Bus Indonesia

Yuk, Cari Tahu Rute Apa Saja yang Dilayani Lorena Jakarta!

PO Lorena berdiri pada tahun 1970 dan dilengkapi dengan dua armada saja, yaitu bus jurusan Bogor-Jakarta PP. Tahun 1984, Lorena pun melebarkan sayapnya dengan menambah armada dan rute jarak jauh, yaitu Jakarta-Surabaya PP. Sejak saat itu, Lorena berkembang hingga memiliki puluhan rute yang mencakup Pulau Sumatera, Jawa, Madura, dan Bali.

Armada Lorena cukup beragam, mulai dari bus tunggal hingga double decker atau bus tingkat. Lorena Jakarta bahkan pernah menjadi salah satu PO yang ikut mengoperasikan busway Transjakarta selama 10 tahun dari 2008-2018. Untuk armada busway, Lorena menggunakan 47 bus berbahan bakar gas terdiri dari 13 bus gandeng (articulated) dan 34 bus tunggal. 

Menjadi salah satu pemain lama di bidang transportasi bus, PO Lorena juga sempat memperoleh beberapa penghargaan dari dalam maupun luar negeri. Hal tersebut membuktikan bahwa Lorena mampu menyediakan armada transportasi aman dan nyaman untuk penumpang. 

Di era pandemi seperti saat ini, Lorena termasuk salah satu PO yang mampu bertahan meskipun angka perjalanan ke luar kota dan pulau menurun drastis. Bekerja sama dengan beberapa perusahaan ticketing online seperti redBus, Lorena juga berusaha memberikan pelayanan maksimal di tengah pandemi tanpa mengabaikan protokol kesehatan. 

Rute Lorena Jakarta

Lorena Jakarta merupakan kantor pusat PO yang berasal dari Bogor ini. Dilengkapi sekitar 50 armada bus, Lorena pusat memiliki jadwal rutin yang siap melayani penumpang ke beberapa kota di luar provinsi. Adapun rute yang dilayani oleh Lorena di Jakarta adalah:

  • Rute Jakarta-Surabaya
  • Rute Jakarta-Malang
  • Rute Jakarta-Jember
  • Rute Jakarta Banyuwangi
  • Rute Jakarta-Solo
  • Rute Jakarta-Semarang
  • Rute Jakarta-Palembang
  • Rute Jakarta-Pekanbaru
  • Rute Jakarta-Lampung dan Riau
  • Rute Jakarta-Denpasar

Semua trayek merupakan rute pulang pergi dengan fasilitas standar memadai seperti TV, selimut, AC, toilet, bantal, dan musik. Selain itu setiap trayek juga menggunakan semua armada bus Lorena baik yang single maupun double decker. Sama seperti trayek di kota lain, Lorena Jakarta juga dibagi menjadi 3 kelas, yaitu VIP, eksekutif, dan bisnis.

Mini Indonesia, Jakarta

Rata-rata rute yang ditawarkan Lorena pusat berangkat antara jam 12.00 sampai 14.00 dari berbagai terminal di Jakarta. Harga tiketnya pun beragam sesuai kelas dan armada yang dipilih penumpang, dengan kisaran harga mulai dari Rp270.000 sampai Rp500.000 sekali perjalanan.

Harga tersebut termasuk wajar mengingat fasilitas serta armada yang disediakan Lorena cukup memadai. Selama pandemi, staf dan sopir bus Lorena juga menerapkan protokol kesehatan 3M untuk meminimalisasi risiko penyebaran virus Corona selama perjalanan ke luar kota.

Langkah ini tentu saja patut diapresiasi, mengingat transportasi merupakan salah satu bidang yang paling terdampak akibat pandemi dan kebijakan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) pemerintah pusat ataupun daerah. 

Beli Tiket Lorena Jakarta di redBus

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah Lorena bekerja sama dengan perusahaan ticketing online redBus, untuk menjual tiket bus secara mudah sehingga penumpang tidak perlu datang langsung ke agen atau terminal jika ingin bepergian menggunakan bus Lorena.

Serunya, redBus tidak hanya bisa diakses melalui komputer tetapi juga aplikasi smartphone. Aplikasi redBus bisa kita dapat dan unduh di Playstore ataupun Apple Store. Karena praktis, memesan tiket bus Lorena melalui redBus bisa dilakukan di mana dan kapan saja.

Selain praktis dan mudah, redBus termasuk salah satu yang mendukung kebijakan pemerintah selama pandemi. Melalui program Safety+, redBus meminta semua PO yang bekerja sama, termasuk Lorena, untuk melakukan penyemprotan desinfektan pada armadanya sebelum dan sesudah melakukan perjalanan.

TransJakarta Busway

Program Safety+ ini juga mendorong staf serta sopir bus untuk menerapkan protokol 3M selama melakukan perjalanan. Safety+ dari redBus tentu saja sejalan dengan upaya Lorena untuk mencegah penyebaran virus Corona. 

Nah, itulah rute Lorena Jakarta yang bisa dijadikan referensi sebelum membeli tiket bus online ke kota tujuan. Selamat melakukan perjalanan.

Leave a Reply