Travel Tips

8 Hal yang Perlu Diingat Saat Bepergian dari Surabaya ke Malang Pada Tahun 2020

Anda pasti pernah mendengar nama “Bromo” atau “Apel Malang”, bukan? Ingin merasakan suasana pantai sekaligus pegunungan? Liburan ke Malang saja dengan travel Surabaya Malang! Malang adalah kota pegunungan yang terletak di Jawa Timur, Indonesia. Kota ini menjadi destinasi wisata utama di Jawa Timur dan Indonesia yang sering dikunjungi wisatawan hingga mancanegara. Beragam objek wisata, dari pantai hingga pegunungan, dapat ditemukan di Malang.

Tugu Malang, Malang City, Indonesia

Malang merupakan kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah Surabaya. Kedua kota ini berjarak 95 kilometer dengan durasi 2 hingga 3 jam perjalanan. Banyak rute bus Surabaya Malang tersedia dengan harga travel Surabaya Malang yang terjangkau. Tak heran, travel Surabaya Malang menjadi rencana liburan terbaik saat menjelajah Jawa Timur. Yuk, simak 8 hal terbaik tentang travel Surabaya Malang berikut ini!

Balai Kota, Malang

  • Kota Apel: Anda tentu tidak asing dengan julukan ini karena Malang dikenal sebagai penghasil buah apel. Produksi apel Malang sangat melimpah, bahkan diekspor ke luar negeri dan dijadikan oleh-oleh khas Malang seperti keripik apel, cuka apel, hingga sari buah apel.
  • Switzerland van Java: Seperti kota Garut di Jawa Barat, Malang juga dijuluki Swiss-nya Jawa karena memiliki iklim sejuk dan panorama indah. Kota ini memang terletak di dataran tinggi dan dikelilingi pegunungan. Pemerintah kolonial Belanda pada masa lalu menjadikan Malang sebagai daerah peristirahatan sekaligus perkebunan karena keindahan alamnya.
  • Kota Pendidikan: Malang memiliki banyak sekolah dan universitas ternama di Indonesia seperti Universitas Brawijaya dan Universitas Muhammadiyah Malang. Udara yang sejuk dan biaya hidup yang relatif murah menjadi alasan banyak pelajar melanjutkan studinya di Malang.
  • Boso Walikan: Malang dikenal karena keunikan Boso Walikan, yaitu bahasa Indonesia atau bahasa Jawa yang pengucapannya dibalik. Umak nad ayas kera Ngalam atau ‘kamu dan saya arek (anak) Malang’ adalah salah satu contoh kata dialek Walik-an.
  • Surganya Pecinta Makanan: Malang merupakan pusatnya kuliner dengan harga terjangkau. Bakso Malang, ronde titoni, rawon, cwi mie, tempe mendol, sempol, hingga ote-ote menjadi kuliner yang layak Anda coba. Jangan lupa untuk mencicipi es krim legendaris di Toko Oen, menyantap bakso Presiden yang terkenal, dan mencoba olahan ketan susu Pos Ketan Legenda di kawasan Alun-alun Kota Batu.

Bakso Malang

  • Wisata Pegunungan yang Menawan: Inilah daya tarik utama Malang yang membuat travel Surabaya Malang jadi layak dijalani. Kota ini dikelilingi banyak gunung seperti Gunung Arjuno, Gunung Bromo, Gunung Kawi, dan Gunung Semeru sehingga beriklim sejuk. Menyaksikan matahari terbit di Gunung Bromo menjadi pesona Malang yang tak boleh Anda lewatkan. Dengan tarif 250 hingga 300 ribu rupiah per perjalanan, biasanya Anda akan dijemput operator travel di penginapan—jika berlokasi di pusat kota Malang—untuk menikmati objek wisata di kawasan Taman Nasional Gunung Bromo dari tengah malam hingga menjelang siang. Anda juga dapat mengunjungi berbagai taman hiburan seperti Batu Night Spectacular (BNS) dan Jatim Park dengan tiket seharga 200 hingga 300 ribu rupiah per orang. Nikmati pula air terjun seperti Coban Rondo dan Coban Pelangi agar liburan Anda makin mengasyikkan.
  • Wisata Pantai yang Eksotis di Selatan: Malang ternyata memiliki deretan pantai yang indah di bagian selatan. Sebagian wilayah Malang di selatan memang berbatasan dengan Samudra Hindia. Beberapa pantai indah di Malang yang wajib Anda kunjungi adalah Pantai Balekambang, Pantai Goa Cina, dan Pantai Bajul Mati. Bahkan, Malang juga memiliki pulau di bagian selatan, Pulau Sempu, yang menyimpan keindahan tersembunyi karena belum banyak dijelajahi.

Travel Surabaya Malang: 7 Tips Aman dan Nyaman

Berikut ini 7 (tujuh) tips agar travel Surabaya Malang Anda aman dan nyaman.

  1. Karena Malang berlokasi di pegunungan, siapkan pakaian berbahan tebal dan hangat seperti jaket dan baju lengan panjang. 
  2. Bawalah masker, hand sanitizer, dan jaga jarak aman (physical distancing) dengan segera menghindari kerumunan jika tempat wisata yang Anda kunjungi terlalu ramai agar kesehatan Anda tetap terjaga saat berlibur di tengah pandemi ini.
  3. Bawalah kamera atau peralatan sejenisnya agar travel Surabaya Malang Anda jadi momen yang diabadikan secara sempurna. 
  4. Siapkan makanan ringan dan minuman sendiri agar perjalanan Anda menyenangkan. 
  5. Siapkan tisu basah atau kering dan obat pribadi jika sewaktu saat diperlukan. 
  6. Sediakan uang elektronik dan uang tunai secukupnya untuk membeli oleh-oleh, makanan, atau tiket masuk objek wisata tujuan. 
  7. Ada banyak penginapan dan hotel dengan harga yang bervariasi di pusat kota Malang. Semuanya dapat dipesan melalui aplikasi online sesuai bujet liburan Anda.

Dari Surabaya, Anda dapat berkunjung ke Malang dengan kereta api, mobil pribadi atau sewaan, dan bus Surabaya Malang. Jika Anda ingin beristirahat dalam perjalanan, naik bus tentu menjadi pilihan terbaik travel Surabaya Malang. Ada banyak operator bus Surabaya Malang yang populer, yaitu Big Trans, Cititrans, Gading Trans, King Travel, dan PO Menggala. Operator bus Surabaya Malang ini memiliki titik keberangkatan dan penurunan yang bervariasi, seperti Bandara Internasional Juanda, lintas kota Surabaya, Kota Batu, dan lintas kota Malang. Tarif bus Surabaya Malang bervariasi dan terjangkau, yaitu mulai Rp100.000—Rp180.000 per orang. Jadwal bus Surabaya Malang pun selalu tersedia 24 jam.

Travel Surabaya Malang

Anda kini bisa mendapatkan harga travel Surabaya Malang, jadwal bus Surabaya Malang, dan tarif bus Surabaya Malang dengan penawaran dan promo terbaik melalui redBus. Lewat situs web atau aplikasi redBus.id, pemesanan tiket bus Surabaya Malang kini semudah dalam genggaman. Anda bebas memilih tempat duduk bus Surabaya Malang, jadwal bus Surabaya Malang, dan tarif bus Surabaya Malang sesuai keinginan. Tak hanya itu, pembayaran dan pemesanan tiket redBus.id bersistem online melalui transfer ATM, internet banking, hingga kartu kredit sehingga dijamin aman.

Tunggu apalagi? Segera dapatkan harga travel Surabaya Malang terbaik Anda dengan redBus.id!

Leave a Reply