Bus Journeys Travel Tips

Traveling di Indonesia di Era New Normal, Begini Caranya!

Kalau kamu suka traveling, di tahun 2020 ini pasti ‘jam terbang’ kamu berkurang banyak. Bisa dibilang hidup para travelers telah dikacaukan oleh pandemi yang bernama coronavirus atau COVID-19. Tapi meskipun begitu, kita masih bisa bangkit di era ‘New Normal’. Ini adalah era baru di mana kita sebagai masyarakat bisa hidup di era pandemi COVID-19, dengan menjalankan beberapa protokol yang membuat hidup jadi lebih aman dan tenteram walaupun ada virus yang mewabah. Jadi melakukan kegiatan seperti liburan dan bepergian bisa tetap dilakukan! Apalagi dengan partner seperti redBus yang selalu memikirkan keselamatan penumpang: tiket bus dibeli secara online, bebas memilih tempat duduk, pembayaran pun gampang. 

 

Artboard 1 copy 2

 

Jujur saja, perjalanan jauh ke luar negeri menggunakan pesawat terbang masih agak mengkhawatirkan. Jadi kalau kangen jalan-jalan, kita pilih saja perjalanan jarak pendek dalam negeri, seperti rute-rute yang bisa mudah dicapai dengan naik bus. Pilihannya ada banyak, seperti Jakarta–Bandung, Bogor–Bandung, Sukabumi–Bandung, Yogyakarta–Solo, Solo–Semarang atau Surabaya–Malang. Kalau mau yang agak jauh sedikit, kita bisa memilih tiket bus online untuk perjalanan dari Surabaya ke Bali atau dari Jakarta ke Lampung. 

 

Tentu saja semua wajib dilakukan dengan perhatian khusus terhadap kesehatan, keamanan dan kebersihan ya!

 

Semua rute pendek yang disebutkan di atas bisa ditempuh dengan mudah bareng redBus. Aplikasi tiket bus online ini benar-benar nyaman buat menemani kita dalam perjalanan. Apapun rutenya, jadwalnya pasti bisa ditemukan di website redBus. Mau dari Jakarta ke Bandung PP? Ada! Bogor ke Bandung PP? Ada! Cara mengecek tiket bus di website atau aplikasi redBus gampang banget, seperti ini:

 

  1. Isi kota asal dan kota tujuan
  2. Pilih tanggal dan jam keberangkatan
  3. Pilih titik naik dan titik turun
  4. Pilih operator bus
  5. Pilih tempat duduk
  6. Lakukan pembayaran online
  7. Cus, langsung berangkat!

 

Kita juga tidak perlu takut sama sekali tentang pembayarannya karena bisa cashless, alias tanpa uang tunai. Bayar online? Tentu saja bisa! redBus punya sistem pembayaran tiket bus yang lengkap, mulai dari virtual account dan bank transfer sampai ke pemakaian alat bayar digital seperti Gopay dan OVO. Pakai kartu debit atau kartu kredit pun bisa. Tapi kalau ada yang merasa kurang yakin dengan alat-alat bayar online, bayar tunai di kasir Indomaret atau Alfamart juga bisa. Namun jangan lupa pakai masker saat mengunjungi Indomaret atau Alfamart, ya. Usahakan juga tidak melakukan kontak dengan kasir saat membayar. Bagaimanapun juga, di era new normal ini kita tetap harus menjaga kebersihan dan kesehatan. 

 

Berikutnya, redBus punya protokol kesehatan yang bernama Safety+ dan protokol ini menjamin kesehatan kita selama perjalanan. Banyak bus yang tergabung dalam jaringan redBus melakukan sterilisasi terhadap bus sebelum dan sesudah berangkat. Suhu tubuh penumpang dan staf bus diperiksa. Tempat duduk pun berjarak, jadi social distancing tetap terjaga dan mengurangi risiko penularan virus. Antrian bus juga rata-rata lebih sepi dibandingkan antrian kereta api atau pesawat. Jadi jalan-jalan naik bus yang memberlakukan sistem Safety+ bisa jadi kebiasaan baru di era new normal ini. 

