujuan. 
  7. Ada banyak hotel dan penginapan dengan harga bervariasi serta terjangkau di Surabaya, terutama di pinggir kota yang dekat tempat wisata. Semuanya dapat dipesan melalui aplikasi online sesuai bujet liburan Anda.

Jika Anda dari Malang, banyak pilihan transportasi menuju Surabaya seperti kereta api, mobil pribadi atau sewaan, dan bus Malang Surabaya. Namun, naik bus tentu lebih nyaman karena Anda dapat beristirahat dalam perjalanan. Ada banyak operator bus Malang Surabaya yang populer, yaitu Big Trans, Cititrans, Gading Trans, King Travel, dan PO Menggala. Tarif bus Malang Surabaya bervariasi dan terjangkau, yaitu mulai Rp100.000—Rp170.000 per orang. Jadwal bus Malang Surabaya pun hampir selalu tersedia 24 jam.

Sekarang, Anda tak perlu repot mengantri beli tiket bus Malang Surabaya di loket. Dapatkan kemudahan memesan tiket bus Malang Surabaya melalui situs web atau aplikasi redBus.id. Anda bisa memilih tempat duduk bus Malang Surabaya, jadwal bus Malang Surabaya, dan tarif bus Malang Surabaya sesuai kebutuhan. Pemesanan tiket lewat redBus.id bersistem online sehingga terjamin keamanannya. Ayo, siapkan travel Malang Surabaya Anda dengan redBus.id sekarang!

Leave a Reply