Travel Tips

Protokol Kesehatan redBus Bikin Rekreasi di Kala Pandemi jadi Aman

Libur telah tiba. Hore! Hore! hore!

Kata-kata di atas merupakan potongan lirik lagu anak Indonesia yang populer pada awal 2000-an. Ya, setelah beberapa bulan terakhir pandemi Covid-19 melanda seluruh dunia dan Indonesia, pemerintah akhirnya merenggangkan peraturan mengenai mobilitas masyarakat. Dimulai dengan libur panjang 28–30 Oktober 2020 untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, pada akhir tahun pun akan ada cuti bersama Natal yang menggantikan cuti bersama Idul Fitri tahun 2020 yang dihapus karena pandemi Covid-19. Tidak heran, banyak orang telah membeli tiket transportasi umum dan menyiapkan rencana bepergian sejak jauh-jauh hari, baik pulang ke kampung halaman maupun liburan. 

Pandemi Covid-19 masih menjadi ancaman kesehatan, tapi tetap mau liburan dan jalan-jalan aman… lalu gimana dong

Bagi kamu yang ingin jalan-jalan aman menggunakan moda transportasi umum seperti bus, memesan tiket bus via redBus tentu lebih nyaman. Selain bisa pesan tiket bus online dengan fitur-fitur istimewa, dalam rangka mematuhi protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah, redBus Indonesia menerapkan fitur Safety+ di setiap operator busnya. 

Sebelum masuk ke fitur keamanan dan kesehatan, kamu wajib tahu bahwa pesan tiket bus via redBus itu gampang banget. Kamu bisa memilih jadwal, titik keberangkatan dan titik penurunan, serta tempat duduk yang paling sesuai untuk dirimu. Tidak hanya itu, pembayaran tiket bus di redBus itu aman dan banyak pilihannya. Ada pembayaran tiket bus online dengan sistem cashless, ada juga metode bayar via ATM dan kasir convenient store. Berikutnya simak, yuk, fitur keselamatan dan kesehatan yang ada di redBus.

Ada empat fitur Safety+. Pertama, setiap unit bus selalu disterilkan serta dibersihkan secara maksimal sebelum dan setelah keberangkatan. Kedua, setiap penumpang harus memenuhi syarat sebelum berangkat, misalnya membawa surat keterangan sehat atau hasil tes Covid-19. Ketiga, dilakukan pengecekan suhu tubuh sebelum keberangkatan kepada seluruh penumpang maupun kru bus. Keempat, kursi bus juga diatur jaraknya sesuai protokol kesehatan. Selain itu, disediakan pula hand sanitizer dalam setiap unit bus untuk menjaga kebersihan tangan. Dengan Safety+ dari redBus Indonesia, perjalanan kamu tetap aman dan nyaman ‘kan?

 

Hand sanitizers 2

 

Nah, meskipun kamu udah tahu kalau fitur Safety+ membuat kamu bisa jalan-jalan aman bersama redBus, ada beberapa tips lain yang tidak kalah penting supaya liburanmu makin nyaman. 

Pertama-tama, kamu harus tetap mematuhi protokol kesehatan dengan mengikuti anjuran pemerintah berupa 3M, yaitu Menggunakan masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak. Dengan menerapkan ketiga hal tersebut, kamu telah berpartisipasi dalam mencegah penyebaran Covid-19. 

Selanjutnya, cari tahu persyaratan keluar-masuk provinsi atau kota-kota besar di Indonesia. Pemerintah pusat kini menerapkan kebijakan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) yang mengizinkan orang-orang untuk bepergian dengan syarat mematuhi protokol kesehatan. Akan tetapi, tingkat penyebaran Covid-19 yang berbeda-beda di sejumlah kota dan provinsi menyebabkan pemerintah daerah memberlakukan kebijakan tertentu bagi setiap orang yang hendak mengunjungi atau meninggalkan wilayahnya. Jadi, alangkah lebih baik jika kamu telah mengetahui ketentuan yang berlaku dan mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan sebelum bepergian menuju tempat tujuan.

