Travel Tips

Jalan-Jalan Dari Jakarta ke Bandung Tahun 2020: Inilah Yang Perlu Anda Tahu

Siapa, sih, yang tidak kenal Bandung? Bandung, ibu kota Provinsi Jawa Barat, merupakan salah satu primadona wisata Indonesia. Kota dikelilingi oleh gunung sehingga udaranya sejuk dan berpanorama indah. Pada zaman kolonial Belanda, Bandung disebut Parijs van Java karena keindahannya dianggap setara kota Paris di Eropa. Saat ini, Bandung makin terkenal karena banyaknya tempat wisata yang dipercantik sehingga mengundang banyak wisatawan dari seluruh Indonesia, bahkan mancanegara. Karena itulah, Bandung selalu menjadi tempat favorit liburan keluarga. Jika Anda dari Jakarta, travel Jakarta Bandung tentu menjadi opsi liburan terbaik untuk mengistirahatkan diri dari kesibukan ibu kota.

Bandung, Indonesia

Ya, Bandung adalah destinasi populer dari Jakarta. Naik bus Jakarta Bandung atau mobil, perjalanannya singkat. Apalagi dengan adanya Tol Cikampek II dan Tol Cipularang yang menyebabkan durasi Jakarta Bandung menjadi 2 hingga 4 jam saja, tergantung kondisi dan situasi jalanan. Banyak transportasi umum yang membuka rute Jakarta Bandung, termasuk bus Jakarta Bandung. Tak perlu ragu lagi: travel Jakarta Bandung patut dimasukkan dalam rencana liburan Anda!

Jadi, kenapa harus banget mencoba berwisata Jakarta Bandung? Berikut ini 7 (tujuh) hal istimewa tentang Bandung yang perlu Anda tahu.

  • Dijuluki Kota Kembang: Bandung dijuluki Kota Kembang karena banyak taman dengan pepohonan serta bunga-bunga cantik yang tumbuh di sana. Selain itu, julukan ini juga diberikan karena pada masa kolonial Belanda sering diadakan karnaval sepeda dan kereta kuda yang berhiaskan bunga.

Gardens, Indonesia

  • Kota Pendidikan: Bandung merupakan tempat berdirinya perguruan tinggi teknik pertama di Indonesia, Technische Hoogeschool Bandoeng atau Institut Teknologi Bandung (ITB) sekarang. Soekarno, presiden pertama Indonesia, merupakan lulusan kampus tersebut. Selain itu, banyak universitas negeri maupun swasta yang berbasis di kota beriklim sejuk ini. Tidak ada salahnya mengunjungi perguruan-perguruan tinggi ini, apalagi jika Anda punya sanak saudara yang hendak memasuki universitas. 
  • Tempatnya Peristiwa Bersejarah: Bandung menjadi tempat berlangsungnya peristiwa bersejarah bagi Indonesia. Pertempuran Bandung Lautan Api pada 1946 dan Konferensi Asia-Afrika (KAA) pada 1955 merupakan beberapa contohnya. Datang ke Bandung, Anda dapat mempelajari lebih lengkap tentang peristiwa-peristiwa penting tersebut.
  • Surganya Wisata Belanja: Kalau Anda suka berbelanja, apalagi mencari barang-barang yang unik dan seru, Bandung jadi pilihan. Banyak distro, factory outlet, dan mal yang tersebar di penjuru kota. Dari pakaian di Cihampelas hingga sepatu di Cibaduyut, Bandung memang surganya belanja!
  • Pusatnya Kuliner Jalanan: Beragam kuliner menggugah selera dapat Anda temukan di Bandung. Uniknya, kuliner khas Bandung kerap disingkat namanya, seperti batagor (bakso tahu goreng), cilok (aci dicolok), comro (oncom dijero), atau cireng (aci digoreng). Kota ini jelas tak boleh dilewatkan pencinta jajanan maupun kuliner jalanan.
  • Dari Gedung Tua hingga Pegunungan: Destinasi Wisata yang Menawan: Kota Bandung dipenuhi berbagai bangunan tua peninggalan masa kolonial Belanda. Anda dapat menyusuri Jalan Braga dan Jalan Asia-Afrika hingga Alun-alun Kota Bandung untuk mengabadikan berbagai kafe dan gedung klasik dalam kamera. Semuanya gratis dan tidak dipungut biaya. Anda juga dapat mengunjungi museum di Gedung Sate, ikon Bandung yang menjadi kantor Gubernur Jawa Barat, dengan tiket Rp5.000 saja.

