Travel Tips

Jalan-Jalan Dari Bandung ke Jakarta Pada 2020? 7 Hal Yang Perlu Diingat!

Tahukah Anda: Monas atau Monumen Nasional ternyata bukanlah ikon Jakarta, melainkan elang bondol serta salak Condet yang merupakan hewan dan tumbuhan asli Jakarta? Itulah secuil fakta menarik tentang Jakarta. Ibu kota Indonesia ini merupakan metropolitan terbesar di Asia Tenggara. Sebagai salah satu kota terbesar di dunia dengan segala kesibukannya, Jakarta ternyata menyimpan beragam potensi wisata. Jika Anda melakukan perjalanan travel Bandung Jakarta, Anda akan sadar bahwa banyak orang mendatangi Jakarta tak hanya untuk urusan kerja, tetapi juga untuk berwisata.

Jakarta Skyline

Kota ini memang mudah diakses dari mana saja. Berbagai transportasi umum dari banyak tempat di Indonesia dan dunia membuka rutenya ke Jakarta, termasuk dari Bandung via bus Bandung Jakarta. Jadi, kenapa travel Bandung Jakarta ide bagus untuk saya? Berikut ini 7 (tujuh) hal yang perlu diingat tentang Jakarta sehingga patut jadi destinasi liburan Anda!

  • Kota yang 13 Kali Berganti Nama: Jakarta memang unik, dimulai dari namanya. Tercatat sampai 13 kali berganti nama, nama pertama yang dikenal untuk Jakarta adalah Sunda Kelapa, lalu Jayakarta pada tahun 1527. Setelah itu pada 1621, Jakarta dikenal sebagai Stad Batavia. Masuk ke abad 20, nama-nama Jakarta adalah Gemeente Batavia dan Stad Geemente Batavia selama masa penjajahan Belanda dan Jakarta Toko Betsu Shi pada masa penjajahan Jepang. Pada 1945 Pemerintah Nasional Kota Jakarta menjadi nama resminya dan di masa pasca-Kemerdekaan RI Jakarta dikenal sebagai Kota Praja Jakarta, Kota Praja Jakarta Raya, Pemerintah Daerah Khusus Ibukota Jakarta Raya dan akhirnya Jakarta. Dari 1999 hingga sekarang, nama resmi Jakarta adalah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.
  • Salah Satu Kota dengan Mal Terbanyak di Dunia: Hobi berbelanja? Pasti harus ke Jakarta! Ibukota Indonesia ini memiliki sekitar 170 mal atau pusat perbelanjaan. Grand Indonesia, Plaza Indonesia, dan Mall Taman Anggrek merupakan contoh sebagian mal di Jakarta, yang kini dianggap sebagai kota dengan mal terbanyak di dunia
  • Kota Berpenduduk Terbanyak di Indonesia: Sebagai ibu kota negara, Jakarta menjadi pusat kegiatan ekonomi yang menarik banyak orang dari seluruh Indonesia untuk bekerja. Dengan jumlah penduduk hampir 11 juta jiwa, tak heran jika Jakarta menjadi kota terpadat di Indonesia. Anda bisa bertemu berbagai orang dari seluruh penjuru Indonesia di Jakarta.
  • Surga Kuliner Indonesia: Anda dapat menemukan banyak restoran maupun makanan khas dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan dunia. Jakarta sendiri memiliki banyak kuliner khas seperti kerak telor, gado-gado, ketoprak, nasi uduk, dan soto Betawi, namun banyak makanan daerah lain dan negeri lain yang bisa ditemukan di sini. Pekan Raya Jakarta (PRJ) yang digelar setiap Juni hingga Juli setiap tahunnya menjadi tempat terbaik untuk mencicipi kuliner Jakarta ini.

