Perjalanan Bus

Tips Nyaman Bepergian Menggunakan Bus Jakarta Palembang Saat Hamil

Kondisi hamil tidak serta merta menjadi penghalang bagi perempuan yang hendak melakukan perjalanan jauh. Agar tidak menimbulkan gangguan selama perjalanan, hal pertama yang harus dilakukan adalah pastikan tubuh dalam kondisi fit. Bila perlu lakukan konsultasi dengan dokter kandungan sebelum bepergian. 

Setelah itu, pilihlah jenis transportasi yang pas untuk menjangkau lokasi. Bila tujuan Anda adalah Kota Palembang dan akan berangkat dari Jakarta, menggunakan bus bisa menjadi alternatif. 

Selain harganya lebih murah dari tiket penerbangan, bus Jakarta Palembang umumnya punya fasilitas lebih memadai daripada kendaraan pribadi, misalnya toilet, televisi, camilan, dan colokan pengisi daya. 

Tak lupa, ikuti 5 tips bepergian menggunakan bus untuk ibu hamil berikut ini agar perjalanan terasa lebih nyaman dan aman.

  • Pesan Tiketnya Secara Online

Alih-alih menghabiskan tenaga untuk datang ke pool bus atau terminal terdekat, Anda bisa memesan tiket bus online melalui platform redBus. Bagi yang baru pertama kali mencoba aplikasi ini tak perlu khawatir, karena proses pemesanannya sangat mudah. 

Silakan isi lokasi awal dan tujuan, pilih tanggal keberangkatan, tentukan operator bus, cari posisi duduk yang nyaman, setelah itu lakukan pembayaran. Jika pembayaran berhasil dikonfirmasi, tiket elektronik akan dikirim secara otomatis melalui SMS dan e-mail. 

Menurut informasi dari laman redBus, beberapa operator bus Jakarta-Palembang  yang tersedia dalam waktu dekat adalah PO SAN, Transport Express Jaya, NPM, Lorena, Adhi Prima, Kramat Djati Jakarta, dan Arya Prima.

  • Cari Bus yang Menyediakan Toilet

Sering buang air kecil merupakan hal yang wajar bagi ibu hamil. Bahkan saat batuk atau tertawa, secara tak sadar tubuh bisa mengeluarkan air seni dengan sendirinya. Kondisi seperti ini umum terjadi ketika kandungan berada di trimester pertama dan ketiga. Penyebabnya tak lain karena tubuh mengalami perubahan fisik serta hormon selama masa kehamilan. 

Tingginya intensitas buang air kecil seperti ini membuat ibu hamil merasa was-was ketika melakukan perjalanan jauh. Nah, bila bepergian menggunakan bus, pilihlah operator bus yang menyediakan toilet. Kalau pemesanan tiket dilakukan di redBus, Anda bisa memastikan apakah operator pilihan menyediakan toilet atau tidak.

  • Pilih Bus Paling Cepat

Perjalanan jarak jauh mampu meningkatkan risiko deep vein thrombosis atau sumbatan pembuluh dara vena pada perempuan hamil. Oleh karena itu, pilihlah operator bus yang menawarkan durasi perjalanan paling singkat. 

Berdasarkan informasi perjalanan bus Jakarta-Palembang pada platform redBus, Lorena menawarkan durasi perjalanan tercepat dengan estimasi waktu 9 jam 21 menit untuk tiba di lokasi. 

Oh iya, selama perjalanan jangan lupa untuk mengubah posisi duduk secara berkala dan lakukan peregangan sederhana supaya sirkulasi darah dalam tubuh tetap lancar selama perjalanan.

  • Gunakan Pakaian Paling Nyaman

Tips nomor 4 ini mungkin terdengar sederhana. Tetapi menggunakan pakaian yang tepat membuat perjalanan jauh terasa lebih nyaman. Untuk saran berpakaian sebaiknya gunakan baju berukuran longgar yang mampu menyerap keringat dengan baik. 

Usahakan pula menggunakan model pakaian yang simpel sehingga Anda tak merasa kesusahan bila harus bolak-balik ke kamar mandi untuk buang air kecil. Selain pakaian, penting juga memperhatikan jenis alas kaki yang digunakan. Bila menggunakan sepatu, pilihlah sepatu yang membuat Anda bebas bergerak.

  • Siapkan Bekal dan Obat-obatan

Ibu hamil pasti familier dengan istilah morning sickness. Kondisi ini membuat perempuan mudah mual dan muntah selama kehamilan. Guna menghindari mabuk perjalanan akibat morning sickness yang muncul tiba-tiba, bekali diri dengan camilan berbahan dasar jahe seperti biskuit atau permen, buah pisang, minuman dingin, dan makanan kaya protein. 

Selain menyiapkan bekal, obat-obatan pribadi jangan sampai terlewatkan. Beberapa jenis obat yang diperlukan ibu hamil adalah paracetamol dan obat untuk mencegah mabuk perjalanan. Satu lagi, berhubung masa pandemi belum usai, starter pack seperti tisu basah dan hand sanitizer wajib ada selama perjalanan.  

 

Siap melakukan perjalanan? Yuk, pesan tiket bus Jakarta Palembang sekarang juga! Biar prosesnya jadi lebih mudah, gunakan redBus untuk mendapat tiket perjalanan Anda dengan penawaran terbaik.

Leave a Reply