Bandung juga dikenal dengan destinasi wisata pegunungan. Di selatan kota Bandung, Anda dapat mengunjungi area Kawah Putih Ciwidey dengan harga tiket 25 hingga 75 ribu rupiah. Di utara Bandung, datangilah Tebing Keraton dan Taman Hutan Raya yang berpanorama Gunung Tangkuban Parahu dengan tiket mulai dari Rp15.000 saja. Anda pun bisa mengunjungi Gunung Tangkuban Parahu dengan tiket mulai dari 20—30 ribu rupiah untuk wisatawan lokal dan 200—300 ribu rupiah untuk wisatawan mancanegara. Selain itu, ada pula Museum Geologi Bandung, Farmhouse Susu Lembang, Masjid Raya Bandung, dan destinasi wisata Bandung lainnya yang mungkin Anda temukan dan jelajahi sendiri!

Travel Jakarta Bandung: 7 Tips Aman dan Nyaman

Social Distancing with redBus
Sebelum melakukan travel Jakarta Bandung, pastikan semuanya dengan baik, ya! Berikut ini 7 (tujuh) tips agar liburan Jakarta Bandung Anda makin nyaman dan aman.

  1. Bandung terletak di pegunungan. Jadi, bawalah pakaian berbahan tebal seperti baju lengan panjang atau jaket. 
  2. Selalu cuci tangan, pakai masker, bawa hand sanitizer, dan jaga jarak aman (physical distancing) demi kesehatan saat berwisata Jakarta Bandung pada masa pandemi.
  3. Bawalah kamera supaya travel Jakarta Bandung Anda jadi momen tak terlupakan. 
  4. Sediakan makanan ringan, minuman, bahkan buku untuk menemani perjalanan. 
  5. Jangan lupa menyiapkan obat-obatan pribadi atau tisu jika sewaktu saat dibutuhkan. 
  6. Selain kartu kredit/debit dan uang elektronik, sediakan uang tunai secukupnya untuk membeli oleh-oleh atau tiket objek wisata tujuan. 
  7. Banyak hotel dan penginapan dengan harga bervariasi namun terjangkau di Bandung, baik di pusat kota maupun dekat lokasi wisata. Semuanya dapat dipesan langsung maupun online via aplikasi sehingga menjamin travel Jakarta Bandung 24 jam sesuai rencana liburan Anda.

Travel Jakarta Bandung 24 jam dapat Anda lakukan melalui kereta api, mobil pribadi atau sewaan, dan bus Jakarta Bandung. Namun, bepergian dengan bus Jakarta Bandung tentu lebih nyaman sebab Anda dapat beristirahat lebih banyak di perjalanan. Banyak pilihan operator bus Jakarta Bandung, tiket Jakarta Bandung dan harga travel Jakarta Bandung dengan harga terjangkau. Beberapa operator rute Jakarta Bandung yang melayani travel Jakarta Bandung 24 jam dengan jumlah keberangkatan bus Jakarta Bandung terbanyak adalah Jackal Holidays, X-Trans, DayTrans, Baraya Travel, dan Lintas Shuttle. Harga travel Jakarta Bandung pun ekonomis, yaitu mulai 95 ribu hingga 125 ribu rupiah saja.

Sekarang, Anda tak perlu mengantri untuk membeli tiket Jakarta Bandung. Dapatkan tiket Jakarta Bandung dengan lebih mudah dan nyaman melalui situs web atau aplikasi redBus.id. Anda bisa memilih jadwal dan tempat duduk bus Jakarta Bandung sesuai keinginan dengan sistem pembayaran online yang dijamin aman. Temukan pula diskon khusus dari redBus.id yang menjamin harga travel Jakarta Bandung Anda makin hemat.

Dengan redBus.id, travel Jakarta Bandung Anda jadi pengalaman tak terlupakan!

One Comment

Leave a Reply