Gado-Gado, Indonesian salad

  • Kota Bersejarah dengan Museum yang Berlimpah: Jakarta merupakan kota bersejarah. Di sinilah, kemerdekaan Indonesia untuk pertama kalinya diumumkan dan disebarkan ke seluruh dunia pada 17 Agustus 1945. Selain itu, Jakarta mempunyai sekitar 50 museum dengan beragam koleksi sejarah dan budaya yang cocok sebagai wisata edukasi. Kawasan Kota Tua Jakarta menjadi tempat terbaik untuk berwisata sejarah karena ada banyak museum di sekitarnya seperti Museum Sejarah Jakarta, Museum Bank Mandiri dan Museum Wayang.
  • Dari Bahari hingga Budaya: Lengkapnya Destinasi Wisata Jakarta: Jakarta yang juga kota pelabuhan ini menyimpan potensi wisata bahari atau kelautan, seperti gugusan Kepulauan Seribu. Dengan tarif penyeberangan mulai 250 ribu rupiah, Anda dapat menjelajahi Kepulauan Seribu dengan keindahan bawah laut hingga ketenangan pantainya. Anda juga dapat menikmati keindahan pantai Jakarta via Taman Impian Jaya Ancol dengan tiket mulai  Rp25.000 saja.

Seaport, Jakarta

Anda juga dapat mengunjungi destinasi wisata budaya sekaligus ikon Jakarta: Monumen Nasional (yang tiket masuknya adalah Rp15.000,-), Taman Mini Indonesia Indah (tiket mulai Rp20.000,-) dan Kebun Binatang Ragunan (dengan biaya masuk termurah, yaitu Rp5.000,- saja!) Selain itu, ada pula destinasi wisata Jakarta yang gratis, misalnya Kota Tua, Galeri Nasional Indonesia, Masjid Istiqlal, Lapangan Banteng, dan Gereja Katedral.

Travel Bandung Jakarta: 7 Tips Aman dan Nyaman
Berikut ini 7 (tujuh) tips liburan travel Bandung Jakarta nyaman dan aman untuk Anda.

  1. Bawalah pakaian sesuai kebutuhan karena Jakarta bercuaca panas. 
  2. Pada masa pandemi ini, jangan lupa sediakan hand sanitizer, pakai masker, selalu cuci tangan, dan jaga jarak aman (physical distancing).
  3. Siapkan kamera agar travel Bandung ke Jakarta Anda jadi momen yang terabadikan. 
  4. Siapkan perlengkapan pribadi seperti tisu dan obat-obatan jika sewaktu saat diperlukan. 
  5. Siapkan kartu uang elektronik dengan saldo cukup karena eMoney, Flazz dan sebagainya bisa digunakan untuk berkeliling Jakarta.  Tapi jangan lupa juga untuk membawa uang tunai dan kartu kredit untuk membiayai perjalanan Anda dan beli oleh-oleh. 
  6. Unduh berbagai aplikasi yang mempermudah perjalanan Anda di Jakarta, seperti aplikasi transportasi (termasuk redBus) dan aplikasi taksi dan ojek online.
  7. Ada banyak hotel dan penginapan di Jakarta dengan harga yang bervariasi. Semuanya dapat dipesan online sehingga jadwal travel Bandung Jakarta Anda tetap aman.

Travel Bandung Jakarta dapat dilakukan dengan kereta api, mobil sewaan, dan shuttle bus Bandung Jakarta. Bepergian dengan bus Bandung Jakarta tentu lebih nyaman karena Anda dapat beristirahat di perjalanan. Apalagi, dibukanya Tol Cipularang mempersingkat durasi jadwal travel Bandung Jakarta menjadi 2—3 jam perjalanan saja, tergantung kondisi dan situasi lalu lintasnya.

Banyak pilihan bus Bandung Jakarta, tiket bus Bandung Jakarta, dan harga travel Bandung Jakarta yang terjangkau. Para operator bus Bandung Jakarta  ini melayani jadwal travel Bandung Jakarta selama 24 jam. Beberapa operator bus Bandung Jakarta dengan jumlah keberangkatan terbanyak adalah X-Trans, DayTrans, Lintas Shuttle, Baraya Travel, dan Jackal Holidays. Harga travel Bandung Jakarta pun ekonomis, yaitu dari Rp85.000—Rp140.000 saja.
Anda kini tak perlu mengantri untuk beli tiket bus Bandung Jakarta. Melalui situs web atau aplikasi redBus.id, pemesanan tiket bus Bandung Jakarta lebih mudah dan aman. Banyak diskon khusus dari redBus.id sehingga harga travel Bandung Jakarta semakin hemat.

Dengan redBus.id, jadikan travel Bandung Jakarta sebagai momen impian Anda!

Leave a Reply