Bus Indonesia

Mengenal Armada Bus Pahala Kencana Terbaru

Nama Pahala Kencana pasti sangat tidak asing di telinga para busmania. Operator bus asal Kudus ini termasuk salah satu pemain lama di bidang transportasi darat. Sejak tahun 1976, PO ini telah melayani lebih dari 93 kota di Jawa, Bali, dan Sumatera dengan jumlah armada mencapai angka 300.

Padahal ketika merintis, PO ini hanya melayani dua rute yaitu Kudus-Jakarta dan Solo-Jakarta atau sebaliknya. Tahun 1993, perusahaan melebarkan sayapnya dengan mengembangkan usaha pengiriman paket dan biro perjalanan wisata. Memasuki tahun 1997, armada bus kota untuk Jakarta mulai diaktifkan untuk mengembangkan rute antar kota dalam provinsi.

Inovasi salah satu penyedia alat transportasi darat terkemuka ini tidak berhenti begitu saja. Tahun 2000 melalui brand Nirwana Luxury Tourist Bus dibukalah jasa bus pariwisata dan penyediaan kendaraan sewa, diikuti dengan diluncurkannya usaha penjualan tiket pesawat udara bernama Nata Tours pada tahun 2005.

Meskipun sempat terancam bangkrut akibat pandemi awal tahun 2020 silam, tapi Pahala Kencana tetap berusaha meningkatkan layanan pada pelanggan dengan cara meluncurkan armada terbaru tahun lalu.

Mengenal Armada Bus Super Executive Pahala Kecana

Sebelumnya rute perjalanan jauh antar kota ataupun provinsi PO yang juga dikenal dengan nama AKAP ini menyediakan tiga armada yaitu, Bisnis, VIP, dan Eksekutif. Nah pada 2020 lalu, perusahaan ini meluncurkan armada terbaru yaitu Super Executive dengan layanan serta fasilitas yang tentunya lebih baik dari armada lain.

Perbedaan pertama bisa kita lihat dari bentuk fisik bus. Agar tampilannya tampak lebih bagus, perusahaan mengganti bodi bus dari yang awalnya menggunakan chasis dari Mercedez Benz OH 1626 menjadi OH 1526 dengan bodi Zeppelin G3. AKAP juga tidak lagi menggunakan jasa Adiputro dan berganti ke karoseri Gunung Mas Madiun.

bus adalah pilihan terbaik untuk bepergian
bus adalah pilihan terbaik untuk bepergian

Beralih ke bagian dalam, Super Executive menggunakan konfigurasi kursi 2-1 yaitu dua kursi di sebelah kanan dan satu di sebelah kiri. Penataan ini tentu saja membuat kabin lebih leluasa, apalagi jarak antar kursi cukup lapang. Pada masa pendemi seperti sekarang, jarak kursi yang lapang tentu saja akan membuat perjalanan semakin aman.

Selain itu setiap kursi memiliki leg rest dan salah satunya dilengkapi dengan fitur pijat. Ya, kursi pijat merupakan primadona yang diharapkan membuat orang tertarik untuk menggunakan armada ini. Untuk meningkatkan kenyamanan, selain AC, bus bebas rokok, toilet, dan audio visual, Pahala Kencana juga melengkapi armada terbarunya dengan air purifier di bagian belakang kabin.

Rute dan Harga Tiket Armada Super Executive Pahala Kencana

Sejak resmi beroperasi pada 3 September 2020, rute yang dilayani AKAP kelas Super Executive adalah Jakarta-Madura yang dimulai dari Terminal Tanjung Priok dan Pulo Gebang. Saat ini harga tiket bus mencapai angka Rp550.000 dengan fasilitas di luar bus yaitu satu kali makan.

Mengingat di dalam bus kita bisa menikmati kenyamanan yang belum tentu didapatkan saat menggunakan armada lainnya, harga tersebut sangat wajar dan sesuai dengan fasilitas yang didapatkan. Apalagi di bidang ini, nama AKAP sudah dijamin kualitasnya.

Bagi yang ingin menikmati kursi pijat elektrik di bus, jangan khawatir. Anda tetap bisa memesan tiket Super Executive rute Jakarta-Madura selama kota tujuan dilewati oleh armada ini. Jadi, tertarik untuk melakukan perjalanan antar provinsi dengan armada terbaru AKAP?

Pesan Tiket Bus Online dari redBus

Untuk meminimalisasi kegiatan di luar rumah, kita bisa memesan tiket Super Executive AKAP melalui aplikasi redBus. Selama ada jaringan internet, kegiatan ini bisa dilakukan kapan dan di mana saja secara praktis. Untuk bisa menggunakan aplikasi redBus, Anda bisa mengunduh aplikasi di Playstore atau Apple Store.

Selain mudah, memanfaatkan redBus untuk memesan tiket merupakan ilihan bijak di masa pandemi ini. Melalui kebijakan Safety+, redBus memastikan bahwa semua bus yang bisa dipesan melalui aplikasi telah melakukan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah yaitu melakukan penyemprotan desinfektan sebelum dan sesudah perjalanan.

bus yang dibersihkan dari redbus
bus yang dibersihkan dari redbus

Aplikasi ini juga menjamin bahwa operator bus menerapkan 3M kepada penumpang, staf, dan sopir bus agar dampak terpapar Covid 19 bisa diminimalisasi meskipun bus melakukan perjalanan jauh.

Itulah ulasan tentang armada Super Executive terbaru dari Pahala Kencana, have a nice trip!

Leave a Reply