 

Artboard 1

 

Yang paling penting adalah untuk mempersiapkan surat-surat penting saat melakukan perjalanan. Karena Indonesia terbagi dalam beberapa zona—zona merah untuk daerah paling berisiko Covid-19; zona oranye untuk risiko sedang; zona kuning untuk risiko rendah; zona hijau untuk tidak ada kasus dan tidak terdampak Covid-19—maka masing-masing pemerintah daerah punya kebijakan tersendiri dalam menerima wisatawan. Pastikan kamu sudah membaca dulu ketentuan tentang keluar-masuk sebuah daerah wisata sebelum berangkat. Informasi bisa ditemukan secara online atau di situs seperti https://covid19.go.id/ 

 

Bali, misalnya, mewajibkan setiap wisatawan yang masuk ke daerahnya untuk mengikuti rapid test di semua titik kedatangan, baik itu terminal bus maupun bandara. Ini karena Bali masih menjadi zona merah untuk coronavirus. Tapi banyak juga daerah-daerah yang sudah mengizinkan wisatawan masuk hanya dengan membawa hasil tes rapid dengan status negatif. Sebagai langkah aman, ikutilah rapid test atau swab test Covid-19 sebelum berangkat dan bawalah hasil tes tersebut untuk ditunjukkan kepada petugas. Dengan begini, liburan kita jadi semakin nyaman, bukan? 

 

Setelah surat-surat sudah lengkap, kini saatnya kamu menyiapkan alat-alat yang wajib dibawa saat traveling. Beberapa di antaranya adalah:

 

  • Masker dan pelindung wajah
  • Hand sanitizer
  • Tissue basah dan tissue kering
  • Obat-obatan pribadi dan vitamin

 

Hand sanitizer

 

Khusus masker, kamu harus tahu jenis masker yang aman untuk dipakai. Tidak semua masker kain itu aman dipakai untuk melawan virus. Contohnya, masker jenis bahan scuba kurang aman dan tetap berisiko membuatmu terpapar COVID-19. Jadi pilihlah masker medis atau masker kain yang setidaknya terdiri dari dua lapisan kain. Jika kamu merasa bahwa maskermu kurang tebal, selipkan tissue di balik maskermu untuk menambah lapisan pelindung. Mau lebih aman lagi, pakai pelindung wajah yang sudah banyak dijual di mana-mana. Dan jangan lupa mengganti masker setiap 4 jam sekali! 

 

Hand sanitizer juga jangan ketinggalan. Walaupun banyak bus yang menyediakan toilet dan banyak operator bus yang akan melakukan pemberhentian di rest area supaya penumpang bisa cuci tangan, tidak ada salahnya kita sendiri membawa hand sanitizer untuk disemprot di atas bus itu sendiri! Terakhir, untuk menjaga kesehatan selama perjalanan, bawalah semua obat-obatan pribadimu dan vitamin untuk menambah daya tahan tubuh. Bawa suplemen? Boleh, dong! Apapun yang bisa menambah daya tahan tubuh dan menjaga kita dari segala macam penyakit pastinya adalah hal yang harus dibawa. Walaupun redBus menjalankan protokol Safety+, tidak ada salahnya, kan, untuk tetap selalu melindungi diri sendiri? 
Memang agak repot untuk jalan-jalan aman di era new normal, yang terlahir dari wabah Covid-19 yang masih melanda dunia. Namun itu bukan berarti kita tidak bisa berlibur untuk melepas stress dan mencari kesegaran baru di tempat lain yang jarang kita kunjungi. Dengan aplikasi dan situs web pemesanan tiket bus online redBus, pasti ada tempat baru yang bisa kita temukan. Asal tahu caranya, kita bisa jadikan berlibur—terutama naik bus—sebuah kebiasaan baru yang seru dan asyik!

Leave a Reply