Misalnya, kamu yang hendak pergi ke Jakarta dengan pesawat terbang atau kereta api harus terlebih dahulu mengisi CLM via aplikasi Jakarta Kini. Lalu, kamu yang ingin berlibur ke Yogyakarta dengan transportasi umum harus membawa hasil rapid test atau surat keterangan sehat, serta mengunduh aplikasi Cared+ Jogja. Atau, kamu yang ingin mengunjungi atau meninggalkan Surabaya dengan transportasi umum harus mengikuti tes swab untuk memastikan kamu bebas dari Covid-19. 

Contoh lainnya, pemerintah kota Bandar Lampung juga memberlakukan rapid test cepat bagi setiap pengunjung yang hendak memasuki wilayahnya pada musim liburan panjang. Hal yang sama juga diterapkan Provinsi Bali. Karena wilayahnya masih tergolong zona merah Covid-19, pemerintah Bali mewajibkan setiap pendatang untuk mengikuti rapid test di pintu masuknya seperti Pelabuhan Gilimanuk, terminal bus antarprovinsi, dan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Sementara itu, pemerintah Kota Bandung tidak memberlakukan aturan khusus bagi pendatang selama mematuhi protokol kesehatan. Demikian pula dengan kota lain seperti Semarang dan Medan. Meskipun demikian, kamu tetap harus membawa hasil tes rapid jika bepergian dengan kereta api atau pesawat terbang menuju kota-kota tersebut.

Tips berikutnya atau terakhir adalah selalu membawa barang-barang yang sesuai protokol kesehatan. Barang-barang tersebut meliputi hand sanitizer, masker cadangan, tisu basah dan kering, peralatan pribadi, serta makanan sehat dan vitamin. Setiap operator menyediakan hand sanitizer dalam setiap unit busnya, tetapi tentu lebih baik jika kamu membawa hand sanitizer sendiri yang dapat digunakan ketika berada di luar bus. Kamu juga dianjurkan membawa masker cadangan sesuai standar yang ditetapkan pemerintah, yaitu masker yang terdiri atas dua lapis kain. Usahakan untuk mengganti maskermu jika telah digunakan lebih dari 4 jam. Sementara itu, tisu basah digunakan untuk membersihkan permukaan benda-benda di sekitarmu, sedangkan tisu kering digunakan jika kamu ingin menyentuh wajah ketika belum sempat mencuci tangan. Lalu, bawalah peralatan pribadi seperti alat makan maupun ibadah untuk mengurangi risiko penularan virus Covid-19. Jangan lupa mengonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan atau sayuran agar kamu tetap fit, dan meminum vitamin supaya tubuhmu terlindungi dari virus dan tetap prima.
Bepergian pada masa pandemi membuatmu wajib menerapkan protokol kesehatan demi keamanan diri sendiri maupun orang-orang sekitarmu. Jadi, meskipun operator di redBus telah mengikuti standar kesehatan dan menerapkan protokol Safety+, alangkah lebih baik jika kamu ikut menjaga diri agar kesehatanmu tetap aman sehingga jalan-jalan pun lebih nyaman. Jadi jangan ragu memesan tiket bus online via redBus ya! Selamat liburan!

4 Comments

  • erotik
    November 13, 2020

    Excellent way of explaining, and fastidious article to obtain data on the topic of my presentation subject, which i am going to present in university. Elane Tanney Mortimer

    Replay
  • erotik izle
    November 15, 2020

    I enjoy, result in I found just what I used to be looking for. Edwina Christoph Esch

    Replay
  • film
    November 19, 2020

    I think this is a real great blog post. Really looking forward to read more. Really Great. Kirbie Erasmus Faustina

    Replay
  • film
    November 20, 2020

    I truly appreciate this blog. Thanks Again. Much obliged. Catherin Brooke Lynnea

    Replay

Leave a Reply